Lesehan yang saya kunjungi ini dulunya berbentuk setengah resto. *piye kuwi bentuke* Maksud saya, lesehan ini dulunya menempati sebuah kedai atau tempat yang cukup besar. Entah kenapa sekarang berpindah tempat menjadi warung lesehan. Walau lokasinya masih berada di area yang sama tapi bentuknya sedikit berubah ketimbang dulu. Kedai atau lokasi yang mereka gunakan dulu kini berubah menjadi warung spesial sambal. Dan lesehan ini berada di sampingnya di depan bengkel motor Honda.

LESEHAN-MAS-EKO-10

LESEHAN-MAS-EKO-4

Nama lesehan ini adalah Lesehan Mas Eko. Dulu penggemarnya cukup banyak, *termasuk saya* tapi sekarang sepertinya sudah tidak seramai dulu. Karena di sepanjang daerah ini ada dua warung seafood lain yang siap bersaing. Salah satunya adalah Seafood Pak Timbul. Dan warung seafood yang satunya akan saya bahas di lain kesempatan. 😀 Lesehan Mas Eko ini berada di jalan Mayjend Sutoyo atau di daerah seputaran jokteng wetan hingga perempatan plengkung gading.

LESEHAN-MAS-EKO-9

LESEHAN-MAS-EKO-5

Walau menempati emperan jalan, area dari Lesehan Mas Eko ini cukup luas dan cukup terang benderang. Untuk menemukannya cukup mudah, karena lampunya yang cukup terang dan mencolok jika dilihat dari jalan. Atau ancer-ancer paling gampang adalah disamping warung spesial sambal. *iki wis paling bener* Hampir sama seperti warung lesehan kebanyakan, Lesehan Mas Eko juga menyajikan berbagai macam menu yang bisa kalian pilih. Mulai dari ayam kampung, ayam potong, bebek, burung dara, burung puyuh, rempelo ati, babat iso, kepala ayam, tahu tempe dan aneka nasi goreng.

LESEHAN-MAS-EKO-8

LESEHAN-MAS-EKO-7

Sedangkan untuk menu seafoodnya ada kepiting, cumi-cumi, udang, kerang, gurameh, bawal, kakap, nila, bandeng dan lele. Semua jenis seafood ini bisa kalian masak dengan aneka jenis masakan dan saos pilihan. Ada goreng, rebus, goreng tepung, goreng mentega, asam pedas, saus manis, saus tiram, lada hitam dan saos padang. Untuk sebuah warung lesehan, Lesehan Mas Eko ini punya menu yang beraneka ragam dan cukup komplit. Tapi ada satu hal yang harus kalian perhatikan jika berkunjung ke tempat ini. Semua menu yang mereka kasih tidak ada nominal harganya. Soo.. supaya ga ketipu dan beli kucing dalam karung, tanyakan dahulu semua harga menu yang kalian pesan ya.

LESEHAN-MAS-EKO-6

LESEHAN-MAS-EKO-12

Seperti pengalaman saya kemaren. Sebenarnya hasrat ini ingin mencicipi kepiting saos padang yang masih teringat jelas di memori saya kelezatannya, tapi setelah saya tanyakan berapa harga yang dibandrol untuk satu porsi kepiting, saya urungkan niat saya itu dan kembali ke menu seafood lainnya. *pitung puluh ewu mas bro.. hiks* Mungkin lain kali saya akan mencoba menu yang satu itu.

LESEHAN-MAS-EKO-1

LESEHAN-MAS-EKO-13

Malam itu saya memesan tiga jenis menu masakan. Ada Nasi Goreng Seafood, Kerang Rebus dan Cumi Saos Padang. Mari kita bahas satu persatu dari nasi gorengnya dulu. Nasi Goreng Seafood dari Lesehan Mas Eko ini punya porsi yang cukup besar. Ada taburan bawang goreng diatasnya pula. Penyajiannya ditemani oleh irisan kubis dan timun. Sepintas menu ini cukup menggoda untuk disantap, karena ada beberapa potongan cumi yang saya lihat. Tapi tenyata memang hanya cumi itu saja yang ada di dalamnya. Padalah saya berharap ada udang dan irisan ikan di dalam nasi goreng ini.

LESEHAN-MAS-EKO-3

LESEHAN-MAS-EKO-15

Untuk rasanya cukup asin dan kurang nendang sedikit. Ada bumbu yang kurang menurut lidah saya. Dan satu hal yang pasti, bau amis seafood masih sedikit tercium dari nasi goreng ini. Lanjut… kali ini saya icip Kerang Rebus. Porsi dari kerang rebus Lesehan Mas Eko ini cukup sedang untuk satu porsinya. Ukurang kerangnya juga tidak terlalu besar. Dan cocolan sambalnya juga bukan seperti yang saya inginkan, melainkan sambal terasi biasa dan beberapa lalapan yang biasa kalian temukan dalam pecel lele atau pecel ayam. *padahal pingin sambal nanas, nek ono mesti enak kie*

LESEHAN-MAS-EKO-2

LESEHAN-MAS-EKO-14

Menu yang terkhir saya punya adalah Cumi Saos Padang. Untuk ukuran porsinya saya rasa cukup pas di perut. Irisan cumi-cuminya juga lumayan. Tapi rasa saus padang yang saya ingat dulu rasanya tidak sepert ini. Ada rasa yang hilang sewaktu saya mencicipinya. Walau secara rasa sebenarnya tidak terlalu mengecewakan tapi tidak seperti dulu. Itu yang saya ingat jelas dari saus padangnya.

LESEHAN-MAS-EKO-11

Untuk menutup menu makan malam saya kali otu saya pesan segelas Jeruk Nipis Hangat yang kecut manis segar. Pas untuk menetralkan lidah saya dari beberapa menu seafood yang sudah saya pesan tadi. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Lesehan Mas Eko
Jl. Mayjend Sutoyo No. 56 Yogyakarta
Telp. –

Opening Hours
18:00 – Habis WIB

Price
Kerang Rebus (15k)
Nasi Goreng Seafood (15k)
Cumi Saos Padang (15k)
Nasi Putih (3k)
Jeruk Nipis Panas (3k)

MAP