Keinginan untuk menyantap masakan yang berbahan dasar seafood memang tidak pernah hilang dari raga ini. Mungkin memang sudah turunan dari sononya, atau mungkin memang dasarnya doyan. *ketoke sih sing terakhir* Tapi apapun itu, tidak akan menyurutkan niat saya untuk lagi dan lagi mencicipi masakan yang menurut saya ajib abiissss ini. Karena warung langganan saya berada cukup jauh di wilayah kota bagian utara Jogja, *Warung Seafood Ngangeni* Saya mencoba mencari alternatif warung seafood yang berada di daerah selatan Jogja. Dan tampaknya sepanjang jalan ini menyajikan berbagai macam warung seafood yang bisa eaters pilih.

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-1

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-2

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-7

Jalan yang saya maksud terbentang dari pojok beteng wetan hingga pojok beteng kulon. Di sini kalian bisa menemukan tiga sampai empat warung tenda yang menyajikan masakan berbahan dasar seafood. Untuk permulaan saya coba singgah di warung seafood pertama yang paling dekat dengan pojok beteng wetan. Warung ini bernama Seafood Pak Timbul. Warung sederhana pinggir jalan yang boleh dibilang punya magnet tersendiri dalam urusan masakan laut. Dengan penampilan sederhana seperti warung pinggir jalan kebanyakan, Seafood Pak Timbul mencoba menyajikan masakan seafood dengan caranya tersendiri.

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-3

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-4

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-6

warung ini tidak terlalu besar, hanya sebesar warung pecel lele pinggir jalan, Kalau kalian kehabisan tempat di dalam tendanya, kalian bisa memilih lesehan pinggir jalan yang beratapkan langit *so sweet..* 😀 Hampir semua menu seafood ada di warung ini, seperti kerang, kepiting, udang, cumi, bawal, nila, kakap dan lainnya. Tapi sayang pilihan saus di warung ini terbatas sekali, hanya ada dua yaitu asam manis dan saus tiram. Kalau kalian ingin menu bakaran juga ada nih, tapi sayang menu bakar mereka tidak langsung di bakar, tapi di goreng dulu, jadi juice dari ikannya tidak terlalau terasa.

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-13

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-16

Malam itu saya pesan tiga menu sekaligus. *kolesterol-kolesterol dah..* Menu yang pertama adalah Udang Asam Manis. Udangnya punya ukuran yang sedang, tapi porsinya menurut saya sedikit sekali, tapi ini sesuai dengan harga yang mereka berikan. Untuk kuah asama manisnya tidak terlalu pekat, rasanya pas dan cukup enak. Lebih enak lagi kalau dinikmati dengan nasi putih hangat-hangat.

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-12

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-15

Selanjutnya saya punya Kerang Rebus. Dengan porsi yang hampir sama imutnya dengan udang saya sebelumnya, kerang ini tampil polos apa adanya, mereka memasaknya dengan bumbu sangat sederhana, yaitu bawang putih. *pantes aroma bawang putihnya kental sekali* Tapi mereka punya sambal nanas yang spesial untuk menemani Kerang Rebus ini. Rasa otentik dari kerang berpadu dengan sambal nanas, hmmmm… mantab bro..

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-11

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-14

Gong saya yang terakhir adalah Kepiting Asam Manis. Satu porsi Kepiting Asam Manis hanya terdapat satu buah kepiting saja. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, butuh usaha yang cukup kuat untuk menikmati kepiting yang satu ini. Rasa dari saus asam manisnya menurut saya cukup pas dengan kepitingnya. Cukup enak, walaupun belum bisa dibilang spesial. Tak apalah.. yang penting warung ini bisa mengisi kerinduan saya akan kepiting dan teman-temannya.

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-17

Satu hal yang perlu eaters cermati bila berkunjung ke tempat ini adalah menu yang mereka berikan tidak terdapat harga yang jelas, harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Bertanyalah sebelum kalian memesan menu di warung ini, supaya kalian tidak tersesat saat memesan menu di warung ini. 😀

SEAFOOD-PAK-TIMBUL-10

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Seafood Pak Timbul
Jl. Mayjen Sutoyo (Barat Pojok Beteng Wetan)
Yogyakarta
Telp. 0878 394 14490

Opening Hours
17:00 – 23:00 WIB

Price
Udang Asam Manis (13k)
Kerang Rebus (13k)
Kepiting Asam Manis (40k)
Nasi Putih (2k)
Jeruk Panas (2k)

MAP