Siapa diantara sobat eaters yang belum pernah mencicipi sate klathak..? kalau ada diantara kalian yang belum pernah mencicipi salah satu menu sate kambing yang satu ini wajib kudu mencobanya dengan segera. Kenapa..? karena sate klathak merupakan salah satu menu khas Jogja selain bakmi jawa, gudeg dan bakpia. Jadi orang Jogja atau yang sudah tinggal di Jogja wajib kudu nyobain menu yang satu ini. Salah satu penyaji menu sate klathak adalah Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-7

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-6

Untuk sobat eaters yang berada di kawasan utara Jogja memang agak sedikit susah kalau ingin mencicipi sate klathak, selain harus jauh menelusuri Jogja hingga ke daerah selatan. Sate klathak yang konon banyak orang berkata enak memang hanya ada di kawasan jalan Imogiri Timur. Yang notabene jauh dari kawasan utara Jogja. Tapi sekarang ada alternatif pilihan lain, karena ada warung sate yang katanya khas Jejeran Bantul buka di daerah Nologaten Sleman bernama Sate Klathak Pak Jede.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-5

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-4

Warung sate ini berada di daerah utara Ambarukmo Plaza. Kalau sobat sering berkunjung ke Outlet Biru atau Kampung wisata kuliner Pringwulung, kalian akan dengan sangat mudah menemukan warung ini. Karena lokasinya ada di selatan OB atau agak sedikit menyerong di depan Warung Makan Selaras. Selain lokasinya yang strategis, warung ini juga punya tempat parkir yang cukup besar dan area warung makan yang cukup luas. Luas warung ini ternyata membuat efek nyaman dan tidak pengap selama kalian menyantap menu kambing yang sobat eaters suka.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-3

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-2

Warung ini buka dari siang hingga malam hari. Buat makan siang oke, buat makan malam juga sedap. Dapur masak mereka ada di bagian paling depan warung ini. Seekor kambing yang sudah dikuliti bisa kalian temukan menggantung di depan warung ini. Jadi jangan khawatir bakalan kehabisan daging kambingnya. Meja dan kursi yang meraka sediakan kesemuanya terbuat dari bambu. Mungkin hanya sedikit saja yang terbuat dari kayu. Tapi apabila kalian ingin duduk lesehan, warung Sate Klathak Pak Jede juga menyediakan area khusus lesehan.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-8

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-9

Menu yang ada di warung ini hampir tidak jauh beda dengan beberapa warung sate klathak yang lain. Ada sate kambing, tongseng, kicik, nasi goreng kambing, tengkleng, gule balungan, gule daging dan gule jeroan. Mungkin hanya kicik yang agak sedikit spesial di warung Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran. Karena tidak semua warung punya menu yang satu ini. Kicik kambing ini lebih mirip tongseng tapi dengan sedikit kuah, bahkan mungkin tidak ada kuahnya sama sekali. Lebih kental dan padat seperti semur. Penasaran..? silahkan coba sendiri.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-11

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-13

Sore menjelang malam itu saya mencoba mencicipi dua menu yang ada di warung Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran. Menu yang saya pesan adalah Sate Klathak dan Tongseng. Mari kita ulas satu persatu mulai dari sate klathaknya. Sate klathak dari warung ini disajikan sama persis seperti khasnya sate klathak yaitu menggunakan jeruji sepeda. Untuk kalian yang punya perut gentong, satu porsi sate klathak biasanya akan terasa kurang. Karena dalam satu porsi sate klathak ini hanya ada dua tusuk sate saja. *nak kurang pesen meneh wae yo* Rasa sate klathak ini enak dan mantab. Dagingnya tidak amis dan lembut. Mereka memilih umur daging yang tepat untuk satenya. Jossss…

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-12

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-14

Next saya icip Tongseng. Porsi tongseng di warung ini menurut saya cukup imut. Kuahnya lebih mendominasi ketimbang isiannya. Hal itu terlihat begitu saya terima tongseng di meja saya. Kuahnya menutupi hampir semua dagingnya. Kuah tongseng ini terasa tidak begitu manis. Rasa rempahnya juga pas. Dagingnya juga sama empuknya seperti sate klathak tadi. Dan yang pasti baunya tidak amis. Porsi yang cukup pas untuk sobat yang memang menjaga pola makan. Terakhir saya pesan Es Jeruk dan Teh Manis Panas. Yang saya suka dari teh di tempat ini adalah penggunaan gula batu sebagai pemanisnya, alih-alih menggunakan gula pasir seperti warung pada umumnya. Mungkin lain kali saya akan mampir lagi untuk mencoba kicik dan tengkleng di warung ini.

SATE-KLATAK-PAK-JEDE-JEJERAN-10

Sepintas saya melihat ada poster besar yang menunjukkan kalau pak Bondan pernah berkunjung ke warung ini. Well saya memang tidak tahu apa pendapat pak Bondan yang sebenarnya, tapi silahkan buktikan sendiri ya.. 🙂 Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran
Jl. Nologaten No. 46 Depok, Sleman
Yogyakarta
Telp. 081 22888 5577 / 0822 4343 4455

Opening Hours
11:00 – 23:00 WIB

Price
Sate Klathak (20k)
Tongseng (20k)
Nasi Putih (3k)
Teh Panas (4k)
Es Jeruk (4k)

MAP