Sarapan pagi memang tak lengkap jika hanya makan nasi telor atau nasi goreng saja. Bagi penyuka bubur, makanan jenis ini kadang bisa dijadikan pilihan untuk menu sarapan sobat eaters. Tapi untuk saya.. bubur.. enak sih.., tapi baru beberapa jam udah laper lagi bro sis, jadi ya.. pilih makanan yang bisa bikin badan tegak hingga waktu makan siang tiba.. hahaha..
Sarapan yang paling enak menurut saya adalah makan soto hangat dengan tempe goreng dan sate. *wueenak to..*

SOTO-DALBE-13

SOTO-DALBE-3

Walau soto juga bisa dinikmati ketika makan siang, tapi momen yang paling indah menurut saya ya pas sarapan itu.. anget-anget gimana gitu.. haha.. Salah satu warung soto yang perlu dan wajib sobat eaters sambangi adalah Soto Ayam Pak Dalbe. Soto ini punya rasa yang unik dan spesial. *menurut lidah saya lho ini..* Daging yang digunakan juga ayam kampung lho.. jadi yang ga suka dengan ayam potong, soto ini wajib menjadi pilihan sobat eaters.

SOTO-DALBE-2

SOTO-DALBE-4

Karena keunikan dan kekhasannya, warung Soto Ayam Pak Dalbe kadang tidak bertahan lama. Tidak sampai jam makan siang kadang warung ini sudah K.O. melayani pembeli yang sudah bejibun dari pagi hari. Seberapa spesial sih warung soto ini..? kenapa selalu ramai dan habis sebelum jam makan siang..? mari kita telisik lebih lanjut..

Lokasi

Soto Ayam Pak Dalbe punya dua lokasi yang bisa jadi pilihan sobat eaters. Lokasi awal dan yang pertama adalah jalan Jenderal Sudirman. Lokasi ini adalah lokasi awal saya mengenal Soto Ayam Pak Dalbe. Di lokasi ini warung sotonya imut kecil dan memanjang. *ojo mikir sing aneh-aneh lho ya.. hahaha..* Letak persisnya ada di depan bank CIMB Niaga. Agak nyempil memang. Tapi mudah kok buat menemukannya. Perlu ekstra sabar kalau sobat mengunjungi Soto Ayam Pak Dalbe di lokasi ini. Ekstra sabar.. ekstra keringat.. dan ekstra pemandangan.. *ini nih yang saya suka.. hahaha..*

SOTO-DALBE-1

SOTO-DALBE-12

Lokasi yang kedua ada di jalan Magelang KM 4,5. Di lokasi ini Soto Ayam Pak Dalbe melakukan merger dengan salah satu warung ayam kremes. Merger lokasi lebih tepatnya. Satu lokasi.. satu tempat makan.. tapi punya dua menu dan dua nama warung yang berbeda. *ide yang bagus ini*. Simbiosis ini sepertinya berjalan dengan sangat baik. Karena di lokasi ini Soto Ayam Pak Dalbe tidak kalah ramainya dengan lokasi yang ada di Sudirman.

SOTO-DALBE-6

SOTO-DALBE-5

Hanya saja, di lokasi ini kalian akan mendapatkan ekstra space yang lebih besar ketimbang yang ada di Sudirman. Meja dan kursinya lebih banyak. Dan yang pasti juga banyak pilihan menu lain selain Soto Ayam Pak Dalbe. Kalau di Sudirman kadang sebelum jam makan siang udah K.O. Di Lokasi ini juga ga mau kalah, jam makan sing lebih dikit juga ikutan K.O., walau tidak sesering di Sudirman.

Suasana Warung

Oke.. Sekarang kita bicarakan masalah ambience yang ada di warung Soto Ayam Pak Dalbe jalan Magelang. Ukuran warungnya memang cukup besar, dan mampu menampung pengunjung hingga puluhan orang. Seperti yang saya ceritakan di atas. Soto Ayam Pak Dalbe ini melakukan merger dengan warung ayam kremes. Jadi satu tempat dipakai untuk dua warung. Setiap warung akan mendapatkan keuntungan dari nama masing-masing. Tapi sepertinya kalau urusan pamor, Soto Ayam Pak Dalbe tetep yang jadi juaranya.

SOTO-DALBE-11

SOTO-DALBE-10

Sepengetahuan dan sepengelihatan saya, *boso opo iki* mayoritas pengunjung yang datang ke warung ini mencari Soto Ayam Pak Dalbe ketimbang ayam kremesnya. Walau saya belum coba ayam kremesnya, tapi konon ceritanya menu ayam di warung ini juga enak. Next time mungkin saya akan menambahkan pengalaman saya bersantap ayam kremes di warung ini. Tapi untuk sekarang mari kita fokus ke Soto Ayam Pak Dalbe.. 🙂

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Mari kita lihat dari penampilnnya terlebih dahulu. Secara penampilan, soto ini sebenernya ga enak untuk dipandang. Warnanya butek, gelap dan menarik. Banyak yang berkata kalau Soto Ayam Pak Dalbe ini berkuah bening. Tapi saya punya bahasa yang lain. Kuah Soto Ayam Pak Dalbe.. butek.. yup.. butek. Warnanya cenderung gelap kecoklatan. Mungkin karena rempah yang digunakan super duper banyak, jadi beginilah warnanya.

SOTO-DALBE-8

SOTO-DALBE-16

Isian dari soto ini lumayan banyak dan cukup mengenyangkan. Walau menurut saya kurang dikit lagi nih porsinya. *dasar perut gentong* Komposisi dari Soto Ayam Pak Dalbe adalah nasi, soun, toge, suwiran ayam, seledri dan bawang goreng. Setelah itu baru disiram dengan kuah butek tadi. Rasa dari soto ini sebetulnya agak aneh menurut saya. kuahnya cenderung manis dan rasa rempahnya cukup kuat di mulut.

SOTO-DALBE-15

SOTO-DALBE-14

Buat kalian yang suka manis, soto ini sangat cocok, tapi buat kalian yang tidak suka bisa menambahkan sambal dan ekstra perasan jeruk nipis. Selain mengurangi sedikit rasa manisnya, cara ini cukup ampuh menambah citarasa dari hampir semua jenis soto di muka bumi. Suwiran daging ayamnya cukup royal menutupi hampir sebagian mangkok saji.

Kesimpulan

Rasa memang tidak pernah bohong. Karena lidah yang berbicara. Soto Ayam Pak Dalbe akan menjadi salah satu warung soto yang melegenda di Jogja. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Ayam Pak Dalbe
Jl. Magelang KM 4,5 (Depan TVRI Jogja)
Yogyakarta
*Satu tempat dengan Ayam Goreng Kremes Jamal

Opening Hours
08:00 – Habis

Price
Soto Ayam (9k)
Sate Ayam (2k)
Kepala (8k)
Mendoan (1k)
Lemon Tea (5k)

MAP