Sekali-sekali posting warung makan yang searah jalan pulang ke rumah. Biar kebagian rata menyeluruh seluruh pelosok Jogja terbagi adil. hehe.. *padahal bingung arep wisata kuliner nangdi* 😀 Warung ini sederhana dan terbilang ndeso. Tapi yang saya suka dari warung ini adalah ikan-ikannya yang masih segar. Ini terlihat dari aquarium yang cukup besar yang ada di depan warung ini. Nama warung ini adalah Kedai Ikan Bakar SMS. SMS disini adalah singkatan dari “Segar memang sehat”. Dari namanya aja sudah kelihatan kalau warung ini benar-benar menyajikan ikan bakar yang masih fresh langsung dari aquarium.

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-5

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-1

Warung ini memang berada di pinggiran kota Jogja yang jauh dari peradaban. Tapi peradaban di kawasan ini makin hari makin ramai saja. Ini didukung oleh kawasan kampus di sekitaran UMY. Kalau teman tahu warung Ayam geprek Mbok Moro. Nah warung ini berada ditak jauh dari kedai ayam geprek ini. Warung sederhana ini di dominasi oleh bangunan bambu. Dengan meja dan kursi yang sederhana. Selain meja dan kursi ada juga spot lesehan untuk kalian yang ingin lebih santai kaya dipantai. 😀

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-2

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-3

Ada berbagai menu yang bisa sobat eaters pilih. Ada ikan lele, nila, bawal, gurame, udang, telur, tempe, tahu dan jamur crispy. Untuk sayurnya ada sayur asem dan ca kangkung. Sedangkan untuk pilihan sambalnya cukup sederhana yaitu sambel sewot dan sambel tomat. Untuk kalian yang suka sambal dengan citarasa pedas saya sarankan untuk memilih sambal sewot. Sambal ini hampir mirip dengan sambal bawang tapi lebih kering. Kalau kalian datang beramai-ramai bersama keluarga, ada paket keluarga yang bisa dipilih. Untuk pelega tenggorokannya cukup sederhana dengan teh, jeruk dan coffemix yang bisa dipilih dengan iced atau hot.

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-7

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-10

Siang itu saya mencoba untuk mencicipi dua jenis ikan di warung ini. Ikan yang pertama adalah ikan sejuta umat yang biasa disantap oleh teman-teman mahasiswa, yaitu Lele Goreng dengan sambal sewot sebagai pilihan sambal saya. Lele di warung ini digoreng cukup garing sehingga kita bisa memakannya hingga bagian kepala dari lele ini. Untuk rasa dan ukurannya saya rasa cukup segar dan pas. Dibumbui dengan bumbu yang pas dan tidak asin. Tapi yang saya suka dari menu ini adalah sambelnya yang nampol abisss..

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-6

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-9

Berikutnya saya punya Nila Ungkeb. Sepintas menu ini hampir mirip dengan nila kuah kuning atau gule nila. Tapi setelah saya cicipi ternyata lebih mirip ke bumbu kuning. Rasanya ajib dan segar sekali. Kuahnya mantab dan daging nilanya masih segar. Karena memang langsung diambil dari aquarium yang ada di depan warung ini. Oh iya.. harga yang ada dibawah tidak mencerminkan harga tetap dari ikan nila ungkeb ini, karena kalian akan diberi harga sesuai dengan ukuran ikan yang ada. Semakin besar ikannya maka harganya juga akan semakin mahal. Tapi tenang.. tidak akan merusak kantong kalian kok.

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-8

KEDAI-IKAN-BAKAR-SMS-4

Warung sederhana dengan rasa yang luar biasa. Saya sarankan untuk mencoba nila ungkebnya. Dijamin tidak akan kecewa. Selamat mencoba sobat eaters. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Kedai Ikan Bakar SMS 2
Jl. Jl. Ridang Tamantirto, Kasihan, Bantul
Yogyakarta
Telp. –

Opening Hours
11:00 – 20:00 WIB

Price
Nila Ungkeb (10k)*
Lele Goreng (5k)
Nasi Putih (3k)
Sambal Sewot + Lalap (1k)
Es Teh (2k)

*Tergantung besar kecilnya ikan

MAP