Satu lagi nih soto kudus yang menurut saya enak rasanya. Semoga eaters ga bosen ya kalau saya cerita menu soto kudus terus. Tapi jangan khawatir, pasti saya akan berbagi info tentang soto-soto yang lain kedepannya. Soto kudus yang saya sambangi kamaren adalah Soto Kudus Menara Kudus. Seperti kebanyakan warung soto kudus yang lain, kalian akan menemukan kekhasan menu soto kudus di warung ini. Hhmmm.. Sepertinya agak susah untuk menyebut tempat ini dengan sebutan warung, tapi ga cocok juga kalau disebut resto. Silahkan beri julukan sesuka kalian saja. hehe..

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-2

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-1

Kedai soto ini *jiaaahhh ganti lagi* membuka tempat makannya di tiga lokasi. Lokasi yang pertama ada di daerah Anggajaya Condongcatur. Lokasi yang kedua ada di jalan Magelang. Dan lokasi terakhir yang saya kunjungi berada di jalan Kaliurang KM 7. Ancer-ancer yang paling gampang adalah depan PLN Jakal atas. Lokasi yang berada di pinggir jalan besar pasti akan sangat memudahkan kalian menemukan kedai soto ini. Kedainya memang tidak terlalu besar, tapi cukup menampung belasan hingga puluhan orang sekaligus.

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-4

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-3

Ciri yang paling saya sering jumpai dari beberapa warung soto kudus yang ada di kota Jogja ini adalah ornamen kayu berupa gebyok yang sangat kentara. Entah apa maksud si penjual, tapi pasti kalian sadar kalau ini kerap kali kalian jumpai. Sebenarnya dengan ciri ini kita bisa tahu bahwa orang jawa tidak akan pernah lepas dari budaya dan kultur yang kental akan nuansa kayu. *oh yeaahh* Selain gebyok, ada satu lagi yang khas dari soto kudus, yaitu penempatan gerobak soto yang khas di depan kedai. Gerobak semacam ini tidak akan kalian temukan dipenjula soto-soto lainnya. Benar-benar unik dan menarik.

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-5

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-7

Area untuk space parkir di kedai ini memang tidak terlalu besar. Untuk kalian pengendara mobil diharapkan bersiap siaga parkir di pinggir jalan kalau saja parkiran di depan kedai sudah penuh. Mungkin hanya 2 sampai 3 mobil saja yang bisa parkir tepat di depan kedai ini. Untuk menu makanan dan minumannya tidak jauh beda dengan kedai soto kudus yang lain. Selain soto kudus mereka juga memberikan bala tentara yang lain seperti tempe goreng, sate telor, sate kerang, perkedel dan kerupuk. Makanan ini memang wajib dan kudu ada di kedai soto kudus. Kalau bala kurawa ini tidak ada rasanya kurang lengkap dan kurang yahut.

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-9

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-10

Soto kudus memang bercirikan mangkok kecil dan taburan bawang putih goreng di atasnya. Untuk mencicipi kelezatannya kita perlu dua sampe tiga mangkok. *itu perut apa gentong* Tapi berhubung saya cuma ingin mencicipi saja, maka saya pesan satu mangkok saja. Dengan racaikan dan penyajian yang cepat, satu buah soto kudus sudah mampir di meja tempat saya duduk. Soto kudus di menara kudus ini agak sedikit bening dan kuahnya sedikit coklat kekuningan. Untuk ukuran porsinya hampir sama seperti soto kudus kebanyakan. *sedikit untuk kapasitas perut saya* Rasa dari soto kudusnya hampir mirip dengan soto kudus yang biasa saya kunjungi. Tapi dengan rasa yang lebih ringan.

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-6

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-8

Sebagai teman makan soto saya siang itu, saya coba cicip tempe goreng dan sate kerang. Tempe gorengnya menurut saya enak sekali. Rasanya gurih dan garing. Benar-benar terasa kriuk-kiruk di mulut. Pas sekali dengan soto kudusnya. Untuk sate kerangnya juga enak, bumbunya pas meresap dan merata. Cuma sayangnya unkuran daging kerangnya kecil-kecil. Tidak seperti yang saya temui di tempat asalnya. Untuk membilas semua makanan tadi saya pesan minuman sederhana sejuta umat, yaitu Jeruk Panas. Pas segar dan menyehatkan untuk pencernakan.

SOTO-KUDUS-MENARA-KUDUS-11

Saya suka dengan soto dan tempe gorengnya. Salah satu tempat yang bisa kalian jadikan referensi untuk mencicipi soto kudus. Sampai jumpa di lain waktu kawan-kawan. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Kudus Menara Kudus
Jl. Anggajaya, Condong Catur, Yogyakarta
Jl. Magelang KM. 6.5, Yogyakarta
Jl. Kaliurang KM. 7, Yogyakarta
Telp. –

Opening Hours
07:00 – 21:00 WIB

Price
Soto (9.5k)
Tempe Goreng (1k)
Sate Kerang (3k)
Sate Telor (3k)
Perkedel (2k)
Jeruk Panas (3k)

MAP