Kali ini eatjogja dapet teman baru yang unik lucu dan menggemaskan. *ngakak tur bingung opone sing lucu..* Yang unik dari kunjungan saya malam itu adalah menu makanannya yang lain daripada yang lain. Yang lucu adalah karakter si empunya warung. Dan yang menggemaskan adalah menu yang bikin merem melek, saking gemesnya pingin berhenti tapi ga bisa.. hahaha.. Sebenarnya warung ini punya usaha di daerah Kopeng Jawa tengah, tapi karena baru di renovasi, sementara ini mereka buka di Jogja dan berencana untuk menetapkan bisnis kuliner yang ada di Jogja.

WAROENG-OMAH-LONDHO-1WAROENG-OMAH-LONDHO-2

Nama warung ini adalah Waroeng Omah Londho. Sebenarnya nama warung ini diambil dari rumah Belanda yang mereka gunakan ketika ada di kopeng. Rumah tua dengan arsitektur belanda mereka gunakan sebagai lokasi menjajakan menu kulier yang menurut saya rada unik ketika kita berwisata di pegunungan. *penasaran sama warung yang ada di kopeng, semoga kapan-kapan bisa mampir* Menu snack dan cemilan khas anak nongkrong lebih mendominasi warung yang ada di kopeng, tapi sebenarnya mereka punya menu khusus dan unik yang bisa sobat eaters coba.

WAROENG-OMAH-LONDHO-3WAROENG-OMAH-LONDHO-16

Menu itu adalah Sego Setan dan Mie Kimchi. Kalau setan mungkin masih bisa kita temui di pegunungan tinggi macam Kopeng, tapi Kimchi..?! ini yang saya tidak habis pikir, naik apa kimchi khas Korea bisa sampe ke daerah kopeng.. hehehe.. Mungkin nasib yang membawanya sampai ke gunung tinggi. *masih geleng-geleng* Menempati salah satu stand di area Resto PKL mrican Waroeng Omah Londho ingin mengenalkan menu unik mereka ke sobat eaters yang ada di jogja. Selain setan dan kimchi tadi, Waroeng Omah Londho punya menu yang lain macam nasi goreng kimchi, mie setan, sego godhog, mie jowo, nasi goreng aneka isi dan soto bathok.

WAROENG-OMAH-LONDHO-17WAROENG-OMAH-LONDHO-8

Waroeng Omah Londho ini menempati stand yang paling pojok kanan di depan Ayam geprek bu rum. Mereka menempati lokasi ini karena belum menemukan tempat permanen yang pas dan sreg untuk Waroeng Omah Londho Jogja. Resto PKL Mrican ini semacam food court ala mahasiswa. Dengan berbagai macam stand makanan dan tentunya harga mahasiswa. Katanya.. kalau harga yang dipatok terlalu tinggi mahasiswa yang datang kadang tidak mau beli. Begitu cerita yang saya dapat dari si empunya warung. Inilah tantangan terberat teman-teman di Resto PKL Mrican. Selain enak, makanan di sini juga harus murah. *semangatttt..!!*

WAROENG-OMAH-LONDHO-4WAROENG-OMAH-LONDHO-7

Malam itu saya sempat menjajal beberapa menu makanan dan minuman di Waroeng Omah Londho. Percobaan saya yang pertama adalah Sego Setan. Nasi ini sebenarnya adalah nasi goreng pedas, tapi Waroeng Omah Londho menamai menu ini sego setan karena tingkap kepedasan yang luar biasa pedas. Bukan cabai rawit atau cabai merah biasa yang mereka gunakan, tapi jus cabai yang bisa kalian bayangkan sendiri betapa pedasnya. Saya lebih suka menyebutnya dengan pasta cabai. Pasta cabai yang digunakan di dalam menu nasi goreng saya ini cuma dua sendok teh saja, tapi pedesnya ngalah-ngalahin bu RT kalau lagi ngamuk. Pedes Gilaaaa.. Ekses pedesnya juga masih saya rasakan hingga keesokan harinya. *edan tenan kie pedese..*

