Chinese food udah sering.. italian food juga udah.. jawa apalagi. Gimana kalau masakan vietnam..? Adakah diantara sobat eaters yang sudah pernah mencicipi menu masakan khas Vietnam..? Kalau belum boleh melipir dan mampir ke Indochine Bistro. Bistro yang memplokamirkan dirinya sebagai “The first Vietnamese restaurant in Jogja” ini memang baru berdiri beberapa minggu yang lalu. Walau terbilang baru, mereka punya menu masakan Vietnam yang cukup lengkap, mulai dari menu pembuka hingga menu penutup.

INDOCHINE-BISTRO-1

Bistro ini didirikan oleh duo serigala campuran jawa dan peranakan perancis. Pasangan yang sering melakukan traveling keliling dunia ini memutuskan untuk membuka sebuah bistro khas Vietnam dengan berbagai macam fusion food didalamnya. Karena si mbak asli Jogja, diputuskanlah kota ini sebagai persinggahan bistro mereka. Bistro sederhana yang terletak di daerah seturan ini berusaha menebarkan virus masakan vietnam kepada khalayak ramai di Jogja.

INDOCHINE-BISTRO-2

Untuk orang Jogja seperti saya, rasa masakan vietnam memang agak sedikit asing di lidah. Yang saya tahu dan pernah rasakan adalah Coffee drip dan mie yang dulu saya tahu bernama pho. Untuk jenis kopi semacam ini memang sudah sering orang temukan di beberapa resto atau kafe di Jogja. Tapi untuk pho.. saya rasa hampir tidak ada yang menyajikan menu masakan ini di Jogja. *mungkin saya salah* Terakhir saya mencicipi makanan ini sewaktu saya singgah ke ibu kota beberapa tahun yang lalu. *maklum biasane mangan nang angkringan*

INDOCHINE-BISTRO-10

Dari perbincangan saya dengan si mbak, sebut saja namanya Fani *eh..* menyajikan menu masakan vietnam memang gampang-gampang susah. Mulai dari condiment yang susah di cari hingga beberapa bahan pokok yang harus dicari hingga keluar masuk pasar dan supermarket yang ada di Jogja. Kebiasaan orang Vietnam menggunakan aneka jenis herbs memang membuat kendala tersendiri dalam menghadirkan masakan vietnam yang otentik ditanah jawa yang terbiasa dengan rasa manis dan bumbu dasar yang kuat rasa.

INDOCHINE-BISTRO-11

Demi mendapatkan citarasa otentik khas Vietnam, Indochine Bistro melakukan semedi dulu di gunung persiapan yang cukup matang. Mereka berulang kali melakukan test food demi test food dengan chef handal yang mereka punya. Semua ini harus dilakukan demi mendapatkan citarasa otentik asli Vietnam. Indochine Bistro berani memberi garansi bahwa semua menu makanan yang ada di bistro ini 90% bercitarasa asli Vietnam. Dan sisa 10%-nya merupakan percampuran rasa lokal yang ditunjukan untuk mempermudah orang Jogja untuk merasakan masakan khas Vietnam.

INDOCHINE-BISTRO-12

Darah Vietnam yang mengalir dalam darah si mas bule memang sedikit banyak membantu Indochine Bistro mendapatkan citarasa asli Vietnamnya. Resep asli dari keluarga dan beberapa resep menu yang ada di Indochine Bistro memang didapat langsung dari perburuan mereka berdua di tanah Vietnam. Dibantu dengan kesukaan mereka akan traveling dan kecintaan mereka akan dunia kuliner, tentunya juga bisnis. Indochine Bistro berusaha hadir menyajikan sesuatu hal yang berbeda dari masakan kebanyakan yang sudah sebelumnya hadir menyemarakkan ranah kuliner Jogja.

INDOCHINE-BISTRO-3

Sore itu saya berkesempataan mencicipi empat jenis makanan dan dua jenis minuman yang ada di Indochine Bistro. Yang pertama adalah menu utama bernama Bun Bo. Menu ini dalam bahasa inggris yang saya baca bernama Lemongrass Beef Noodle Salad. Salad khas Vietnam ini terdiri dari rice vermicelli yang dicampur dengan daging sapi yang sebelumnya sudah di marinated dengan lemongrass dan beberapa herbs yang disajikan dengan fish souce yang dibuat khusus oleh Indochine Bistro.

