Di jogja menu ini punya beberapa julukan, walau mungkin agak sedikit berbeda, tapi pada dasarnya menu ini punya kesamaan satu sama lain. Ada yang menyebutnya dengan tahu guling, dan ada juga yang menyebutnya dengan kupat tahu. Berbahan dasar sama-sama tahu, orang Jogja kini lebih mengenal kupat tahu yang konon lebih familiar berasal dari kabupatan Magelang, walau saya belum tahu pasti asal-muasal kupat tahu itu sendiri. Tapi makanan manis ini berhasil membuat saya jatuh hati.

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-1

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-2

Kupat Tahu Pak Budi Kidul SGMlah yang telah berhasil membuat saya meleleh. Kupat tahu ini cukup jadul, konon katanya pak Budi sudah menjajakan menu kupat tahu ini sejak tahun 1957 disaat beliau berumur dua puluh tahunan. *aje gileee.. jadul abis bro..* menempati lokasi yang sama, pak budi memulai usahanya dari kedai sederhana hingga kedai semi modern seperti sekarang ini. Walau jaman semakin modern, pak Budi tetap memelihara kesederhanaan dari warung yang beliau kelola.

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-3

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-4

Disaat musim liburan seperti sekarang ini, Kupat Tahu Pak Budi tidak pernah sepi pengunjung, bahkan untuk sobat yang membawa kendaraan roda empat, dijamin bakalan kerepotan saat memarkir mobil kalian. Dan jangan kaget kalau harus mengantri dengan para pelanggan lain yang kangen dengan tahu lembut olahan pak Budi ini. Dengan porsi yang cukup dan harga yang lumayan murah, pak Budi tetap memelihara citarasa dari kupat tahunya.

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-5

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-6

Racikan ketupat, potongan tempe bacem, tahu, irisan kubis, toge, irisan daun jeruk dan kuah manis-manis asem yang saya kenal dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah. Tahunya ga digoreng lho, kalian akan merasakan kelembutan dan hangatnya tahu begitu menu ini disajikan. Kalau sobat eaters suka dengan rasa yang lebih pedas, sang pelayan akan menanyakan tingkat kepedasan yang kalian inginkan dan langsung menguleknya didalam piring saji sobat eaters masing-masing. Dan menurut saya semakin pedas akan semakin mantab. *huh.. hah…*

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-7

KUPAT-TAHU-PAK-BUDI-8

Warung kupat tahu legendaris yang wajib masuk dalam daftar kuliner sobat eaters di Jogja. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Kupat Tahu Pak Budi Kidul SGM
Jl. Veteran (Selatan Pabrik susu SGM)
Yogyakarta
Telp.-

Opening Hours
09:00 – Habis

Price
Kupat Tahu (10k)
Es Dawet (3k)

MAP