Kebiasaan browsing saya sedang kumat hari itu, browsing mencari-cari kuliner apa yang sedang ngehits saat ini. Karena instagram sudah lebih kekinian daripada website, beralihlah saya menggunakan platform social media yang katanya bakal menjadi digital platform masa depan. *twiiter aja kalah bro..* Scroll sana sini.. cari hastag sana-sini, dan akhirnya mata saya tertuju pada sebuah postingan mie ayam yang cukup menarik mata dan perut saya.

MIE AYAM BANGKA BANG APO 9

MIE AYAM BANGKA BANG APO 3

Mie ayam pak Dewo membuat saya penasaran. Bentuknya rada-rada mirip kayak mie ayam tumini. tapi ga tau dengan rasanya. Meluncurlah saya ke TKP.. dan hasilnya.. jeng.. jeng.. tutup bro.. damn.. jauh2 sampe sini tutup pula. Berdasarkan pengumuman yang ditempel di warung, mereka baru mulai buka lagi tanggal 2 September 2019 kemaren. Next time kita coba yah.. *berharap ga tutup lagi kalo udah sampe sini*

Lokasi

Karena mie ayam pak dewo tutup, maka saya banting stir ke daerah patran yang tidak jauh dari lokasi mie ayam pak dewo ini. Saya teringat di daerah ini ada mie ayam bangka yang juga sangat terkenal di kalangan pecinta mie ayam. Warung mie ayam ini bernama “Mie Ayam Pak Apo” Sudah ada yang kenal dengan warung ini..? Tunjuk tangan..? Seingat saya mie ayam bangka di Jogja memang tidak banyak, bisa dihitung dengan tangan jumlahnya. Dan ini salah satu yang terenak menurut lidah saya.

MIE AYAM BANGKA BANG APO 4

MIE AYAM BANGKA BANG APO 5

Kalau sobat eaters dari arah tugu jogja terus saja ke arah godean. *ke arah barat* Ambil ancer-ancer supermarket Giant. Terus dikit sampe kalian ketemu perempatan jalan kabupaten. Setelah ketemu perempatan ini sobat langsung saja belok kiri. Terus saja sampe kalian ketemu warung Mie Ayam Bangka Pak Apo di sebelah kiri jalan.

Suasana di Mie Ayam Bangka Pak Apo

Warung mie ayam ini sangat sederhana. Kalau bilang masalah konsep di warung ga bakalan ketemu. Karena yang penting mereka bisa jualan dan dapur ngepul terus. Coba saja lihat warung ini, tebakan sobat pasti tidak jauh dari kata “bekas rumah”. Ya.. warung ini memang sebuah rumah yang disulap menjadi warung mie ayam. Besar..? hmm.. tidak. Kecil juga tidak. Tapi kalau sedang rame-ramenya memang bisa bikin pusing kepala kalo udah laper.

MIE AYAM BANGKA BANG APO 6

MIE AYAM BANGKA BANG APO 7

Satu lagi yang penting untuk sobat eaters yang bawa kendaraan roda empat alias mobil. Sobat bakalan kesulitan kalau cari parkir. Sumpah sob.. pusing bener dah.. ga boleh di situ lah.. di sini lah.. dan lain-lain. Sepertinya memang kurang ramah tetangga di kanan dan kiri warung ini kalo lagi rame. hahaha..

Makanan dan Rasa yang Ditimbulkan

Saya memang bukan penggemar fanatik mie ayam. Tapi saya tau rasa mie ayam yang enak dan ga. Dan menurut saya Mie Ayam Bangka Pak Apo ini memang salah satu yang terenak. Hanya saja mungkin sekarang harganya sudah tidak bersahabat lagi di kantong untuk ukuran mie ayam. Tapi kalau sobat hanya ingin merasakan mie ayamnya saja sih 10 ribu juga dapet.

MIE AYAM BANGKA BANG APO 1

MIE AYAM BANGKA BANG APO 2

Mienya kecil tipis dan kenyal. Toping ayamnya memang tidak wah mewah, tapi ada tauge, sawi dan daun bawangnya. Oh iya, rasa lada putihnya juga cukup kuat lho. Walaupun tidak merubah rasa mie ayam itu sendiri.

MIE AYAM BANGKA BANG APO 8

Ada rasa yang saya susah jelaskan ketika mencoba mie ayam bangka. Rasa khas yang buat setiap penikmatnya tau kalau ini adalah mie ayam bangka. Kalau boleh menerka-nerka sih kayaknya dari jenis mie dan minyak sayur yang mereka gunakan. Boleh dong menebak.. tapi kalau salah ya maafken ngih.. 😀

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Indonesia kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Nusantara lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Ayam Bangka Pak Apo
Jalan Titi Bumi No.139, Banyuraden, Gamping,
Area Sawah, Banyuraden, Kec. Gamping,
Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55293
Telp. +62 813 7398 0479

Opening Hours
10:00 – 17:00 WIB

Price
Mie Ayam Biasa (10k)
Mie Ayam Komplit (18k)
Es Jeruk (3k)
Mie Ayam Jumbo Komplit (24k)

MAPS