INDOCHINE-BISTRO-13

Untuk sobat eaters yang belum ngeh apa itu rice vermicelli saya kasih tau sedikit yang mudah ya, mie ini kalau di jawa kita kenal dengan nama bihun. Ngerti kan sekarang..? 🙂 Mie tipis yang disajikan ini rasanya segar dan agak sedikit masam. Bila dicampur dengan fish soucenya akan membuat lidah kalian bergoyang kesana kemari. Ga percaya..? silahkan coba sendiri.. 😀 Untuk ukuran porsinya memang sangat sedikit sekali untuk perut jawa saya. Tapi saya suka dengan rasa salad ini. Owesome..

INDOCHINE-BISTRO-4

Berikutnya saya berkesempatan mencicipi Pho khas Indochine Bistro. Menu ini dalam bahasa inggris bernama Vietnamese Beef Soup. Soup khas Vietnam ini berisi daging sapi mentah yang diiris tipis ditemani oleh mie lebar sejenis kwetiaw, beberapa herbs dan sayuran segar serta saus yang berbahan dasar hoisin souce untuk dagingnya. Sepertinya setiap masakan Vietnam memang wajib menggunakan herbs segar yang menimbulkan rasa yang khas ketika kita menyantabnya.

INDOCHINE-BISTRO-14

Untuk urusan rasa, Pho khas Indochine Bistro ini cukup segar dan enak sekali. Sampai-sampai saya tidak sadar kalau daging yang ada di dalam soup ini dalam keadaan mentah atau mungkin setengah matang *enak sih* Rasa herbs dan sauce nya membantu sekali meningkatkan citarasa dari masakan ini. Walau saya bukan penggemar makanan Vietnam, saya rasa makanan ini cukup lezat untuk lidah ndeso saya. yummmyyyy…

INDOCHINE-BISTRO-5

INDOCHINE-BISTRO-15

Untuk menu penutupnya saya berkesempatan mencicipi Durian Sticky Rice in Coconut Cream. Kalau di Thailand kalian sering merasakan manggo dalam sticky rice, nah di Indochine Bistro mereka menghadirkan sticky rice dengan durian yang disiram dengan santan kental. Bentuknya indah, penampilannya juga manis. Untuk rasanya silahkan coba sendiri. Karena lidah saya hanya bisa berkata enak dan enak…

INDOCHINE-BISTRO-6

INDOCHINE-BISTRO-16

Sambil menunggu Hujan yang tidak kunjung reda *gara-gara ini saya lupa foto bagian depan Indochine Bistro.. hahaha..* Saya mendapat kesempatan sekali lagi untuk mencicipi Crispy Honey Banana. Pisang yang disajikan dengan balutan tepung krispy dan madu ini rasanya sedap dan kriuk-kriuk. Cocok sekali sebagai teman minum kopi atau teh disela-sela ngobrol santai kalian.

INDOCHINE-BISTRO-8

Last but not least saya icip Coconut Shake dan Coffee Drip khas Vietnam. Minuman yang pertama adalah santan yang di campur dengan vanila ice cream. Rasa minuman ini agak sedikit aneh di lidah saya, jarang sekali saya menjumpai minuman yang berbahan dasar santan kental semacam ini. Rasanya cenderung manis sekali. Dan agak sedikit eneg juga. Tapi seperti kata mbak Fani. Makanan Vietnam itu selalu balance.. ada Yin dan ada pula Yang. Jadi saya rasa minuman ini memang menetralisir makanan sebelum ini yang cederung masam dan strong di dalam herbsnya. Untuk Coffee dripnya matab nih. Campuran susu kental manis dan ekstrak kopinya mantab. Pas dan nikmat di mulut. Rasa kopinya juga kuat sekali. Walau saya bukan pakar di bidang kopi. Saya rasa kopi ini nikmat dan lezat. Layak untuk dicoba.

INDOCHINE-BISTRO-7

Keadaan Bistro yang ada sekarang ini memang masih cukup sederhana dan nyaman. Tapi kedepannya mereka akan menambah beberapa menu andalan lainnya, yang tentunya khas Vietnam. Selain menambah menu Indochine Bistro juga berencana memperluas bistro ini hingga ke belakang. Dan nantinya ada tempat spot khusus untuk kalian bisa nongkrong berlama-lama di bistro ini. Lokasi strategis dan makanan yang lain daripada yang lain. Well done mate.. 🙂

INDOCHINE-BISTRO-17

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Indochine Bistro
Jl. Seturan raya (Depan Depok Sport Center/Superindo)
Yogyakarta
Telp. 0821 36 800 500
Email : alfani@indochinebistro.co.id
Instagram : @indochinebistrojogja

Opening Hours
10:00 – 23:00 WIB

Price
Bun Bo (34k)
Pho (34k)
Durian Sticky Rice in Coconut Cream (20k)
Crispy Honey Banana (18k)
Coffee Drip (15k)
Coconut Shake (16k)

MAP