Jalan-jalan terus mencari spot-spot kuliner asik yang ada di Jogja memang sudah jadi rutinitas mingguan saya. Beberapa spot saya temukan di Instagram dan beberapa spot lainnya saya temukan di internet hasil pencarian dari mbah Google. *bahasa gaul anak muda masa kini* Cara ini menurut saya sangat efektif, selain dari sisi informasi, kita juga dapat membaca review-review menarik dari beberapa teman bloger jogja yang sudah lebih dulu menulis ulasan tentang warung yang ingin kita tuju.

MURNI-83-6

MURNI-83-7

Sayang sekali kini beberapa bloger sudah jarang update di ranah website. Mereka lebih sering update di Instagram atau media sosial lainnya yang berbasis Android atau Iphone. Tapi eatjogja punya semua nih.. Website..?! kita punya dan selalu update terus setiap minggu *klo lagi ga sibuk yak.. haha* Instagram..?! ini kita juga punya dan akan selalu kita update terus. Facebook..?! jelas lah.. Android..?! nah ini nih yang baru dari keluarga besar eatjogja. Sobat eaters biasa download aplikasinya di sini. Dan jangan lupa share kepada khalayak ramai ya.

MURNI-83-5

MURNI-83-3

Aplikasi android eatjogja kita buat dalam rangka untuk mempermudah sobat eaters yang berasal dari Jogja maupun luar Jogja dalam menemukan spot tempat makan yang ingin kalian tuju. Informasinya up to date dan akan selalu kita update terus bersama dengan keluarga besar eatjogja lainnya.

MURNI-83-2

Tempat makan yang ingin saya sambangi kali ini umurnya udah simbah-simbah nih tapi masih eksis menjajakan menu andalannya dari dulu hingga sekarang. Rumah makan ini memang sangat sederhana dan punya kesan yang sangat jauh dari rumah makan masa kini dengan gayanya yang wah dan abstrak. Mungkin dulu rumah makan ini paling hits.. tapi kini legenda yang berbicara. Perkenalkan.. Rumah Makan Murni 83. Legenda es teller dari tahun 1978.

Lokasi

Rumah Makan Murni 83 cukup mudah untuk sobat eaters temukan. Lokasinya ada di daerah tukangan, atau sebelah barat dari Stasiun Lempuyangan. Jalan di daerah tukangan ini memang dari dulu hingga sekarang besarnya ya segitu-gitu aja ga nambah-nambah. Dari saya kecil hingga sekarang masih selebar itu. Jadi bila sobat eaters datang berkunjung ke rumah makan ini membawa mobil, siap-siap untuk parkir ekstra sabar dan hati-hati.

MURNI-83-1

Kalau sobat eaters yang berasal dari luar kota bisa lihat peta di bawah ya atau bisa download aplikasi android kita, aplikasi itu akan memudahkan sobat eaters menemukan lokasi dari Rumah Makan Murni 83.

Suasana Rumah Makan

Rumah Makan Murni 83 kalau sepintas saya telusur lebih lanjut ternyata tidak terlalu luas. Halaman depannya lebih difungsikan sebagai area parkir motor yang cukup menyita ruang. Bangunan tua ini hanya memiliki dua area makan dan satu area samping yang sepertinya digunakan untuk mini cafe iced cream. Dua ruangan utama yang berfungsi untuk menampung para pelanggan ini akan berubah seketika ketika jam makan siang datang. Area yang awalnya lengan berubah seketika menjadi penuh sesak oleh pembeli.

