Mungkin butuh waktu berbulan-bulan sebelum saya memutuskan untuk makan di tempat ini. Bukan karena galau atau kurang informasi tentang restoran ini. Tapi saya butuh waktu untuk mengumpulkan cukup dana biar bisa ikutan eksis jadi salah satu orang yang sudah pernah mencicipi dahsyatnya masakan Kepiting Cak Gundul 1992. *larang tenan je mas bro..* 😀 Memang sudah jadi rahasia umum kalau harga kepiting di tempat ini memang cukup tinggi, bahkan menurut saya yang orang Jogja asli bukan KW. *dikit lah.. * hahahaha.. restoran ini terbilang mahal. Tapi memang ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan rasa yang memang sudah jadi legenda sejak lama.

KEPITING-CAK-GUNDUL-1

KEPITING-CAK-GUNDUL-2

Biar tidak mengganggu cash flow, sudah sejak beberapa bulan yang lalu saya menabung dikit-dikit biar bisa ikutan ngiciip masakan yang ajib ini. 😀 Setelah uang dirasa cukup, yuk mari kita meluncur ke daerah jalan Damai, tepatnya di gang watu gede. Gang ini memang diisi banyak restoran terkenal, salah satunya adalah Pasta Banget Signature. Karena sudah pernah ke pasta banget, kini giliran Kepiting Cak Gundul 1992 yang saya satroni. Untuk lokasi detailnya kalian bisa lihat peta di bawah.

KEPITING-CAK-GUNDUL-3

KEPITING-CAK-GUNDUL-4

Restoran dengan konsep keluarga ini memang lebih cocok dijadikan tempat untuk bersantap ramai-ramai bersama orang terkasih. Tapi buat yang punya dompet tebel boleh juga makan berdua atau bertiga. Tapi saya tidak sarankan untuk kalian makan sendirian. Karena selain kantong bakalan bolong dan diliatin banyak orang karena luntang luntung sendirian, siap-siap kolesterol kalian akan terjun bebas. So.. daripada kolesterolnya dimakan sendiri lebih baik bagi-bagi sama orang lain. hahaha..

KEPITING-CAK-GUNDUL-5

KEPITING-CAK-GUNDUL-6

Ada cukup banyak gubug-gubug yang mampu menampung satu keluarga besar. Gubug ini juga cukup nyaman, karena ada busa untuk tempat sandaran pantat. Setiap gubug juga dilengkapi dengan penerangan sederhana dan tempat untuk cuci tangan. Tapi ada satu hal yang saya agak sedikit risih, yaitu adanya banyak semut yang cukup menganggu jalannya santap makan kalian. Banyaknya semut ini juga sebagai penanda kalau banyak makanan yang enak-enak dan manis-manis, sekaligus juga kebersihan yang cenderung kurang diperhatikan atau luput dari pengelola resto.

KEPITING-CAK-GUNDUL-9

KEPITING-CAK-GUNDUL-10

Kalau kalian datang berdua atau bertiga, Kepiting Cak Gundul 1992 juga punya meja dan kursi sederhana seperti restoran pada umumnya. Lokasi spot ini ada di depan resto dekat pintu masuk dan ditengah resto yang dikelilingi gubug-gubug besar. Suasana di Kepiting Cak Gundul 1992 memang sangat nyaman untuk dijadikan wisata kuliner keluarga. Ada area permainan di depan yang bisa digunakan oleh putra dan putri kalian selama berada di restoran ini. Lingkungan yang asri dan adem memang pas dan mantab sembari mencicipi kepiting khas Cak Gundul.

KEPITING-CAK-GUNDUL-11

KEPITING-CAK-GUNDUL-12

Selain menu kepiting, restoran ini juga menyajikan menu seafood lainnya macam udang, cumi, kerang dan ikan laut dengan beberapa varian bumbu yang dapat kalian pilih. Untuk menu kepitingnya mereka punya beberapa grade atau rangking kepiting yang bisa kalian pilih. Mulai dari grade biasa, kw, super, jumbo hingga menu king crab yang punya harga fantastis. *nangis nak liat dompet* Menu kepiting ini juga bisa dimasak dengan saus kesukaan kalian. Tapi yang paling saya suka adalah Kepiting saus Asam Manis. Rasanya komplit..plit..plit.. 🙂

KEPITING-CAK-GUNDUL-7

KEPITING-CAK-GUNDUL-8

Saya sarankan begitu kalian datang ke restoran ini, langsung saja menuju dapur mereka. Disana mereka sudah menyiapkan timbangan dan aneka jenis kepiting segar yang siap dipinang. Mereka juga menjamin kesegaran kepiting yang mereka jual. Cara paling mudah untuk mengetahui seafood kalian segar atau tidak adalah dari dagingnya. Kalau menu kepiting bisa dilihat dari tingkat kekenyalan daging dan cairan yang dikeluarkan. Kalau bahasa ngetrennya sih juicenya.. Kalau masih kenyal dan keluar juicenya bisa dijamin menu seafood kalian fresh from the oven.

