Kemaren saya janji untuk mereview warung soto yang ada di Jogja. Beberapa artikel saya ke depan akan membahas aneka soto khas yang ada di Jogja. Okey.. cukup sekian sekilas infonya, mari kita singgah ke warung soto yang pertama. Warung soto yang saya kunjungi kali ini ternyata sudah ada cukup lama di daerah Kotagede. *kok aku iso ga weruh yo..* Soto dengan kuah bening berdaging sapi ini siap menggoyang lidah sobat eaters.

SOTO-SAPI-WINONG-10

SOTO-SAPI-WINONG-9

Perburuan saya akan warung soto tetep berlanjut, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Memanfaatkan instagram, android apps dan google search engine, saya googling-googling dan cari-cari warung soto yang ramai dan jadi perbincangan baik di media online maupun offline. Di antara berjuta warung soto yang ada di Jogja *emang sampe sejuta..?* saya menemukan warung soto yang agak sedikit unik dan aneh di telinga saya. Inilah Soto Sapi Winong.

Lokasi

Namanya memang cukup unik dan sedikit buat saya penasaran. Nama ini sebenarnya adalah nama kawasan daerah yang ada di Kotagede. Warung Soto Sapi Winong ada di pinggir jalan utama Jogja, jadi cukup mudah untuk kalian temukan. Kalau buat sobat eaters yang berasal dari luar Jogja bisa lihat peta di bawah atau pake aplikasi android eatjogja yang bisa kalian unduh di play store untuk menemukan lokasi tepat dari Soto Sapi Winong.

SOTO-SAPI-WINONG-8

SOTO-SAPI-WINONG-7

Soto Sapi Winong ada di jalan Ngeksigondo. Diseberang shelter bus Trans Jogja Ngeksigondo. Kalau kalian dari arah utara silahkan menuju arah Kotagede. Sesampainya di pertigaan lampu merah Kotagede jangan lurus tapi belok kanan ya. Lurus saja sampai kalian menemukan supermarket superindo di kanan jalan. Dari posisi ini kalian sudah mendekati warung Soto Sapi Winong. lurus sedikit lagi dan tengok kiri jalan. Sampailah kalian di Soto Sapi Winong.

Suasana Warung

Ada papan nama yang cukup besar bertuliskan Soto Sapi Winong di depan warung ini. Jadi tidak ada kata sulit dalam menemukan warung soto ini. Tapi memang untuk sobat eaters yang membawa mobil mungkin agak sedikit kesulitan kalu ingin parkir di depan warung ini. Kalau pas rame mending parkir agak sedikit jauh tapi aman.

SOTO-SAPI-WINONG-6

SOTO-SAPI-WINONG-5

Warung ini di dominasi dengan cat berwarna hijau terang. Cukup gelap dan agak sedikit singup memang. Karena pencahayaan warung ini memang hanya ada di area depan saja. Disamping kanan kiri dan belakang warung memang tertutup oleh tembok. *kalau rame iso sumuk tenan iki* Meja kursi yang digunakan cukup besar. Cukup untuk menampung beberapa puluh orang dalam satu waktu. Kalau kalian datang sendirian siap-siap berbagi dengan orang lain.

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Saya datang ke warung ini menjelang makan siang tiba. Sekitar jam sebelas siang lebih. Dan saya cukup beruntung, karena warung ini dalam keadaan sepi pengunjung. Hanya ada beberapa pengunjung yang datang. Saya pesan Soto campur dan segelas jeruk hangat. Tanpa menunggu lama, soto saya sudah sampai di meja. Melihat soto yang ada di meja saya, saya cukup surprise. Porsi sotonya cukup banyak dengan irisan daging yang cukup banyak pula.

SOTO-SAPI-WINONG-3

SOTO-SAPI-WINONG-2

Seperti soto pada umumnya, soto sapi winong juga berisi nasi yang dicampur irisan kubis, tauge, irisan daging, taburan seledri dan daun bawang. Kuah dari soto ini termasuk kuah bening. Benar-benar bening nih soto. Sebelum saya menambahkan apapun di dalam mangkuk soto. Saya punya kebiasaan mencicipi rasa asli dari soto itu sendiri. Karena ada beberapa soto yang sudah enak tanpa harus dicampur dengan kecap dan jeruk nipis. Soto winong salah satunya. Rasanya mantab tanpa harus ditambah bahan apapun.

SOTO-SAPI-WINONG-11

SOTO-SAPI-WINONG-4

Tapi ternyata oh ternyata.. ketika saya coba menambahkan kecap dan perasan jeruk nipis, rasa soto ini semakin sedap di mulut. Rasa manis dari kecap bisa bercampur pas dengan sedikit rasa asam dari perasan jeruk nipisnya. Mantab dah pokoke.. Josss.. Soto Sapi Winong adalah Salah satu warung soto sapi yang wajib sobat eaters kunjungi. Jangan lupa masukin dalam list kuliner kalian ya.

Kesimpulan

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Sapi Winong
Jl. Ngeksigondo No. 4, Prenggan, Kotagede,
Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
Telp. 0274 383360

Opening Hours
07:00 – 16:00 WIB

Price
Soto Pisah (14,5k)
Soto Campur (12,5k)
Soto Babat (12,5k)
Iso Goreng (12,5k)
Nasi Putih (3k)
Teh Panas / Dingin (3k)
Jeruk Panas / Dingin (3k)

MAP