Jogja beberapa waktu belakangan ini suhunya cukup ekstrim. Sangat dingin di malam hari, dan cukup panas terik di siang hari. Kalau cuaca sedang seperti ini cocoknya memang makanan yang panas di kala malam dan makanan yang dingin untuk siang hari. Kali ini saya punya referensi kuliner yang dingin-dingin seger untuk sobat eaters cicipi dikala panas matahari menerpa wajah dan kulitmu.

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 8

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 7

Apalagi kalau bukan kudapan khas Jogja yang satu ini. Rujak Es Krim. Ya.. rujak es krim, kudapan yang akan sangat jarang sobat eaters temukan di kota lain. Sebenarnya komposisi dari kudapan ini hampir sama dengan rujak kebanyakan, hanya saja ide untuk menambahkan es krim *es puter sih sebenarnya* inilah yang menjadi ciri khas rujak es krim di Jogja. Entah darimana ide ini muncul, tapi sepertinya membawa keunikan rasa tersendiri.

Lokasi

Rujak es krim yang saya kunjungi kali ini juga masih berada di seputaran kawasan Pura Pakualaman. Kawasan ini memang terkenal dengan rujak es krimnya, Kalian bisa menemukan kurang lebih 4 kedai penjaja rujak es krim di tempat ini, dan salah satunya adalah Rujak Es Krim Pak Paino yang saya kunjungi kali ini.

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 4

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 3

Letak pastinya bisa sobat lihat di dalam peta di bawah. Lokasi Rujak Es Krim Pak Paino memang agak sedikit jauh dibandingkan dengan rujak es krim yang lain. Tepatnya ada di utara Puro Pakualaman. Ke utara sedikit dari lokasi Rujak Es Krim Pak Nardi. Kalau Rujak Es Krim Pak Sony ada di dekat Siomay Bandung Pak Tugiyat.

Suasana di Rujak Es Krim Pak Paino

Rujak Es Krim Pak Paino ini sebelumnya ada di pojok jalan Harjowinatan daerah Puro Pakualaman. Tepatnya di bawah pohon besar di pinggir jalan. Tapi sekarang sudah berpindah tempat di depan garasi parkir salah satu rumah di jalan Harjowinatan. Di sini menurut saya lebih santai dan teduh kalau menurut saya.

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 2

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 5

Walaupun tidak lebih leluasa dari tempat sebelumnya. Lokasi yang baru ini menurut saya lebih aman dari segi pengunjung. Karena lokasinya lebih masuk daripada dulu dan agak sedikit jauh dari jalan utama, ya walaupun tidak jauh-jauh amat sih

Makanan dan Rasa yang Ditimbulkan

Rujak Es Krim Pak Paino ini menurut lidah saya hampir sama dengan rujak es krim di beberapa tempat yang saya pernah kunjungi. Hanya saja beliau menegaskan kepada saya kalau es krim yang beliau buat sama sekali tidak menggunakan pengawet dan pewarna buatan. Melainkan menggunakan sari buah naga untuk mendapatkan warna semburat pink pada es puternya. Yang mana ini merupakan kabar baik buat kalian pecinta es puter. *aman dah kalo begini mah*

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 6

RUJAK ES CREAM PAK PAINO 1

Kalau kalian masih merasa rujak es krim ini terlalu manis, Pak Paino juga sudah menyediakan bumbu cabai atau sambal khusus buat kalian pecinta pedas. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Indonesia kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Nusantara lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Rujak Es Krim Pak Paino
Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman,
Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
Telp : +62857 2949 5789

Opening Hours
09:00 – 17:00 WIB

Price
Rujak Es Krim (7k)

MAPS