KEPITING-CAK-GUNDUL-13

KEPITING-CAK-GUNDUL-15

Siang itu saya meminang Kepiting Jumbo Asam Manis sebagai menu santap siang saya ditemani dengan sepiring Ca Kangkung dan beberapa gelas Es Kelapa Muda Gelas. *tarik napas panjang dan relakan rupiah itu pergi.. * 😀 Ternyata untuk menunggu menu saya ini datang tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Saya hitung-hitung mungkin hanya butuh waktu kurang lebih lima belas menit saja. Rasa syok bercampur gembira dan menangis haru karena rupiah telah pergi saya terbayarkan dengan warna, porsi dan bentuk dari kepiting pesanan saya.

KEPITING-CAK-GUNDUL-18

KEPITING-CAK-GUNDUL-14

Gede tenan nak iki..!!! ini adalah kepiting terbesar yang saya pernah saya cicipi seumur hidup saya. Porsinya memang besar dan tidak tanggung-tangung. Sebenarnya dengan porsi sebesar ini bisa mengisi perut kurang lebih 5 orang sekali makan. Kepiting Cak Gundul memang tiada duanya. Rasa asam manisnya merasuk hingga kedalam daging. *merem melek enaaaakkkk…* Daging kepitingnya padat dan sangat kenyal, ada rasa manis yang keluar dari daging kepiting ini.. benar-benar menggugah selera makan saya. Maknyus bin ajiiiibbbbbb…

KEPITING-CAK-GUNDUL-16

Untuk Ca Kangkungnya tidak begitu spesial. Selain porsinya yang cenderung kecil, rasanya juga kurang nendang dikit. Tapi saya suka dengan cara memasak kangkung mereka, karena kangkung yang mereka sajikan masih terlihat hijau dan segar. Masih kriuk-kriuk waktu kita makan. Menu ini lumayan sebagai penetral menu kepiting kalian. Untuk mengakhiri kelezatan santap siang kepiting saya waktu itu, segelas Kelapa Muda sudah siap sedia terjun kedalam tenggorokan. Maknyessss.. enak.. mantab..

KEPITING-CAK-GUNDUL-17

Tidak ada penyesalan saya mengunjungi Kepiting Cak Gundul 1992, walau saya harus menguras isi dompet saya hingga titik darah penghabisan. *ra kulineran meneh kie sesasi penuh* Rasa yang saya dapatkan memang sesuai dengan harga yang harus saya bayar. Untuk teman-teman mahasiswa, saya sarankan untuk mengajak sebanyak mungkin teman-teman kalian, biar beban itu dibagi merata. *beban mbayar maksudte* Tapi sebelum datang ke sini nabung dulu ya.. hehehe..

Kepiting Cak Gundul 1992 memang layak untuk kalian kunjungi sekali seumur hidup kalian. Jangan lupa.. ingat dompet.. ingat kesehatan.. dan ingat keluarga di rumah.. 🙂 Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Kepiting Cak Gundul 1992
Jl. Damai Gg Watu Gede Ngaglik Sleman
Yogyakarta
Telp. 0274 885496

Opening Hours
11:00 – 23:30 WIB

Price
Kepiting Jumbo Asam Manis (22k/ons)
Es Kelapa Muda Gelas (10k)
Ca Kangkung (16k)

Cabang Lain
Pandaan : KM 48 Surabaya – Malang (utara PLN). Tlp. (0343) 636895
Surabaya : Raya Kupang, Surabaya Barat. Tlp. (031) 7327554
Semarang : Ruko Atrium Jl. Jend. Sudirman No.1. Tlp. (024) 76632627
Jakarta : Jl. Raya Boulevard QJ No. 31 Kelapa Gading. Tlp. (021) 4535570

MAP