Siapa sih yang ga kenal dengan ketan susu. Makanan yang sekarang menjadi hits setelah kue cubit, es pot dan martabak manis premium yang harganya selangit. Siapa sangka kalau dulu sebelum semuanya menjadi booming ada satu kedai yang menyajikan ketan susu sejak tahun 2011. Kedai ini dahulu bernama Tansu Jogja, lokasinya kalau sobat eaters masih ingat berada di depan mail box gejayan. Dulu kedai ini masih sangat sederhana dengan gerobaknya. Setelah beberapa saat kedai ini memutuskan untuk menutup lapaknya. Atas desakan para penggemarnya, mereka memutuskan untuk membangkitkan kembali ketan susu yang telah lama tertidur pulas dengan nama dan konsep yang baru.

TANSU-KITCHEN-2TANSU-KITCHEN-1

Kedai itu kini bernama Tansu Kitchen. Sebuah tempat yang bakal memanjakan sobat eaters dengan makanan lezat berbahan dasar ketan. Lokasinya berada di dalam sebuah ruko dua lantai di jalan Prof Dr. Sardjito. Bersebelahan dengan O’jack dan sebelah selatan sebelum Apotek UGM. Gerai yang Tansu Kitchen kini tempati lebih mirip sebuah rumah nongkrong atau kafe. Tempatnya asik dan sangat nyakan untuk makan ketan susu hingga berjam-jam lamanya. Antara lantai atas dan lantai bawah tidak begitu banyak perbedaan. Selain smoking area yang mereka tempatkan di lantai dua.

TANSU-KITCHEN-3TANSU-KITCHEN-4

Meja dan kursi yang mereka gunakan cukup ngejreng dan bernuansa kayu jati belanda yang cukup kental. Selain kayu jati belanda yang menjadi poin of interest, Tansu Kitchen juga menyajikan berbagai macam mural yang unik dan kece-kece buat sobat eaters berselfie ria di kedai ini. Penataan interior yang cukup simple tapi memberikan kesan yang apik dan lapang. Saya bisa jamin kalian tidak akan bosan jika datang ke tempat ini. Pelayan yang ramah didukung dengan interior kedai yang unik serta makanan yang menggugah selera makan. Kombinasi yang sempurna untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman, pacar, keluarga, atau orang terkasih.

TANSU-KITCHEN-5TANSU-KITCHEN-6

Tansu Kitchen menyajikan aneka macam menu yang bisa sobat eaters pilih. Ada ketan susu biasa, dengan rasa strawberry, blueberry, greentea, caramel, durian, cokelat dan keju. Hampir sama dengan kedai pencuci mulut yang kekinian, Tansu Kitchen juga menyajikan menu ketan susu premium dengan rasa mahal macam nuttela, kitkat greentea, ovomaltine, skippy, silverqueen, oreo, milo dan toblerone. Semua menu ketan susu bisa sobat eaters tambah dengan aneka macam toping. Kalau bosen dengan toping yang itu-itu saja, Tansu Kitchen juga menyediakan toping ice cream strawberry, vanilla, coklat, durian.

TANSU-KITCHEN-7TANSU-KITCHEN-8

Selain ketan susu, Tansu Kitchen juga punya menu ketan bakar dengan rasa sapi, ayam, rendang, kari, bolognaise, tuna dan sumsum. Eh ada yang tradisional juga lho di Tansu Kitchen, ketan kelapa parut gula merah dan ketan kelapa parut susu mantep to… Biar teman nongkrong kalian semakin hot ada Waffle dengan rasa greentea, coklat, redvelvet dan taro yang siap memanjakan lidah sobat. Ada apa lagi..? masih banyak aneka pilihan appetizer macam springroll risol, crispy tofu, french fries, beef sousage dan banana fritters. Makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng, pempek palembang, spaghetti, nasi bakar, sandwich dan beef burger juga ada. untuk minumannya ada aneka juice, ice blended, kopi dan teh baik panas maupun dingin.

TANSU-KITCHEN-14TANSU-KITCHEN-15

Malam itu saya coba icip-icip beberapa menu andalan di Tansu Kitchen. Menu pertama yang berhasil saya cicipi adalah Ketan Susu Kitkat Greentea dengan toping Ice Cream Vanilla. Kesan pertama yang saya dapat dari menu ini adalah penampilannya yang ciamik. Penataannya cukup menggugah selera saya untuk menyikatnya. Dengan porsi yang cukup besar, ketan susu ini ditata dalam sebuah piring bundar dengan urutan susu, ketan, taburan kitkat greentea dan kemudian dipaling atas ada ice cream vanilla. Untuk rasanya saya tidak bisa banyak berkomentar. Mulut dan lidah saya yang lebih banyak berkomentar. Komentarnya adalah habis dalam sesaat.. yummmyyyy… 🙂

TANSU-KITCHEN-12TANSU-KITCHEN-16

Lanjut dengan menu kedua saya yang bernama Ketan Bakar Sapi. Ketan ini penyajiaannya juga spesial seperti hotel berbintang. Ketan bakar yang sepintas mirip lemper gelonggongan ini ditata apik diatas sebuah piring bundar dengan saus kacang yang di cipratkan disampingnya. Saya surprise juga, ternyata ketan bakar semacam ini bisa akur dengan sambal kacang yang menurut saya rasanya hampir menyerupai sambal pecel khas madiun. Tapi sayang rasanya kurang pedas. Mungkin jika lebih pedas akan lebih nendang rasanya. Tapi secara keseluruhan menu ini sama spesialnya dengan menu pertama saya. Great Job for Tansu Kitchen.

TANSU-KITCHEN-17

Sebagai penutup menu saya malam itu saya pesan Cheezzy Monster. Minuman berbahan dasar susu ini disajikan dengan full campuran keju yang sangat banyak. Walaupun banyak mencampurkan keju kedalamnya, minuman ini tetap terasa seimbang dan enak di mulut. Pas sekali untuk menutup pesta ketan susu saya di Tansu Kitchen. Kalau sobat eaters butuh tempat nongkrong yang asik buat makan ketan susu dengan harga yang masih terjangkau silahkan mampir dan buktikan sendiri kelezatan menu ketan susu di Tansu Kitchen. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada sobat eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Tansu Kitchen
Jl. Prof. Dr. Sardjito No.14.
(Selatan Apotek UGM, Utara O’Jack)
Yogyakarta
Telp. 0274 2920469
Instagram @tansukitchen

Opening Hours
10:00 – 23:00 WIB

Price
Ketan Susu Kitkat Green Tea + Vanilla Ice Cream (25k)
Ketan Bakar Sapi (15k)
Cheezzy Monster (24k)

MAP