Semoga sobat eaters ga bosen denger saya cerita tentang soto terus. Ga tau nih, lagi seneng berburu soto aja, jadi mungkin akan banyak artikel tentang soto yang ada di halaman depan eatjogja.com 😀 Itung-itung melestarikan makanan tradisional khas Indonesia. hehe.. Well.. kali ini saya ingin bercerita tentang warung soto yang lain dari kebanyakan warung soto. Apa saja yang berbeda dan menarik..? yuk simak cerita saya dibawah ini.

SOTO-KEMASAN-8

SOTO-KEMASAN-7

Warung soto ini memang cukup jauh dan agak terpencil. Lokasinya ada di pinggir kota Jogja. Tapi dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang, saya yakin sobat semua ga bakalan tersesat untuk menemukan warung ini. Apalagi sekarang eatjogja sudah ada dalam aplikasi android yang bisa kalian download di sini. Ga usah susah-susah buat cari tempat makan yang yahut di Jogja. Jangan lupa download yak.

Lokasi

Kembali ke topik awal. Warung ini ada di daerah ring road selatan Jogja. Tepatnya berada di kampung kemasan dan kebetulan nama jalannya juga jalan kemasan. Buat kalian yang asli Jogja pasti udah tahu nama dari warung soto yang saya maksud. Yup.. ini dia Soto Kemasan. Butuh sedikit ekstra waktu dan bensin buat sobat yang ada didaerah Jogja bagian utara. Tapi apa salahnya berburu kuliner sampai ke selatan Jogja.

SOTO-KEMASAN-6

SOTO-KEMASAN-4

Kalau kalian dari arah utara. Jalan yang paling gampang adalah ikuti saja terus ring road dari arah Janti, terus saja keselatan sampai kalian bertemu dengan perempatan riang road Kotagede. Lurus saja terus sampai kalian menemukan jalan yang melengkung ke kanan. Tapi sebelum itu kalian harus masuk ke jalur lambat dulu supaya ga harus lawan arus ketika belok ke selatan nantinya. Untuk Lebih gampangnya pake peta di bawah aja ya. Biar ga bingung. hehe

Suasana Warung

Warung ini cukup besar. Area makannya sangat-sangat luas menurut saya. Letaknya juga enak, karena ada di pinggir jalan besar. Mau parkir juga mudah. Pokoknya gampang deh. Warung ini penampilannya cukup sederhana. Dindingnya terbuat dari bambu dan atapnya dari seng serta asbes. Karena warung ini cukup luas jadi tidak terlalu terasa panas walaupun beratap asbes.

SOTO-KEMASAN-3

SOTO-KEMASAN-2

Ditengah-tengah warung ini ada foto pak bondan dan si pemilik warung yang dicetak cukup besar. Sepertinya si bapak sangat bangga warungnya bisa dikunjungi oleh pak Bondan. Konon katanya tidak hanya pak Bondan saja yang pernah mampir kewarung ini. Tapi beberapa artis ibu kota juga sempat mendatangi warung soto yang super duper irit dan sehat ini.

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Kenapa saya bilang super duper irit..? Ya karena memang isian dari soto ini benar-benar irit, alias sederhana. Bahkan ada orang menjulukinya dengan soto kere. Tapi karena isian soto ini juga yang membuat orang terus datang dan datang ke tempat ini. Penasaran apa saja isinya..? isi dari Soto Kemasan adalah nasi, tauge, irisan tahu, dan taburan bawang goreng. Ekstra toping yang menjadi andalannya yaitu kemangi, ditempatkan dalam wadah tersendiri yang sudah disediakan dimasing-masing meja.

SOTO-KEMASAN-1

SOTO-KEMASAN-9

Karena kebetulan saya datang siang hari, saya tidak berkesempatan mencicipi kemanginya. Sungguh sayang memang, tapi apa boleh buat, mungkin lain kali saya akan kembali ke warung Soto ini demi semangkuk kemangi. Sudah tau kan apa saja isinya..? Gimana menurut kalian..? apakah terlalu sederhana, atau terlalau ngirit..? hanya si bapak pemilik warung dan Tuhan yang tahu.. *ada-ada aja si mas nih* 😀

Kesimpulan

Soto Kemasan memang bukan soto kebanyakan, dia memang anti mainstream. Berbeda dari saudara soto-soto yang lain. Tapi tahukah kalian kalau kemangi itu punya khasiat yang bagus untuk kesehatan. Mari kita ambil positifnya saja, Soto sederhana dengan kuah bening dan beraroma khas ini memang enak, segar dan menyehatkan. Salah satu keunikan kuliner khas yang bisa kalian temukan di Jogja.

SOTO-KEMASAN-5

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Kemasan
Jalan Kemasan No. 14 Ringroad Selatan,
Singosaren, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta
Telp. 0878 3918 3782

Opening Hours
07:00 – 15:00 WIB

Price
Soto (8k)
Es Jeruk (3k)
Peyek (2k)

MAP