WAROENG-OMAH-LONDHO-12WAROENG-OMAH-LONDHO-15

Walau begitu, masih saja ada beberapa orang yang menyebut kalau nasi goreng setan ini kurang pedas. Bahkan mereka minta nambah beberapa sendok lagi pasta cabainya. *gendeng nih orang* Kalau saya sih sudah angkat tangan dan kibar bendera putih. Isian dari Sego Setan ini cukup lengkap, ada irisan ayam, kubis, telur dan di atasnya ada taburan bawang goreng. Selain itu, sego setan ini juga dilengkap dengan  telor ceplok, kerupuk udang, acar mentimun dan dua iris tomat merah segar. Rasa yang bisa saya rasakan di lidah hanya pedas, pedas dan pedassssss..!! Jooossssss…!!

WAROENG-OMAH-LONDHO-5WAROENG-OMAH-LONDHO-6

Percobaan saya selanjutnya adalah Mie Kimchi. Dari sisi penampilan dan penampakan, mie kimchi ini sebenarnya lebih mirip bakmi kuah yang disajikan dengan batok kelapa. Porsinya juga cukup besar untuk ukuran mie. Dan mie yang mereka gunakan adalah mie telor bukan mie instan seperti kebanyakan menu aneh jaman sekarang. Racikan mie jawa dengan perpaduan kimchi ini memang awalnya rada aneh di lidah saya. Ada rasa asam yang begitu kuat disetiap sendoknya. Rasa kimchi ini hampir 90% menguasai seluruh rasa dari Mie Kimchi ini.

WAROENG-OMAH-LONDHO-11WAROENG-OMAH-LONDHO-14

Walaupun aneh, saya masih bisa merasakan kenikmatan dari mie Kimchi ini. Rasa menu ini untuk orang kebanyakan mungkin akan terasa aneh, tapi untuk teman-teman yang menyukai masakan korea dan jepang akan lebih suka dengan makanan sejenis ini. Mungkin ini hal baru buat saya, tapi layak untuk sobat eaters cicipi. kalau kalian penyuka kuliner, kalian harus berani mencoba aneka jenis makanan dengan rasa dan keunikannya masing-masing.

WAROENG-OMAH-LONDHO-13Terakhir saya punya Rainbow Ice, Cocoa Ice dan Wedang Jahe. Untuk wedang jahe memang sangat cocok diminum ketika kalian habis makan makanan pedas. Karena minuman panas dipercaya mampu sedikit mengurangi rasa pedas di rongga mulut. Untuk Cocoa icenya mereka masih mencari padu padan coklat yang sesuai, tapi dari yang saya rasakan malam itu, rasa coklat dan susunya cukup berimbang dan cukup mantap di lidah. Sedangkan minuman andalan mereka yang bernama Rainbow ice sedikit lebih unggul dari semua, Di dalam setiap gelasnya ada aneka macam jeli dengan rasa dan warna yang berbeda, ditunjang juga dengan rasa dari soda dingin yang menggoda di mulut. WAROENG-OMAH-LONDHO-10

Secara keseluruhan saya suka dengan masakan dan minuman yang ada di Waroeng Omah Londho. Makanannya unik dan beragam, serta harganya yang tidak bakal bikin kantong kalian bolong. Sekali-kali mencoba makanan unik dari tempat yang unik juga. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Waroeng Omah Londho
Resto PKL Mrican
Jl. Pringgodani, Depok, Sleman,
Yogyakarta
Komplek Wisata Kopeng,
Lereng Merbabu
Salatiga
Telp. 0812 2545 8334 / 0857 2751 6006
Facebook : OmahLondho
Instagram : @OmahLondho

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB
Minggu dan Hari Besar Libur

Price
Sego Setan (10k)
Mie Kimchi (10k)
Rainbow Ice (6k)
Cocoa Ice (10k)
Wedang Jahe Anget (3k)

MAP