Seperti penemuan warung-warung makan terdahulu, warung yang satu ini juga saya temukan karena faktor ketidaksengajaan. Perjalanan menuju Mimikopi ternyata membawa berkah tersendiri buat saya. Karena perut udah keroncongan sebelum sampai mimikopi, saya melihat ada sebuah warung yang menyajikan menu makanan khas Sulawesi Selatan. Apalagi kalau bukan coto makassar dan es pisang ijo. Panas terik Jogja kala itu membuat es pisang ijo seperti sumur air di padang savana. Sueeegerrrrrrrr.. *buru-buru parkir*

WARUNG-NUSANTARA-1

WARUNG-NUSANTARA-2

Nama warung ini adalah Warung Nusantara. Warung ini mempunyai tag line “Kuliner Khas Sulawesi Selatan”. Lokasinya ada di Ringroad utara kota Jogja. Persis berada di pinggir Ringorad, jadi kalian tidak akan kesulitan untuk menemukan warung makan ini. Ancer-ancernya beberapa ratus meter sebelum pertigaan jalan Tajem. Kalau masih agak kesulitan silahkan lihat peta dibawah ini yak.

WARUNG-NUSANTARA-3

WARUNG-NUSANTARA-5

Kedai ini sederhana sekali. Hampir sama dengan kedai-kedai penjaja makanan yang lain. Didominasi dengan cat tembok berwarna hijau, interior warung ini sangat sederhana, hanya terdiri dari beberapa meja kayu sederhana yang disusun layaknya warung makan pada umumnya. Kalau saya tidak salah ingat, warung ini bersebelahan dengan Soocha butik. *nek ra salah lho ya* Selain coto makasar dan es pisang ijo, warung ini juga menyajikan masakan ikan bakar, ayam, aneka sayur dan sambal.

WARUNG-NUSANTARA-4

WARUNG-NUSANTARA-7

Siang itu saya pesan menu sejuta umat saja, yaitu Coto Makassar dan Es pisang Ijo. Kedua menu ini disajikan dengan porsi yang pas dan penampilan yang standar. Tapi khusus untuk Es pisang ijonya lebih menarik karena lebih berwarna dan cerah, ada esnya pula. *efek kepanasan siang itu* Dari segi rasa, es pisang ijonya enak banget sobat, manis dan segarnya pas. Pisangnya juga lembut. Pas pokoknya di mulut. Sedangkan untuk coto Makassarnya disajikan dengan ketupat dan buras yang terpisah *seperti pada umumnya coto makasar* Berempah dan pekat, itulah ciri khas dari coto Makassar. Walaupun begitu, rasa dari coto ini memang enak, tapi ada yang kurang dikit, entah apa itu, tapi lidah ini mengatakan ada yang kurang dikit di lidah.

WARUNG-NUSANTARA-9

WARUNG-NUSANTARA-8

WARUNG-NUSANTARA-6

Walaupun begitu tidak mengurangi kenikmatan coto Makassar yang saya rasakan siang itu. Coto dan es pisang ijonya segar, harganya juga nyaman di kantong. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Warung Nusantara
Jl. Rongroad Utara Maguwoharjo
Yogyakarta
Telp.

Opening Hours
09:00 – 21:00 WIB

Price
Es Pisang Ijo (8k)
Es Lemon Tea (3,5k)
Coto Makassar (13k)
Ketupat (1k)

MAP