MURNI-83-4

Saya ga kaget kalau akan terjadi keramain yang seperti ini. Karena legenda dan cerita dari mulut ke mulut lah yang membuat rumah makan ini bertahan hingga sekarang. Kesederhanaan dan kemampuan menjaga kualitas menu dari masa ke masa. *salut.. dan angkat topi untuk Rumah Makan Murni 83*

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Rumah Makan Murni 83 memang terkenal dari dulu dengan es teler dan menu bestiknya. Walaupun ada beberapa jenis es lain yang bisa sobat eaters pilih sesuai dengan selera masing-masing. Tapi siang itu pilihan saya jatuh kepada Es Teler, Es Campur, Nasi Bakmoy dan Bestik Komplit. Kalau saya hitung dengan jam yang ada di tangan saya, menu yang saya pesan cukup cepat datangnya, tidak lebih dari lima belas menit semua pesanan saya sudah ada di meja.

Dan ternyata saya cukup kaget dengan porsi yang saya dapatkan. Ini porsi anak kecil atau saya yang terlalu cepat besar hahaha… *perutnya aja tuh bro yang gentong* Untuk ukuran saya memang porsi ini sedikit kurang, tapi untuk orang normal saya rasa sudah cukup mengenyangkan. Karena sebenarnya makan itu kan memang tidak boleh banyak-banyak. Sedikit saja tapi sering. Tapi inilah yang buat saya jadi susah.. gimana dong.. hahahaha

MURNI-83-9

MURNI-83-13

Penampilan Es Telernya plain.. alias polos abis. Karena semua isiannya tertutup oleh serutan es diatasnya. Kalian aduk-aduk dulu baru akan terlihat indahnya pelangi di dalam mangkok kalian. Ada berbagai macam warna bercampur menjadi satu. Saya tidak begitu hapal isiannya, tapi yang bisa saya lihat ada tape, kelapa muda, agar-agar, nangka, alpukat dan potongan roti tawar. Rasa es telernya mantab bro, manisnya pas dan isiannya juga cukup lengkap. Tidak terlalu berlebihan tapi juga tidak terlalu sederhana. Rasa yang istimewa..

MURNI-83-10

MURNI-83-15

Lanjut saya punya Bestik Komplit. Bestik ini hampir mirip selat solo. Ada irisan tomat, daun selada, kentang, buncis, telur ceplok dan daging giling yang berbentuk bulat seperti isian burger. Kesemuanya kemudian disiram denagn kuah yang rasanya manis dan sedikit asam. Jika kalian rasa kurang pedas bisa ditambah dengan sambal. Menu jadul ini memang rasanya mantab, kuah manisnya oke.. karena rasanya tidak terlalu pekat dan over sweet. Yang kurang cuma porsinya saja.. wkwkwwkwkwkwk..

MURNI-83-8

MURNI-83-12

Lanjut lagi dengan Es Campur yang sepintas di mata terlihat cukup kemerahan. Warna merah ini didapat dari potongan buah strawberi yang cukup banyak mengisi mangkuk saya. Selain strawberi juga ada cincau hitam, nata decoco, blewah dan agar-agar hijau. Rasanya seger dan cocok disruput disiang hari bolong seperti sekarang ini.

MURNI-83-11

MURNI-83-14

Terakhir saya punya Nasi Bakmoy. Menu peranakan ini sudah lama eksis di dunia kuliner tanah air. Tapi masih jarang yang menyajikannya. Menu ini hampir menyerupai Soto dengan kuah beningnya, tapi punya isian yang jauh berbeda dengan soto. Hanya ada nasi, potongan tahu dan telur bacem. Ada di beberapa tempat yang menambahnya dengan irisan daging ayam dan tauge. Menu sederhana yang cocok dijadikan pengganjal perut tapi bukan makan besar.. hehe *kuwi lak nak kowe bro*

Kesimpulan

Rumah Makan Murni 83 memang punya citarasa tersendiri. Menunya komplit dan punya taste yang bisa diadu dengan rumah makan lain di Jogja. Kalau sudah seperti ini biar legenda yang berbicara. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Rumah Makan Murni 83
Jl. Tukangan No 45.
Yogyakarta

Opening Hours
09:00 – Habis

Price
Es Teler (12k)
Nasi Bakmoy (12k)
Es Campur (8k)
Bestik Komplit (17k)

MAP