Well.. ini adalah liputan soto kadipiro saya yang terakhir untuk episode soto kadipiro. Untuk dedengkot soto kadipironya akan saya bahas di dalam edisi khusus besok. Kapan itu waktunya..? tunggu aja yang sabar yah.. sesabar kalian dalam menunggu angkot dikala jam sibuk. *halah… opoan sih..* 😀 Soto kadipiro yang terakhir ini bernama Soto Kadipiro Baru. Soto kadipiro yang mungkin benar-benar baru. Tapi apa barunya saya juga ga tau.. hahahaha..

SOTO-KADIPIRO-BARU-6

SOTO-KADIPIRO-BARU-5

Soto ini letaknya ada ditengah di antara ketiga soto kadipiro yang berjejer di jalan wates. Walaupun lokasinya ada di tengah tapi soto ini tidak pernah luput dari pandangan para pelanggan setianya. Selama beberapa hari saya meliput, saya melihat ada keunikan dari gerak gerik tukang parkir dari masing-masing kedai soto. Ketika beberapa mobil berhenti di depan kedai soto, mereka dengan sigapnya mengarahkan dan memberi sinyal agar mobil-mobil tersebut mampir ke kedai yang mereka pawangi. Unik sekaligus menarik. Tukang parkir aja bisa jadi pemasar yang baik.. salut.. Josss..

SOTO-KADIPIRO-BARU-4

SOTO-KADIPIRO-BARU-1

Kedai ini menurut pengamatan saya adalah sebuah rumah yang disulap menjadi kedai Soto. Karena arsitekturnya lebih mirip rumah ketimbang warung soto. Ada beberapa ruangan yang dijadikan tempat santap dan tersekat-sekat, mirip ketika kita masuk kedalam ruangan sebuah rumah. Kedai ini terbagi menjadi tiga bagian ruangan. Ruangan utama atau yang paling kiri menurut saya adalah ruangan yang paling luas. Kemudian ada ruangan tengah yang lebih sempit. Dan ruangan paling kanan yang lumayan lebar dengan meja-meja besar dan panjang yang cocok untuk santap bersama keluarga.

SOTO-KADIPIRO-BARU-2

SOTO-KADIPIRO-BARU-3

Ketika melihat menu yang disajikan, saya melihat ada dua menu yang tidak ada di dua kedai soto kadpiro lainnya. Menu itu adalah soto sulung dan soto babat. Tapi menu signature dari soto kadipiro tetap masih jadi idaman di kedai soto ini. Selain menu soto, kedai ini juga menyajikan minuman jus, minuman tradisional dan beberapa menu makanan pendamping. Dan kedai Soto Kadipiro Baru menurut saya adalah kedai soto kadipiro yang punya menu pendamping paling banyak ketimbang dua kedai soto rivalnya.

SOTO-KADIPIRO-BARU-7

SOTO-KADIPIRO-BARU-8

Sore menjelang malam itu saya memesan dua jenis soto sekaligus. Yang pertama adalah Soto Ayam. Dan yang kedua adalah Soto Daging yang kesemuanya adalah soto campur. Alias sotonya dicampur dengan nasi sekaligus. Karena petang itu pengunjungnya cukup banyak. Saya butuh waktu agak sedikit lama untuk bisa mencicipi soto pesanan saya. *wis ngelih akut kie..* Tapi ketika pesanan itu datang, rasa lapar itu langsung terobati dengan aroma soto yang menurut saya cukup yahut di hidung.

SOTO-KADIPIRO-BARU-11

SOTO-KADIPIRO-BARU-9

Rempah soto ayam ini menurut lidah saya lebih nendang dari kedua kedai soto kadipiro yang lain. Hampir seperti bukan soto kadipiro yang saya kenal. Tapi saya suka dengan soto ini.. Suka sekali.. *enak tenan.. pingin nambah akeh.. 😀* Sedangkan untuk Soto Sapinya punya kuah yang hampir mirip dengan kuah soto sulung tapi lebih pekat dan kuat rempahnya. Mungkin untuk soto daging, sulung dan babat menggunakan kuah yang sama. Baik soto ayam maupun soto dagingnya sama-sama punya taste rempah yang kuat. Enak tenan.. mantep.. Karena penasaran, saya coba menggabungkan kedua kuah soto ini. Dan hasilnya.. maknyus mas bro.. benar-benar mantab nih.. I like this soto alot.. yiihaaaaa..

SOTO-KADIPIRO-BARU-12

SOTO-KADIPIRO-BARU-10

Mungkin Soto Kadipiro Baru melakukan sedikit eksperimen dan fusion pada sotonya, tapi menurut saya soto yang dihasilkan memang benar-benar enak dan layak untuk kalian jadikan referensi soto di Jogja. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Kadipiro Baru
Jl. Wates KM 1 No. 46 Kadipiro
Yogyakarta
Telp. 0274 373975 / 0813 2870 2054

Opening Hours
07:00 – 21:00 WIB

Price
Soto Ayam (13k)
Soto Daging Tanpa Nasi (13k)
Soto Sulung Tanpa Nasi (13k)
Soto Babat Tanpa Nasi (13k)
Soto Campur Daging / Sulung / Babat (15k)
Es Jeruk Nipis (8k)
Es Teh (3k)

MAP