Makanan ini dulu sempat menjadi buah bibir di kalangan pecinta kuliner Jogja. Hampir setiap tempat menyajikan berbagai macam jenis makanan yang satu ini. Tentu dengan cara dan ciri khas masing-masing. Apakah itu..?! makanan itu adalah nasi bakar. Ingat kan dengan makanan yang satu ini, atau kalian masih suka mencicipinya hingga sekarang..? Salah satu tempat yang masih setia menyajikan nasi bergenre bakar ini adalah kedai Nasi Bakar Wirobrajan.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-1

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-3

Kedai atau warung atau resto *galau mau sebut apa* yang menu pokoknya adalah nasi bakar ini berlokasi di jalan Kapten Tendean Jogja, atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan Wirobrajan. Pertumbuhan daerah ini dalam hal kuliner kian hari kian pesat saja. Cobalah perhatikan ketika kalian melewati jalan atau daerah ini, dulu kawasan ini tidak seramai sekarang. Tapi dengan begini, industri kuliner di kota Jogja akan semakin maju dan berkembang pesat kedepannya. *tul ga mas bro*

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-2

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-4

Warung ini tidak terlampau besar. Bentuk bangunannya cenderung memanjang ke belakang. Di area depan kalian akan menemukan beberapa meja kecil yang digunakan sebagai tempat atau alas ketika kalian bersantap lesehan. Sedangkan di sisi bagian dalam *agak kedalam* kalian yang tidak betah duduk lesehan bisa menggunakan kursi yang sudah disediakan oleh pihak warung. Bentuknya sih hampir menyerupai meja makan rumahan yang besar dengan kursi yang cukup besar-besar pula.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-5

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-6

Menu yang mereka sajikan juga cukup lengkap. Ada menu bakar dan goreng, menu spesial pedas, aneka minuman dan beberapa menu minuman yang lain daripada yang lain. *coba chek aja klo ga percaya* dan tentunya tidak ketinggalan menu andalan mereka berupa aneka nasi bakar yang membakar mulut. Dan untuk kalian yang tidak doyang pedas juga bisa memesan menu yang lain. Tapi mayoritas menu makanan di tempat ini memang pedas-pedas, so.. siapkan perut dan mulut kalian. Karena sensasi bakar membakar lidah akan kalian rasakan di tempat ini.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-8

Sore menjelang malam itu saya memesan 3 jenis masakan sekaligus, mau dibilang rakus juga tak apalah, demi menjaga stabilitas perut dan demi memberikan informasi kepada kawan eaters semua. *ciieee..ciieee..* 😀 Menu pertama yang saya ingin pesan dan cicipi adalah Nasi Kuali XO Tuna. Entah apa maksudnya mereka menambah XO kedalam nama menu mereka, mungkin karena level pedas yang mereka sajikan, tapi entahlah.. *sok tau* Nasi bakar berukuran imut ini disajikan dengan kuali dari tanah liat yang berbentuk mangkok kecil dan dipanggang di oven.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-13

Sebelum membakarnya dalam oven, mereka memberikan alas berupa daun pisang kedalam setiap mangkoknya. Efek daun pisang yang terbakar ini membuat aroma dari nasi bakarnya semakin sedap di cium. Bagaimanakah dengan rasanya..? Rasa nasi bakar yang pertama ini cenderung agak sedikit kering, mungkin karena efek pembakaran yang cukup panas. Tapi tenang.. keringnya nasi bakar ini hanya saya rasakan di bagian luarnya saja, ketika saya mencicipi dibagian dalamnya, nasinya masih cukup berair dan basah. Topingnya yang berupa tuna memang cukup pedas menurut lidah saya, benar-benar pedas dan enak. *piye kuwi rasane* Tapi sayang porsinya kurang banyak kalau kalian hanya pesan satu porsi. 😀

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-9

Berikutnya saya pesan Nasi Kuali Kabsah. Walaupun katanya menu ini tidak terlalu pedas, tapi menurut saya menu ini tetap saja pedas. Nasi kuali ini secara penampilan dan bentuk hampir sama dengan menu saya sebelumnya. Yang membedakan hanya topingnya yang berupa oseng-oseng kikil. Untuk mempercantik tampilannya mereka menambahkan daun kemangi di atas masing-masing kuali. Tapi saya rasa, selain sebagai garnish, daun kemangi ini juga menambah citarasa dari nasi kuali itu sendiri. Penampilan unik dengan citarasa yang unik pula. *welldone*

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-14

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-15

Karena rasa penasaran yang tinggi akan menu saya yang terakhir ini, saya memberanikan diri untuk memesannya. Kenapa sih sampai sebegitu penasaran..? Jawabannya ada di penampilannya yang begitu menggoda. Kalau kata iklan “Selanjutnya terserah Anda” jadi terserah saya dong mau pesen atau ga. hehehe.. Menu itu bernama Nila Panggang Siram. Ikan nila yang dipanggang disajikan dengan kuah kuning yang begitu menggoda. Walau menurut saya efek gosong dari ikan nilanya agak sedikit mengganggu, tapi untuk kuah kuningnya benar-benar juara. Rasa daging nila yang dipanggang menyatu pas dengan kuah kuningnya. Ajiiibb mas bro.. Saya rekomendasikan untuk eaters semua.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-7

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-12

Minuman yang saya pesan juga tidak mau kalah anehnya dengan makanan saya sebelumnya. Kali ini saya memesan Wedang Jeruk Londo dan Es Gula Asem. Kedua jenis minuman ini ternyata adalah minuman cepat saji alias minuman yang sudah diolah sedemikian rupa dari sononya. Jadi mereka tinggal menyajikannya dengan sangat mudah, cukup dicelup dan diseduh. Untuk gulasnya lumayan asem dan manis. *ya iyalah..* Dan untuk wedang londonya juga lumayan berempah dan cenderung agak pahit, cocok untuk kalian yang doyan dengan jamu.

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-11

NASI-BAKAR-WIROBRAJAN-10

Sekian dulu liputan saya kali ini, semoga nasi bakar di kota Jogja ini tidak cepat punah ditelan jaman, kalau ada info tempat nasi bakar lainnya yang lebih maknyus, tolong saya dikabarin yah.. hehehe.. 😀 Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Nasi Bakar Wirobrajan
Jl. Kapten Tendean no.22A Yogyakarta
Telp. 0274 6522005 / 383338

Opening Hours
11:00 – 21:30 WIB

Price
Nasi Kuali XO Tuna (12.5k)
Nasi Kuali Kabsah (12.5k)
Nila Panggang Siram (9.5k)
Wedang Jeruk Londo (6.5k)
Es Gula Asem (4.5k)

MAP