Stop dulu ngereview tentang sotonya ya, kali ini saya ingin berbagi tentang makanan yang seger-seger di saat panas terik seperti beberapa hari belakangan ini. Hampir semua orang suka makanan jenis ini. Tapi konon katanya ibu hamil lebih beringas ketika mendengar menu makanan yang satu ini. :p *tenane mas..*

RUJAK-MUARO-1

RUJAK-MUARO-4

Kalau ga percaya coba aja sendiri. Cerita sama ibu hamil kalau kalian abis makan menu yang satu ini, pasti kalian langsung disuruh balik untuk beli lagi. *hahaha…* Sudah tau menu apakah itu..? yup.. ini dia menu buah-buahan yang menggugah selera makan kita semua. Apalagi kalau bukan Rujak dan lotis khas Indonesia.

Lokasi

Kedai atau warung rujak yang saya datangi kali ini ada di daerah jalan DI Panjaitan. Lokasinya ada di sisi timur jalan. Kalau kalian dari arah Pelengkung Gading, warung ini ada di sisi kiri jalan. Tapi kalau kalian datang dari arah selatan atau jalan Tirtodipuran, warung ini ada di sisi kanan kalian.

RUJAK-MUARO-5

RUJAK-MUARO-8

Lokasinya dekat dengan warung jenang. *jejeran ini malahan..* Sebelum belokan ke arah resto Zanggo kalian bisa menemukan kedai rujak ini. Kedai rujak ini memang berdekatan dengan kedai-kedai penjaja makanan lain di jalan ini. Jadi saya kira sobat eaters tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Suasana Warung

Beberapa kali melewati jalan ini dan melihat ada sebuah warung rujak yang cukup ramai oleh pembeli bikin rasa penasaran saya memuncak dan bertanya-tanya dalam hati. Seberapa enak sih rujak di warung itu. Dan kesempatan itu akhirnya datang juga. Warung ini sebenarnya sangat sederhana, karena hanya berupa warung tenda biasa.

RUJAK-MUARO-3

RUJAK-MUARO-2

Dengan ukuran tenda yang tidak terlalu besar. Hanya sekitar 3 x 3 meter. Bapak dan ibu ini menjual rujak dan lotis yang katanya khas muaro Padang *jarene spanduke lho iki..* Warna tendanya hijau dan ada di bawah pohon yang cukup besar. Jadi hawanya adem-adem gimana gitu. Cocok untuk menyantap rujak dan lotis di kala siang hari.

Makanan dan Rasa yang Ditimbulkan

Siang itu saya memesan satu porsi lotis saja dengan sambal berkekuatan pedas sedang. Maklum lagi diet sambel. Karena kemaren abis K.O makan sambel kebanyakan. hahaha.. Potongan buah di warung ini cukup besar-besar. Dan menurut saya porsinya cukup lah.. tapi kalau lebih banyak pasti manteb nih.. hahaha *maunya..*

RUJAK-MUARO-6

RUJAK-MUARO-7

Sambal kacangnya kalau diliat dari proses buatnya siih manteb. Pake kacang dan jambu batu. Ini juga banyak ditemukan di sambal lotis lainnya, lantas apakah yang membedakannya..? saya juga tak tau.. *looh.. kepriwe iki..* hahaha..

Kesimpulan

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Rujak Muaro Khas Padang
Jl. DI Panjaitan Yogyakarta
Telp. 0822 7388 800 / 0878 3950 8700

Opening Hours
10:00 – 16:00 WIB

Price
Lotis / Rujak (11k)

MAP