Edisi soto-sotoan lagi ya.. semoga ga bosen sama soto. Ga tau nih lagi suka makan soto. Makanan berkuah yang pas disantap di segala suasana. Beberapa artikel kedepan juga akan saya share beberapa tempat soto yang bisa kalian kunjungi. Edisi soto kali ini saya ingin mencoba soto yang khas dari Makasar dan banjar. Apalagi kalau bukan coto makassar dan soto banjar. Dan warung yang menjadi korban saya kali ini adalah Tenda Macora yang menyajikan kedua jenis menu ini sekaligus.

SOTO-BANJAR-5

SOTO-BANJAR-4

SOTO-BANJAR-3

Lokasi warung ini ada di jalan sultan agung. Berada di depan asrama mahasiswa Sulawesi Selatan. Warungnya kecil dan tidak terlalu besar. Berada persis  di samping halte bis transjakarta sultan agung. Warung tenda ini didominasi oleh warna merah, hijau dan aksen kayu jati belanda. Menggunakan tenda sederhana, warung ini menyajikan berbagai macam aneka menu khas makasar seperti es pisang ijo, es palu butung, coto makassar dan soto banjar.

SOTO-BANJAR-6

SOTO-BANJAR-1

SOTO-BANJAR-2

Maafkan saya apabila gambar yang saya ambil agak sedikit gelap, karena saya berkunjung ke warung ini di saat matahari mulai tenggelam. Ini yang saya suka dari warung ini, karena mereka buka dari pagi hingga malam hari. Untuk memuaskan nafsu makan saya malam itu saya memesan beberapa menu sekaligus. Coto Makassar, Soto Banjar dan Es Pallu Butung menjadi target saya malam itu. Sayang saya tidak bisa mencicipi menu es pisang ijonya. Yah begitulah.. apalagi kalau tidak kehabisan.. Tapi tak apalah.. mari kita mulai dengan menu pertama kita.

SOTO-BANJAR-11

SOTO-BANJAR-8

Coto Makassar di tempat ini disajikan dengan mangkok yang tidak terlalu besar. Dan jangan kaget kalau kalian hanya disuguhi satu mangkok coto saja. Karena ketupat dan buras disajikan tersendiri sebagai teman makan dan bukan include di dalam mangkok soto kalian. Kuah dari coto ini cukup tebal dan kental. Terasa rempah yang cukup menggoda di mulut. Lidah saya mengatakan kalau rasa dari soto ini enak dan segar. Dagingnya juga empuk. Mantab lah pokoke.. Next saya punya Soto Banjar. Dibandingkan dengan coto makassar yang tadi saya cicipi sebelumnya. Soto banjar ini lebih ringan dan lebih bening.

SOTO-BANJAR-10

SOTO-BANJAR-7

Walaupun demikian rasa dari soto banjar ini juga cukup unik di mulut. Saya dulu pernah merasakan soto banjar sebelumnya, dan soto banjar di warung tenda macora sedikit berbeda dari soto banjar yang dulu pernah saya rasakan. Boleh lah.. walau saya lebih prefer coto makasarnya. Terakhir saya punya Es Pallu Butung. Es ini sebenarnya mirip es pisang ijo, tapi entah kenapa, menu ini disajikan dengan nama yang berbeda, walaupun rasanya agak sedikit sama. Yang beda cuma ga ada ijo-ijonya aja. *menurut saya lho ya*

SOTO-BANJAR-12

SOTO-BANJAR-9

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Coto Makassar Tenda Macora
Jl. Sultan Agung No. 18 Yogyakarta
Telp : 0812 2779 9780 / 0896 2607 6469
Instagram @tendamacora

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB

Price
Coto Makassar (12k)
Soto Banjar (12k)
Es Pallu Butung (7k)

MAP