Ada Soto lagi nih.. hehe.. semoga ga bosen yak. Kalau saya sih ga bosen, soalnya ini makanan memang udah jadi kudapan *beugghhh.. soto buat kudapan* favorit semenjak saya SD. *lama bener* berhubung di Jogja ini yang jual Soto bejibun a.k.a wuakeh tenan.. Jadi mari kita telusuri satu persatu warung soto yang ada di Jogja.

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-5

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-1

Soto yang saya kunjungi kali ini saya dapat dari perbincangan beberapa teman yang berasal dari Bantul. Dari cerita yang saya dengar warung soto ini merupakan salah satu legenda Soto Ayam kampung yang ada di Bantul. Kalau kalian suka soto dengan daging sapi bisa memilih Soto Rejeki sebagai jujugan sobat eaters. Tapi karena saya bosen dengan daging mari kita coba ayam saja.

Lokasi

Warung ini ada di daerah Bantul, tepatnya di jalan Brigjend Katamso. Ada juga yang menyebut jalan ini sebagai jalan lingkar luar bantul, karena jalan ini merupakan jalan singkat penghubung dari Jogja menuju Srandakan Bantul. Memang cukup jauh dari Kota Jogja. Tapi buat kalian pecinta kuliner pasti sanggup melewati rintangan dan hambatan yang ada. *ciee..cie..*

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-2

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-3

Kalau kalian dari arah Kota Jogja ambil jalan Bantul, jangan jalan parangteritis ya, karena kalian bakalan nyasar sampai ke Pantai. Jalan Bantul adalah jalan besar di sisi barat jalan paris. *parangtriris* Kalian lurus saja terus ke selatan. Ketika nanti kalian menemukan perempatan besar yang dijok kanan ada masjid Agung Bantul dan di kiri ada Bank BPD DIY. Kalian belok saja ke kanan. Ikuiti terus jalan besar ini tanpa belok – belok sambil pantengin terus sebelah kiri sobat.

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-4

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-10

Kalau kalian menemukan daerah yang lapang di kanan dan kiri jalan, sebentar lagi kalian akan sampai di lokasi. Warung ini mendiami sebuah rumah di tengah hamparan sawah kering *nek ga salah inget lho yo..* Di kanan dan kirinya tidak ada rumah lain selain warung soto ini. Cari saja halaman yang banyak mobil dan motor parkir, kalian pasti mudah menemukan warung soto idaman ini.

Suasana Warung

Perasaan dari tadi saya belum menyebutkan nama dari warung ini yak..? *udah ada sih sebenernya di judulnya* Maap.. maap.. kadang kalau udah cerita jadi lupa nyebut merek.. haha.. Nama warung soto ini adalah Soto Ayam Kampung Rodho Jodo Pak Bloon Junior. Eh.. kok junior..? berarti ada yang seniornya dong. Kalau dari cerita -cerita yang saya denger sih ada, dan lokasinya ada di tengah kota Bantul.

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-9

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-8

Saya sudah menemukan si senior, tapi sengaja saya simpan dulu untuk agenda kuliner soto saya selanjutnya. Nantikan ya gaes.. Kita kembali ke si junior dulu. Warung junior ini cukup besar, terlihat dari bangunannya yang cukup besar. Warna warung ini di dominasi oleh warna hijau yang menggugah selera. Sepertiny ada sebuah rumah kediaman di belakang warung ini. Mirip – mirip ruko nih. cuma bedanya klo ruko biasanya rumahnya ada di atas, kalau ini ada di belakang.

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Entah kenapa namaya rodho jodo. Mungkin buat kalian yang tidak berjodoh akan susah menikmati soto di warung ini. Tapi ojo baper lho ya.. hahaha.. Udah rodho jodo bloon pula.. duh.. mumet tenan iki sing ngartek ‘e *susah ini mengartikannya*  Tapi soto di warung ini tidak se bloon yang sobat kira. Karena ternyata ramai pembeli dan punya pelanggan setia.

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-6

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-12

Soto dengan kuah bening ini sepertinya memang berjodoh dengan kebanyakan orang. Dan pastinya yang bikin juga ga bloon -bloon amat. Buktinya bisa bikin soto yang disukai banyak orang. Dalam satu mangkok soto terdapat nasi, bihun atau soun, tauge, irisan ayam kampung, taburan seledri dan bawang goreng. Porsinya cukup pas buat saya, tapi kalau kalian ingin ekstra ayam yang lebih banyak bisa minta tambahan ayam dengan jenis, dada, paha atau kepala.

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-7

SOTO-AYAM-PAK-BLOON-JUNIOR-11

Kuahnya super duper bening, rasanya super ringan dan berkaldu cukup kuat. Tapi saya menemukan rasa asin yang berlebih di soto ini *semoga hanya lidah saya saja* Tapi buat kalian yang suka dengan rasa asin, soto ini cocok sekali buat kalian. Potongan ayamnya juga cukup empuk di gigit. Ingin dicicipi tanpa kecap dan perasan jeruk nipis juga oke, atau mau pake kecap juga oke. Pilihlah sesuai yang sobat eaters mau.

Kesimpulan

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Ayam Kampung Rodho Jodo Pak Bloon
Jalan Brigjend. Katamso Bantul
Telp.

Opening Hours
07:00 – 16:00 WIB

Price
Soto Ayam Campur (8k)
Jeruk Panas (3k)
Dada Ayam (38k)

MAP