Udah berapa bulan nih eatjogja ga update. Lama banget kayaknya. *berbulan-bulan lamanya mas bro* Walaupun lama ga update, tapi hati ini tetep cinta dengan kuliner unik dan maknyus khas Jogja. Sebagai permulaan awal, saya ingin berbagi tentang sebuah warung soto yang unik dan menarik khas Sokaraja Banyumas. Orang Purwokerto sendiri menyebutnya dengan sroto, tapi orang kebanyakan tetap menyebutnya dengan nama soto.

SROTO-BU-SRI-3

SROTO-BU-SRI-4

Warung kecil dan sederhana ini saya ketahui dari seorang teman baik di kantor. *baik banget nih, soalnya saya di traktir makan di sini, lain kali lagi ya mas bro.. hahaha..* Saya sering dibuat penasaran oleh cerita teman saya ini. Katanya warung sroto ini adalah sroto paling enak dan sedap se-negeri Ngayogjokarto Hadiningrat. Menurut dia rasa dari sroto ini paling mendekati otentik, bahkan mungkin bisa dibilang sama persis. Tanpa basa basi lagi, inilah Warung Sroto Khas Sokaraja Banyumas Bu Sri

Lokasi

Warung Sroto Khas Sokaraja Banyumas Bu Sri ada di jalan Magelang. Tepatnya berada di depan pasar Karangwaru. Mudah sekali untuk menemukan warung ini. Bisa pakai peta di bawah atau pakai ancer-ancer yang saya berikan berikut ini. Kalau kalian dari arah selatan *kota jogja* warung ini ada sebelum batas kota atau berada di sebelah selatan puskesmas Tegalrejo. Nanti ada jalan masuk ke pasar Karangwaru, nah kalian boleh belok di sini.

SROTO-BU-SRI-5

SROTO-BU-SRI-2

Dahulu sebelum menempati lokasi yang sekarang. Warung Sroto Khas Sokaraja Banyumas Bu Sri ini ada di pinggir jalan Magelang, tepatnya di depan puskesmas Tegalrejo. Tapi karena sang suami telah pensiun, Bu Sri kemudian pindah dan menempati lokasi yang sekarang. Walaupun sempat menutup usahanya beberapa bulan, Bu Sri kembali berjuang untuk memulai kembali usahanya. Dan bertahan hingga sekarang.

Suasana Warung

Warung ini cukup kecil. Bahkan mungkin bisa dibilang mini. Seberapa mini..? bisa dibilang mini sekali. Warung ini hanya mampu menampung kurang lebih 6 orang dalam sekali sesi makan. Bangunan yang hanya berukuran kurang lebih 4 x 3 meter ini mungkin yang jadi penyebabnya. Tapi karena hanya tempat ini yang bisa didapat Bu Sri, jadi mungkin rasa syukur yang harus di kedepankan dalam persoalan ini.

SROTO-BU-SRI-10

SROTO-BU-SRI-9

Saya lihat, kebanyakan orang lebih memilih untuk membungkus srotonya ketimbang makan di warung, mungkin ketersediaan tempat jadi salah satu pertimbangan para pelanggan sroto Bu Sri. Walaupun tempatnya mini tapi rasa yang ditimbulkan tidak bisa dibilang mini. Bahkan menurut lidah saya yang sudah biasa tereksposur dengan soto-soto khas Indonesia. Soto ini punya citarasa yang luar biasa. *benar kata teman saya, dan dia tidak bohong*

Makanan dan Rasa yang Ditimbulkan

Bu Sri menyediakan aneka pilihan daging untuk srotonya. Ada daging ayam, ada daging sapi dan ada babat yang memang bukan daging. hehe.. Kalau kalian ingin mencampurnya juga boleh. Suka-suka sobat eaters aja deh. 😛 Dalam satu porsi sroto Bu Sri ada irisan ketupat pengganti nasi, soun atau mie beras, toge, irisan daun bawang, *ini nih yang saya suka* daging atau ayam, taburan bawang goreng dan terakhir kerupuk warna-warni.

SROTO-BU-SRI-6

SROTO-BU-SRI

Setelah selesai semuanya disiram dengan kuah bening kecoklatan. *baru lihat aja udah kemecer ni mulut* Dari segi porsi pas menurut saya untuk sarapan pagi dan makan siang. Tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Walau kala itu ada rasa ingin nambah dan nambah dan nambah.. huhu.. *jadi ketagihan nih*.

SROTO-BU-SRI-7

Rasa sroto ini lembut sekaligus berempah, gimana ya.. saya agak sudah mendeskripsikannya. Ringan tapi tidak eneg di mulut. Oh iya.. kalian juga tidak akan menemukan perasan jeruk nipis dalam sroto Bu Sri. Karena menurut teman saya yang asli Purwokerto. Sroto khas Sokaraja Banyumas memang tidak mengenal jeruk nipis. Tapi tanpa itupun rasanya sudah luar biasa mantab. Sambalnyapun sambal kacang. Walaupun Bu Sri juga menyediakan sambal biasa sebagai pelengkap kebiasaan orang Jogja.

SROTO-BU-SRI-8

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Warung Sroto Khas Purwokerto Bu Sri
Jl.Magelang, Kidul, Karangwaru, Tegalrejo, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta
(Depan Pasar Karangwaru)
Telp : 087839383986
Whatsapp : 08985154448
Facebook : sri.budiati

Opening Hours
06:00 – 14:00

Price
Sroto Ayam (9k)
Sroto Daging (12k)
Sroto Campur (12k)
Es Jeruk (3k)

MAP