Hampir dua bulan lebih eatjogja mandeg memberikan informasi kuliner khas Jogja kepada sobat eaters. Bukan karena sibuk atau apa, tapi karena memang lagi ga ada duit dikantong buat jalan-jalan liputan kuliner.. hahaha.. ga lah hoax itu. Yang bener saya lagi bertapa di bukit belakang rumah *gundukan kaleee..* merenungi perjalanan kuliner saya selama ini. hihihihihi.. kalau ini mah lebih ngaco lagi. Pokok dari permasalahan sebenarnya adalah karena ada kepentingan pribadi yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi.. oleh karena itu saya mohon maaf kepada para pembaca dan semua followers eatjogja yang baik hati. Dimaafkan yak.. kan masih dalam suasana lebaran. hohoho.. *wis suwi mas..* 😀

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-1

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-16

Sebagai permintaan maaf saya kepada sobat eaters semua, saya ingin berbagi informasi tentang warung bakmi jawa yang saya temukan beberapa waktu lalu. Jangan khawatir.. warung yang saya temui ini dijamin maknyus dan mantab.. Ga percaya..?! bagus.. percaya sama Allah aja yak, jangan sama saya.. 😀 Saya kasih namanya dulu ya.. Nama warung bakmi ini adalah Bakmi Jawa Mbah Gempar. Walau yang jual belum cocok dapet predikat mbah, karena yang jual sama-sama masih muda semua. Saya sempat salah kasih nama di dalam foto yang saya sertakan di dalam artikel ini, tapi gpp ya.. yang penting esensi makna yang dimaksud sampai kepada sobat eaters. *bosomu mas..mas.. keduwuren* 😛

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-15

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-8

Lokasi

Ancer-ancer warung ini gampang-gampang susah. Buat sobat eaters yang asli Jogja pasti gampang untuk menemukan warung bakmi ini, tapi buat kalian yang rada awam sama persebaran wilayah di Jogja bisa ikuti peta di bawah artikel ini yak. Lokasinya ada di jalan kabupaten. Untuk menuju ke warung ini bisa dari beberapa jalan, tapi saya rekomendasikan ambil jalan godean saja yang paling gampang. Kalau kalian dari arah timur, cukup cari Mirota Godean. Kalau sudah menemukan toko ini, sobat eaters lurus saja terus sampai menemukan lampu merah perempatan antara jalan godean dan jalan kabupaten. Setelah itu belok kanan saja. Lurus terus kurang lebih sekiat 100 meteran nanti di kiri jalan kalian akan menemukan tempat futsal yang bernama Paragon, nah maju dikit lagi dan kalian akan menemukan Bakmi Jawa Mbah Gempar di kanan jalan atau seberang Paragon Futsal *rada serong dikit sih..*

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-3

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-4

Suasana warung

Warung ini sederhana sekali. Menempati sebuah ruko yang jika dilihat dari kondisinya memang tidak terlalu bagus. *bangunan lama sih* Beberapa sudut warung juga masih terlihat kotor dan tidak tertata rapi. Cat di warung ini didominasi oleh warna kuning yang cukup kalem. *kalau malem terlihat kalem sih.. hehe* Kursi dan mejanya juga sederhana, hanya kursi panjang dan meja panjang sebanyak tiga pasang. Taplaknya keren nih.. kotak-kotak papan catur yang bikin suasananya makin absurb.. hahaha.. Tapi kita kan mau makan bukan bahas desain interior, jadi hal ini bisa kita kesampingkan terlebih dahulu.

