Heyy.. I’m back..!! Setelah beberapa saat sempat pusing dengan kerjaan yang lain, saatnya berbagi kuliner lagi dengan sobat eaters semua. 🙂 Kali ini saya ingin berbagi tentang warung mie yang sempat saya kunjungi beberapa saat yang lalu. Warung ini sangat terkenal dan sudah punya nama di dalam dunia per mie ayaman. Warung sederhana yang mempesona ini bernama Yammie Pathuk. Nama yang sederhana dan mudah diingat. Mungkin karena lokasinya yang berada di daerah pathuk, mereka menamai warung makan mereka dengan daerah dimana warung ini berdiri.

YAMMIE-PATHUK-1

Warung ini berada di Jalan Kemetiran Kidul No 63 Jogja. Lokasinya dekat dengan kawasan hotel dan kawasan sentra bakpia. Untuk mencapai warung ini dari jalan malioboro juga tidak terlalu lama, mungkin hanya sekitar 5 menit saja. Untuk lebih mudahnya silahkan lihat peta di bawah. Warung sederhana yang menempati halaman teras rumah ini memang agak sedikit nyempil dan tersembunyi, tapi kalian akan dengan sangat mudah menemukannya karena efek ramai yang ditimbulkan. Warung ini tidak pernah sepi pembeli setiap harinya.

YAMMIE-PATHUK-2

Karena hanya menempati teras rumah, warung ini terasa sedikit sempit dan terkesan berjejalan. Kalau sudah fullbooked terasa sangat menyiksa di perut dan di mata.. haha.. jadi musti sabar mengantri demi sesuap mie yamiie. Kalau dilihat diraba dan diterawang, yammie di warung ini memang punya tekstur, citarasa dan harga yang cukup berbeda dengan warung mie yammie di tempat lain. Selain rasa yang cenderung oriental, kuah yang disajikan juga hanya menimbulkan efek nyemek. Kalau kurang banjir bisa minta tambah, tapi saya ga tau apakah ada charge untuk itu. hehe..

YAMMIE-PATHUK-3

Menu yang disediakan warung ini juga hanya yammie saja, tapi dengan percampuran beberapa pangsit dan bakso. Ada pangsit goreng, pangsit basah dan bakso. Konon katanya mereka meracik sendiri semua menu yang ada di warung ini, mulai dari mienya, pangsit dan bakso. Kalau istilah bekennya homemade. Perhatikan saja logo dari warung ini, mereka berani mencantumkan kalimat “original recipe” sebagai tagline warungnya. Seberapa orisinilkah..? mari datang dan buktikan sendiri.

YAMMIE-PATHUK-4

Malam itu saya memesan dua menu yang hampir sama, yang berbeda hanya porsinya saja. Yang satu jumbo dan yang satunya porsi biasa. *ora njebluk kuwi wetenge yo* kedua menu ini juga menggunakan pangsit basah dan bakso sebagai pelengkapnya. Karena kebetulan malam itu pengunjungnya tidak terlalu banyak, pesanan saya datang dengan hitungan menit saja. *aseekkk* Setelah menu saya datang, yang paling membuat saya tertegun adalah bentuk mie dan tingkat kekeringan dari mie ini. *garing tenan ik*

YAMMIE-PATHUK-7

YAMMIE-PATHUK-8

Disajikan dengan kuah dan bakso yang terpisah, yammie pathuk ini benar-benar kering seperti belum di rebus. Taburan daun bawang yang di potong sangat tipis membuat selera makan semakin menggelora. Toping ayamnya juga pas dan tidak terlalu banyak. Warna dari ayamnya juga cenderung coklat muda dan tidak gelap seperti kebanyakan toping mie ayam jawa. Pangsit kuahnya juga sangat lembut sekali. Tidak memerlukan upaya yang besar untuk menggigit pangsit basah ini.

YAMMIE-PATHUK-9

YAMMIE-PATHUK-10

Ada yang unik dari warung ini, mereka tidak menyajikan saus tomat maupun saus sambal di atas meja. Hanya ada kecap asin, sambal dan merica bubuk saja. Sepertinya si empunya warung tidak ingin merusak citarasa mie yammienya dengan saus tomat ataupun saus sambal. Dengan tanpa kedua saus itupun menurut saya yammie pathuk ini sangat lezat. Saya belum pernah merasakan yammie jenis ini sebelumnya di Jogja. Layak untuk kalian kunjungi dan cicipi. Walau harga yang harus ditebus memang agak sedikit mahal untuk ukuran mie yammie. But you have to try this noodle.. It’s owesome bro..

YAMMIE-PATHUK-5

YAMMIE-PATHUK-6

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Yammie Pathuk
Jl. Kemetiran Kidul No. 63
Yogyakarta
Telp. 0274 6511900

Opening Hours
09:00 – 21:00 WIB

Price
Yammie Pangsit Basah Bakso (15k)
Yammie Pangsit Basah Bakso Jumbo (19k)
Jeruk Panas (4k)

MAP