Kalau urusan bakmi jawa, Jogja memang juaranya. Berbagai macam jenis warung bakmi jawa tersebar hingga ke pelosok desa. Setiap warung juga punya cerita dan legendanya masing-masing. Mulai dari mbah Mo, Mbah Geno, Pak Rebo, Mbah Warno dan simbah-simbah yang lain. *sing dodolan wis tuo kabeh* Ada juga yang membawa daerah asalnya sebagai media promosi yang cukup handal seperti warung yang saya temui ini. Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul merupakan warung bakmi yang menyajikan aneka masakan mie dengan citarasa yang katanya asli Gunung Kidul.

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-1

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-2

Sepengetahuan saya, sebelum menempati lokasi yang sekarang, warung ini berada di jalan Kusumanegara disamping bank BCA. Dulu warung ini tidak sebesar sekarang, cukup kecil tapi lumayan banyak pelanggannya. Mungkin setelah mempunyai cukup modal, warung ini sekarang berpindah ke sisi barat atau kulon taman makam pahlawan kusumanegara. Warung yang ada sekarang ini lebih besar dan lebih lapang. Cukup untuk menampung puluhan pengunjung sekaligus. Disaat jam makan malam warung ini cukup ramai pengunjung, mulai dari yang bawa sepeda hingga mobil mewah.

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-3

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-4

Sekarang warung ini juga menyajikan menu sate kambing dan teman-temannya. Semakin beragam saja menu yang disajikan oleh Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul. Warung Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul mempunyai tampilan sederhana dengan dua sisi tempat makan yang bisa kalian pilih. Ada area dalam yang didominasi meja dan kursi bambu panjang, dan area luar yang menggunakan meja dan kursi kayu yang sederhana. Sama seperti warung bakmi jawa yang lain, Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul ini juga memperihatkan gerobak bakmi yang lengkap dengan aksen ayam yang digantung, telor dan panci wadah kuah kaldu.

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-5

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-6

Selain sate kambing seperti yang saya sebutkan tadi. Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul juga menyediakan bakmi goreng campur, bihun goreng, kuning goreng, nasi goreng, bakmi godog campur, bihun godog, kuning godog, nasi godog, magelangan, rica-rica daging, rica-rica balungan dan capcay godog atau kuah. Sedangkan untuk lauk teman makan mereka punya ayam, puyuh, bebek, nila, lele, ampela ati, kepala, telur dadar dan tahu tempe. Silahkan sobat eaters pilih mana yang kalian sukai. *ojo nganti mumet yo*

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-7

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-8

Kalau biasanya saya mencicipi bakmi godog setiap saya berkunjung ke warung bakmi jawa, kali ini saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Magelangan dan Bakmi Goreng Campur menjadi pilihan saya malam itu. Untuk sobat eaters yang belum tau apa itu magelangan, saya akan jelaskan sedikit untuk kalian. Pada prinsipnya, menu ini adalah sebuah nasi goreng, tapi selain nasi, menu ini juga dicampur dengan mie kuning atau bihun. Dan dibeberapa tempat juga mencampurnya dengan sedikit sayuran atau aneka bakwan. *tergantung warunge*

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-9

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-12

Mari kita review menu pertama saya dulu, yaitu Magelangan. Kalau dilihat dari tekstur dan bentuk tampilannya, menu ini sangat menggugah selera. Ada taburan seledri dan bawang goreng di atas magelang ini. Nasinya juga terlihat lepas bulir-bulirnya, tidak menyatu dan terkesan tak begitu berminyak. Untuk rasanya lumayan dan pas gurih serta asinnya. Tapi saya merasakan ada yang kurang dari menu ini. Kurang nendang dikit nih. But overall okelah..

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-10

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-13

Menu kedua saya adalah Bakmi Goreng Campur. Kata campur disini adalah percampuran antara mie kuning dan bihun atau mie putih. Karena ada beberapa orang yang tidak suka dengan bihun dan sebaliknya. Sama seperti tampilan magelangan tadi, menu ini juga sangat mengoda, taburan bawang goreng dan seledrinya juga tidak mau kalah dengan menu magelangan tadi. Ada beberapa irisan daun kol yang cukup besar terlihat menyolok di menu ini. Mienya begitu mengkilat dan memberikan kesan sedikit berminyak but not too much.

BAKMI-JAWA-GUNUNGKIDUL-11

Untuk rasanya saya lebih suka mie gorengnya. Rasa manis, asin dan gurihnya pas. Enak sekali. Tingkat kekenyalan mienya juga pas. Porsinya juga oke untuk porsi satu orang dewasa. Good Job mas bro.. Mengakhiri santap malam saya kala itu, seperti biasanya saya memesan segelas Jeruk Panas. Minuman yang pas untuk menetralkan lidah ini dari rasa lengket, asin, dan manis yang terlalu berlebihan. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Bakmi Jawa Asli Gunung Kidul
Jl. Kusumanegara (Samping Makam Pahlawan)
Yogyakarta
Telp. 0878 3813 9911

Opening Hours
10:00 – 24:00 WIB

Price
Bakmi Goreng (12k)
Magelangan (12k)
Jeruk Panas (3k)

MAP