Perkenalan saya dengan tempat makan ini adalah ketika teman sekantor membawakan kotak makan yang bertuliskan Bandeng Bakar Juwana. Hah.. Bandeng..?! *Dodit Mulyanto style* Emang ada ya warung khusus bandeng di Jogja..? Dan ternyata memang benar adanya. Resto ini terletak di Jalan Magelang sebelum perempatan selokan mataram. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau oleh siapapun.

BANDENG-BAKAR-JUWANA-4

BANDENG-BAKAR-JUWANA-3

Segala sesuatu di resto ini memang serba bandeng. Hampir semua masakannya berbahan dasar ikan bandeng. Ada bandeng bakar, crispy, bledeg, pepes, garang asem, lombok ijo, bakso, tahu dan otak-otak bandeng. Ada juga aneka menu tambahan seperti ayam kampung, sayur asem dan tempe goreng. Keberadaan resto ini sebenarnya sudah cukup lama. Tapi saya baru sempat untuk mendatanginya langsung.

BANDENG-BAKAR-JUWANA-2

BANDENG-BAKAR-JUWANA-1

Kalau dari yang saya lihat di beberapa referensi kuliner Jogja, sepertinya interior resto ini mengalami perubahan yang cukup besar. Warna yang ada sekarang lebih dominan warna coklat dan kuning. Resto ini juga membagi ruangannya menjadi dua bagian, ada ruangan yang ber AC dan yang tidak. Dan ternyata tidak seperti dugaan saya sebelumnya, ternyata resto bandeng ini tidak cukup besar, tapi ditata cukup apik dan fungsional.

BANDENG-BAKAR-JUWANA-10

BANDENG-BAKAR-JUWANA-7

Malam itu saya memesan beberapa menu sekaligus. Menu yang saya pesan adalah Bandeng Crispy, Bandeng Lombok Ijo, Otak-otak Bandeng dan Sayur Asem. *akeh ya.. haha..* Sedangkan untuk minumannya saya pesan Es Carica dan Es Degan. Dari yang saya baca di menu, mereka mengklaim bahwa bandeng yang disajikan adalah bandeng segar dan bebas duri. Untuk Porsi bandeng crsipynya memang cukup besar dan banyak, cukup lah bikin perut kenyang di malam hari. Rasanya pas dan disajikan dengan sambal terasi matang.

BANDENG-BAKAR-JUWANA-11

BANDENG-BAKAR-JUWANA-8

Sedangkan untuk Bandeng Lombok Ijonya kurang pedes menurut saya, tapi kuahnya enak karena agak seidkit asin-asin gimana gitu. Nah yang juara malah otak-otak dan sayur asemnya. Otak-otaknya lembut dan sedap, apalagi kalau di cocol dengan saus kacangnya.. makin terasa sedapnya. Yummy lah pokoke.. Sedangkan sayur asamnya mantab karena asamnya pas dan sepertinya mereka menambahkan semacam remukan kacang kedalam kuah sayur asam ini, menambah citarasa dari sayur asam itu sendiri.

BANDENG-BAKAR-JUWANA-9

BANDENG-BAKAR-JUWANA-6

BANDENG-BAKAR-JUWANA-5

Saya suka dengan menu bandeng crispi dan bandeng bakar yang dulu saya pernah rasakan ketimbang bandeng sambel ijonya. Dan jempol saya acungkan untuk menu sayur asem dan otak-otak bandeng.. layak untuk dicoba. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Bandeng Bakar Juwana
Jl. Magelang KM 5 No. 119
Yogyakarta
Telp. 0274 653 2011

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB

Price
Bandeng Crispy (18k)
Bandeng Lombok Ijo (19,5k)
Otak-Otak Bandeng (14k)
Sayur Asem (6,5k)
Nasi Putih (3k)
Es Carica (10k)
Es Degan (8k)

MAP