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-5

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-6

sama seperti warung bakmi jawa kebanyakan, warung ini juga menaruh gerobak bakminya di posisi depan. Posisi ini berfungsi sebagai penanda warung kalau warung ini adalah warung bakmi jawa dan sekaligus mengundang orang untuk mampir dan mencicipi masakan mereka. Ada wajan dan kompor di sisi kanan, panci besar berisi kuah kaldu ayamnya juga ditaruh di posisi dekat wajan. Ayam bergelantungan di atas gerobak dengan bakmi yang tertata rapi di dalam bilik dengan pembatas kaca. Ciri dari gerobak penjual bakmi. *good good good…*

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-7

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-9

Makanan dan rasa yang ditimbulkan

Seperti biasanya dan tidak akan pernah berubah, saya selalu memesan bakmi jawa dengan mie bihun atau mie putih, kalau orang bule biasa menyebutnya dengan glass noodle. Tapi bukan goreng lho.. karena godog memang selalu istimewa di hati saya. *halah..* Selain karena kuahnya, citarasa asli dari bakmi jawa bisa kalian nikmati dengan utuh disaat kalian mencicipinya dengan kuah kaldu yang cukup banyak. Ga percaya..? coba aja sendiri.. 😀
Satu hal lagi yang membuat hati ini gembira adalah telur bebek.. yoi.. sobat eaters ga salah baca. Kok bisa telur bebek bikin hati gembira..? Kalau sobat ingin menemukan citarasa bakmi jawa yang asli, carilah warung bakmi yang menggunakan telur bebek sebagai salah satu bahan masakannya dan bukan telur ayam.

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-11

Banyak sekali warung bakmi sekarang ini yang menggunakan telur ayam, selain karena lebih murah, mencari telur ayam juga lebih mudah ketimbang telur bebek. Hasilnya adalah harga jual yang bisa ditekan seminim mungkin. Satu porsi di warung Bakmi Jawa Mbah Gempar bisa untuk mengisi tenaga semalam suntuk. Porsinya cukup besar kalau hanya untuk disantap oleh satu orang saja. Karena saya suka makan, jadi ini surga buat saya.. makan enak.. porsi besar.. manteb lah pokoke..

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-12

Telur bebek membuat kuah bakmi saya menjadi lebih keruh, gelap dan berwarna sedikit kekuningan. Rasa yang dihasilkan juga berbeda dengan kuah telur ayam. Menurut lidah saya rasa telur bebek ini membuat kuah bakmi saya menjadi lebih gurih dan nikmat, walau kadang sedikit berbau amis khas telur bebek, tapi ini tidak selalu terjadi. Bakmi Jawa Godog Mbah Gempar memang punya rasa bakmi yang istimewa, sudah lama saya tidak merasakan bakmi dengan telor bebek semacam ini. Puas dan dijamin kenyang..

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-13

Karena saya tidak datang sendiri, porsi makanan selanjutnya adalah magelangan. Menu makanan ini sebenarnya lebih mirip nasi goreng yang diberi bakmi dan sedikit sayuran. *kalau ada* Karena rasanya memang mirip nasi goreng, tapi dengan tekstur yang lebih lengkap dan meriah. Sama seperti bakmi jawanya, porsi nasi magelangan di warung Bakmi Jawa Mbah Gempar ini punya porsi yang istimewa. Alias bisa kenyang sampe esok hari menjelang. hahaha..

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-14

Nasi magelangan yang disajikan di warung ini cenderung kering dan tidak terlalu berminyak. Dan tidak ada hijau-hijaunya sama sekali *sayuran maksudnya*. Suwiran dagingnya lumayan lah, tidak terlalu banyak tapi juga tidak dikit. Pas lah porsinya.. Nah sekarang kita review dari segi rasa. Rasa dari magelangan ini mantab, tidak terlampau manis dan becek berminyak. cukup gurih dan sedikit asin, tapi masih bisa ditolelir oleh lidah. Wonderfull..

BAKMI-JAWA-PAK-GEMPAR-10

Kesimpulan

Bakmi Jawa Mbah Gempar menyajikan aneka masakan khas warung bakmi jawa, mulai dari nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godong, magelangan dan capcay. Ada dua jenis mie yang bisa sobat pilih, mie kuning dan mie putih. Yang suka campur boleh pilih, yang suka mihun atau mie putih boleh pesan. Dengan citarasa yang khas telur bebek, porsi dan rasa yang mantab. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Bakmi Jawa Mbah Gempar
Jl. Kabupaten (Depan Paragon Futsal)
Yogyakarta

Opening Hours
18:00 – Habis

Price
Bakmi Godog (13k)
Magelangan (13k)
Teh Panas (3k)

MAP