Kalau kemaren sudah nyobain batagor kingsley, kali ini saya ingin nyobain kuliner legendaris Kota bandung lainnya. Tujuan saya kali ini adalah Mie Kocok SKM Bandung. Masakan Mie jenis ini memang konon katanya berasal dari bandung. Saking terkenalnya saya punya kewajiban harus mereview tempat makan yang satu ini.

MIE-KOCOK-BANDUNG-9

MIE-KOCOK-BANDUNG-1

Sudah buka semenjak Tahun 70an, Mie Kocok SKM Bandung tetap mempertahankan citarasa utama dari menu masakannya. Racikan dari generasi ke generasi yang tidak pernah berubah. Begitulah kutipan cerita yang saya dengar tentang kedai Mie Kocok SKM. Sedangkan untuk inisial SKM itu sendiri diambil dari nama si pemilik yang bernama Sukirman.

Lokasi

Letak tempat makan ini ada di Jalan Sunda No. 38 Bandung. Tidak jauh dari lokasi Batagor Kingsley. Cukup dengan berjalan kurang lebih 10 menit, kalian sudah bisa sampai di kedai Mie Kocok SKM Bandung. Itung-itung sambil berolah raga di malam hari. Eh kok malam hari..? Yes.. kebetulan saya mengunjungi Mie Kocok SKM Bandung di saat tempat ini hampir tutup. Tapi saya bersyukur karena masih kebagian mie kocok yang konon katanya masih original.

MIE-KOCOK-BANDUNG-7

MIE-KOCOK-BANDUNG-8

Dari beberapa artikel yang saya baca, Mie Kocok SKM Bandung ini pernah buka cabang di daerah lain di Kota Bandung. Tapi ga kuat berdiri, cuma bertahan selama satu tahun saja dan kemudian menyerahkan kembali pucuk pimpinan mie kocok ke lokasi yang ada di jalan Sunda.

Suasana Kedai Mie Kocok SKM Bandung

Kedai ini cukup sederhana. Sama seperti Kedai penjaja makanan pada umumnya. Gerobak tempat masaknya ada di sisi luar. Dan di dalam dipenuhi oleh meja kursi panjang seperti kedai-kedai soto. Di sisi bagian luar juga terdapat beberapa meja kursi yang bisa digunakan jika sobat merasa kegerahan di dalam.

MIE-KOCOK-BANDUNG-10

MIE-KOCOK-BANDUNG-11

Tamu atau pengunjung pada malam itu memang tidak banyak, atau bisa saya katakan tidak ada sama sekali. Hanya saya dan beberapa teman saya yang mampir dan mencicipi mie kocok di kedai Mie Kocok SKM Bandung. Tidak perlu menuggu lama, pesanan saya langsung diracik ketika saya memesan empat porsi mie kocok.

MIE-KOCOK-BANDUNG-12

MIE-KOCOK-BANDUNG-3

Proses meracik makanan ini memang belum pernah saya temukan di Jogja sebelumnya. Pertama beliau *si penjual mie kocok* menyiapkan mangkok yang akan disajikan. Ukuran mangkoknya terbilang cukup besar. Tidak seperti mangkok bakso atau mie ayam yang sering kalian jumpai. Kemudian beliau menyiapkan mie kuning gepeng, toge atau kecambah dan kikil. Semua bahan itu dimasukkan ke dalam sebuah alat yang mirip saringan tapi berukuran kecil dan ditumpuk-tumpuk berjajar ke atas. Setelah itu dimasukkan ke dalam kuah kaldu yang berada di dalam panci besar. Campur semua bahan dan terakhir beri kuah kaldu dan bawang goreng.

Makanan dan Rasa yang Ditimbulkan

Mie yang digunakan tampak seperti kwetiau, gepeng tapi lebih kecil ukurannya. Berwarna lebih kuning dan terasa masih kenyal di mulut. Kecambah atau togenya masih terasa kriuk-kriuk, yang artinya dimasak tidak terlalu matang. *kalau kematengan malah ga enak* Sedangkan kikilnya besar-besar dan empuk sodara-sodara. Saya baca dari beberapa sumber, toping kikil inilah yang asli dari mie kocok. Kerena sekarang ada mie kocok kekinian yang menggunakan daging sapi dan bakso sebagai toping selain kikil.

MIE-KOCOK-BANDUNG-4

MIE-KOCOK-BANDUNG-6

Yang juara dari Mie Kocok SKM Bandung ini menurut saya ada di kuah kaldunya. Rasanya pas dan tidak berlebih. Walaupun warnanya sedikit lebih gelap dan kuning seperti kuah soto. Tapi rasa memang tidak pernah bisa bohong. Mie Kocok SKM Bandung memang punya citarasa yang menarik.

MIE-KOCOK-BANDUNG-5

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Indonesia kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Nusantara lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Kocok SKM Bandung
Jl. Sunda No.38, Kb. Pisang,
Sumur Bandung, Kota Bandung,
Jawa Barat 40112
Telp. 022 4201582

Opening Hours
10:00 – 20:00

Price
Mie Kocok + Jeruk Panas (35k)

MAPS