Yuk berburu kuliner lagi.. Kali ini tujuan saya adalah makanan yang enak tapi murah, kenapa..? karena kantong ini semakin menipis klo sudah mendekati akhir bulan. Ga cuma mahasiswa aja lho yang kantongnya bisa cekak, saya juga ketularan nih.. haha.. Tapi walaupun kantong cekak, hunting kuliner kudu tetep jalan terus.. Sing penting semangat lan ora putus asa.. 😀

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-10

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-11

Dari beberapa literatur artikel yang saya baca, warung makan ini selalu saja muncul ketika orang membicarakan menu yang bernama mie ayam. Karena saking seringnya muncul di beberapa website dan IG, ikutan penasaran juga dong saya, jadi kali ini saya meluncur ke warung mie ayam yang bernama Mie Ayam “Ijo” Tunggal Rasa. Walaupun tidak seramai Mie Ayam Tumini, warung ini terlihat sangat ramai jika dilihat dari kejauhan.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-1

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-2

Mie ayam memang kuliner warisan leluhur yang selalu jadi pilihan ketika sobat eaters dan juga termasuk saya males makan yang berat-berat. Pilihan yang cukup rasional bila dipandang dari sisi harga, porsi dan juga tingkat kekenyangan. Walaupun kadang beberapa jam setelah menyantap mie ayam perut ini kembali keroncongan.. hahaha

Lokasi

Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa ini lokasinya gampang-gampang susah. Kenapa begitu..? mudah karena lokasinya yang ada di daerah kota baru Jogja. Susah karena jalan ini kalau siang jadi jalan satu arah. Padahal kalau sore atau malam bisa jadi dua arah. Pemberlakuan satu arah ini disebabkan karena jalan Serama Taruna Ramli ini tepat berada di depan SD Ungaran, Yang kalau pas pagi dan siang hari jadi ramai karena jam anak Sekolah.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-3

Selain itu, jalan ini juga tidak terlalu lebar. Jadilah motor dan mobil yang hendak menjemput anaknya di SD Ungaran ini berebut dengan motor dan mobil yang hendak ingin makan di Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa. Saya kasih ancer-ancer yang paling mudah saja ya. Selebihnya bisa sobat eaters lihat peta di bawah jika kalian susah untuk menemukannya.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-4

Kalau kalian dari arah SMU 3 Yogyakarta silahkan ambil jalan yang ke arah barat, ke arah Raminten. Lurus saja terus sampai kalian menemukan semacam gardu listrik jaman belanda yang tertutup rapat dengan mural. Sebenarnya kalian tinggal lurus saja dan sampai ke Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa. Tapi karena jalan ini berubah menjadi jalan satu arah *ga resmi sih sebenernya* pada siang hari silahkan ambil kanan *ke utara araj raminten*. Sekitar beberapa meter nanti kalian akan menemukan perempatan *sebelum SSC*, kemudian belok kiri saja.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-6

Lurus terus sampe ketemu perempatan, belok kiri lagi kemudian ambil kiri lagi ketika kalian menemukan perempatan kembali. Tujuan kalian sudah dekat dan ada di kiri jalan sobat eaters. Sebenarnya bisa juga sih ditempuh dari arah gereja kota baru atau dari arah masjid syuhada. Kalau kalian orang Jogja, atau sudah lama tinggal di Jogja pasti mudah menemukan Tempat ini.

Suasana Warung

Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa menempati sebuah trotoar jalan yang ada di sisi utara atau sisi selatan dari SD Ungaran. Karena lahan yang terbatas dan jumlah pengunjung yang bejibun a.k.a membludak. Mereka juga memanfaatkan trotoar yang ada di selatan jalan dan halaman sebuah rumah jadul di sisi selatan sebagai tempat santap makan mie sobat.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-5

Pilihan semua ditentukan oleh sobat eaters, mau makan di lesehan boleh atau kalau males boleh pilih tempat yang ada meja dan kursinya. Tapi kalau penuh ya jangan harap bisa duduk di kursi, kudu mesti lesehan atau silahkan antri menunggu hingga meja inceran kalian kosong.

Makanan dan Rasa yang ditimbulkan

Siang itu saya memesan dua macam mie ayam. Yang pertama dengan ukuran jumbo dan yang kedua juga dengan ukuran jumbo. Kemaruk banget ga sih.. hahaha.. Tapi tak apa, karena bukan saya yang makan. 😛 Selain keduanya yang berukuran jumbo, saya juga memesan keduanya dengan mie yang berwarna Ijo. *kalau yang putih udah biasa bro..* Yang membedakan dari mie yang saya pesan adalah yang satu pake mangkuk pangsit yang bisa dimakan dan yang lain standar seperti biasa. Oh iya.. keduanya juga pake bakso dab.

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-7

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-12

it’s testing time.. Kalau dari tampilannya, kedua mie ini super duper meyakinkan. Tampilannya guede.. dan sangat menarik. Mangkuk pangsitnya juga super jumbo. Kalau kalian aduk-aduk dengan seksama, kalian akan menemukan pangsit basah dibawahnya. Pokoke menu iki manteb tenan bro dab.. Isiane kebak tenan.. Wareg boss..

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-9

MIE-AYAM-SD-UNGARAN-13

Mienya enak.. toping ayamnya juga manteb, tapi begitu saya coba mangkuk pangsitnya kok rada aneh ya. Saya menemukan rasa yang tidak enak di lidah, seperti minyak yang terlalu banyak dan terasa langu. Menurut penilaian personal saya, pangsit gorengnya ga cocok dengan mie ayamnya, agak sedikit merusak rasa mie ayamnya. Atau mungkin hasil mangkuk pangsit goreng pada saat itu dalam keadaan gagal produksi saya tidak tau. Bagaimana dengan sobat, apakah sama seperti apa yang saya rasakan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa ini memang mantab di lidah juga di kantong. Kalau lain kali saya mampir ke sini lagi, saya akan pesan yang tanpa mangkuk pangsit saja. Tapi semua terserah sobat eaters, pilih saja yang sobat suka. 🙂  Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Ayam Ijo Tunggal Rasa Depan SD Ungaran Kota Baru
Jl. Serma Taruna Ramli No. 3 Kotabaru
Yogyakarta

Opening Hours
09:00 – 16:00 WIB

Price
Mie Ayam Putih Standar (7k)
Mie Ayam Hijau Standar (8k)
Mie Ayam Hijau Jumbo Mangkuk Bakso (14k)
Mie Ayam Hijau Jumbo Bakso (12k)
Ceker Ayam (1k)
Kepala Ayam (2,5k)
Es Teh (3k)

MAP