Siapa yang tidak kenal dengan es asli Makasar yang satu ini. Minuman yang biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa ini punya penggemar yang tidak sedikit di Kota Gudeg. Ah masak sih..?! kalau masih tidak yakin, coba saja tilik kanan kiri ketika kalian sedang berwisata kuliner, pasti ada satu atau dua warung yang menjajakan es pisang ijo. Salah satu kedai yang menyajikannya adalah kedai Es Pisang Ijo Bam Ban. Kedai sederhana yang berlokasi di pinggir jalan ini lumayan cukup ramai setiap harinya. Hal inilah yang memaksa saya untuk singgah dan mencicipinya. *penasaran*

ES-PISANG-IJO-BAMBAN-3

Lokasi kedai ini berada di pinggir stadion Mandala Krida di sisi bagian baratnya. Bederet-deret dengan penjaja makanan yang lain. Memang warung ini hanya berupa warung pinggir jalan, tapi keramaiannya yang membuat saya penasaran. Warung sederhana yang didominasi dengan warna biru ini memang hanya menjual es pisang ijo saja, tidak ada menu yang lain. Hidup mati warung ini memang berada di pundak es pisang ijo itu sendiri. *halaahhhh* 😀 Dengan kursi plastik dan meja yang beralaskan produk salah satu brand, warung ini berusaha untuk terus tegak berdiri diantara warung pisang ijo lainnya.

ES-PISANG-IJO-BAMBAN-2

Sore itu saya memesan satu buah Es Pisang Ijo. *karena adanya cuma es pisang ijo* Kalau dua mungkin nanti kebanyakan, jadi pesannya satu aja hehe.. *ngeles* 😀 Setelah menunggu dengan waktu yang sangat cepat alias kilat, satu buah es pisang ijo sudah nangkring di atas meja saya. Setelah dilihat, diraba dan diterawang.. *hadeeehhh* kok pisang ijonya ga ada ya.. terkesan hilang ditelan kuah manis yang berwarna putih. Sepertinya harus menyelam nih untuk bisa mendapatkan pisang yang pake selimut ijo.

ES-PISANG-IJO-BAMBAN-1

Setelah diaduk memutar ke kanan dan ke kiri akhirnya saya menemukan sejumput pisang ijo yang saya car-cari. Hhhmmmm.. ini kenapa pisang ijonya kecil banget yak.. udah ijo kecil lagi.. *uppsss..* 😀 Walaupun disajikan dengan mangkok yang lumayan besar, tapi pisang ijo yang menjadi isian utama dari es pisang ijo ini punya ukuran yang sangat kecil, tidak brimbang dengan kuahnya. Mungkin sesuai dengan harga yang mereka tawarkan. Seperti kata pepatah, ada harga ada barang. Walaupun dari segi rasa saya suka dengan es pisang ijo ini, kuahnya tidak terlalu manis, dinginnya pas dan isang ijonya enak, tapi sayang cuma sedikit.

ES-PISANG-IJO-BAMBAN-4

ES-PISANG-IJO-BAMBAN-5

Sekian perburuan saya akan es pisang ijo kali ini, saya akan melanjutkan perburuan es pisang ijo yang lain di lain waktu. Semoga ketemu dengan yang sama mantabnya atau bahkan lebih. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Es Pisang Ijo Bam Ban
Jl. Andung Yogyakarta
Sisi Barat Stadion Mandala Krida
Telp. –

Opening Hours
10:00 – 21:00 WIB

Price
Es Pisang Ijo (7k)

MAP