Hunting kuliner di Jogja memang selalu jadi keseruan tersendiri untuk saya pribadi. Menemukan tempat makan yang enak apalagi murah bisa jadi obat penghilang stress yang mujarab. Itung-itung menghilangkan penat sekaligus bisa bikin lemu hahahaha. Ngomongin masalah lemu, *gemuk dalam bahasa jawa* ada satu warung sederhana yang memikat hati saya setelah membaca review di salah satu media online. Warung ini menyediakan menu yang di luar kebiasaan. Warung sederhana ini bernama Sop Ayam Bu Lemu.

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-8

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-7

Selain menyediakan sop bayam, warung ini juga menyediakan makanan ramesan, pecel, beberapa sayuran khas jawa dan gulai jeroan kambing. Tapi yang bikin warung ini terkenal adalah menu sop bayamnya. Tidak semua tempat di jogja menyajikan sop bayam, bahkan sepengetahuan saya hanya warung bu lemu ini yang menyajikan sop dengan bahan utama bayam sebagai menu utamanya. *kayae warung SGPC Bu Wiryo juga ada*

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-4

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-1

Konon katanya, penemuan menu ini bukan tanpa sengaja. Ketika ada salah satu pengunjung memesan sop, pembeli ini meminta kepada Bu lemu untuk menambahkan bayam pada menu sop yang dia pesan. Tentu saja Bu lemu punya banyak stock bayam karena beliau menjual pecel juga. Alhasil kebiasan pengunjung ini diikuti beberapa pembeli lain di warung bu lemu. Dan karena kelezatannya, menu ini makin lama makin digemari pengunjung warung makan Bu lemu.

Lokasi

Untuk menemukan tempat ini mudah kok, tidak sesulit saat kalian mencari jodoh. *eciee..ciee…* Patokan utama yang bisa dijadikan acuan adalah jembatan gondolayu dan Tugu Jogja. Warung ini ada di sebelah barat dari jembatan gondolayu dan timur Tugu Jogja. Pokoknya diantara kedua itu dah. Kalau sudah paham kini saatnya kalian mencari rumah makan padang bernama Duta Minang. *kapan yak review duta minang, next time deh.. 😀* Kalau sudah ketemu, disamping rumah makan ini ada sebuah gang kecil yang menuju ke arah perkampungan. Masuk saja ke gang ini dan kalian akan menemukan warung Bu lemu di sebelah kanan kalian.

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-2

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-6

Memang gang ini tidak terlalu besar, jadi buat sobat eaters yang bawa mobil, saya sarankan untuk parkir di jalan utama saja. Jangan kaget kalau warung ini terasa sempit dan kecil. Ya namanya juga warung, jadi ya pasti kecil. hahaha..  Ketika masuk ke dalam warung ini, kesan pertama yang saya rasakan adalah sempit dan agak sedikit gelap. padahal saya datang disaat jam makan siang. Agak sedikit aneh memang, tapi warung ini memang tidak banyak memiliki jendela terbuka yang cukup banyak.

Suasana Warung

Daya tampung warung ini memang tidak terlalu besar. Mungkin hanya sekitar belasan atau puluhan orang dapat ditampung di warung ini, itu saja perlu ekstra desak-desakan. Beruntungny saya siang itu, karena warung Bu lemu masih dalam keadaan sepi. Mungkin orang lebih memilih untuk menjadikan sop bayam ini sebagai menu sarapan ketimbang makan siang, jadi semakin siang semakin sepi deh warungnya.

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Menu Sop Bayam bu lemu ini sebenarnya sederhana dan mudah untuk kalian buat sendiri. Tapi kalau begitu buat apa saya susah-susah hunting tempat dari satu tempat ke tempat lain. hehe.. Lanjutttttt.. Sop Bayam ini berisi irisan wortel, tauge, irisan daging sapi dan bayam sebagai ingridient utamanya. Kuah dari sop ini bening sekali, seperti sop pada umumnya. Tapi soal rasa boleh saya katakan dengan jujur kalau sop bayam ini sedap sekali.

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-5

WARUNG-SOP-BAYAM-BU-LEMU-3

Gurih dan porsinya pas. Kuah kaldunya juga mantap. Sayang isiannya menurut porsi saya tidak terlalu banyak. hahaha.. kalau sedikit lebih banyak kayaknya lebih syahdu nih.. 😛 *dasar perut gentong*

Kesimpulan

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Sop Bayam Bu Lemu
Jl. Jenderal Sudirman (Gang Samping Duta Minang)
Kampung Jogoyudan
Yogyakarta

Opening Hours
07:00 – 17:00 WIB

Price
Sop Bayam (11k)
Nasi Gulai (11k)

MAP