Seperti yang saya pernah singgung sebelumnya, kalau peperangan di dalam dunia kuliner memang sangat sengit dan kejam. Terbukti beberapa tempat kuliner baru di Jogja mulai jatuh berguguran satu persatu *udah kayak perang aja nih*, salah satunya adalah Warung Hilman yang telah berganti dengan Bale Bebakaran. Mungkin ada beberapa orang yang belum pernah mengenal warung Hilman sebelumnya. Sebelum kalian mengenal Bale Bebakaran, tempat yang kini mereka gunakan sebelumnya bernama Warung Hilman. Tapi kali ini saya akan bercerita tentang Bale Bebakaran yang masih menggunakan sebagaian besar interior dari warung Hilman, walaupun ada beberapa perubahan yang sedikit berbeda.

BALE-BEBAKARAN-1

Masih dengan menggunakan space ruang yang sama, kini Bale Bebakaran mengubah bangunan yang berbentuk Joglo ini menjadi warung makan yang menyajikan makanan serba goreng dan bakar. Kalau saya boleh berpendapat, Bale Bebakaran merubah menu masakan sederhana yang biasa kalian temukan di pinggir jalan menjadi menu makanan ala restoran. *naik kelas niyeeee..* Dengan menu sederhana dan tampilan yang lebih baik, Bale Bebakaran ingin memberikan sensasi rasa yang sedikit berbeda ketika para pengunjungnya ingin mencicipi makanan serba bakar dan goreng.

BALE-BEBAKARAN-2

Dahulu Warung Hilman hanya menyediakan meja dan kursi sederhana khas warung makan modern, kini Bale Bebakaran juga menyediakan space untuk lesehan yang bisa kalian pilih. Kalau kalian pernah berkunjung ke beberapa warung macam Pastagio, Koki joni dan lain-lain *lupa nama restonya* 😀 Kalian akan menemukan sedikit kesamaan bangunan dan meja kursi yang mereka gunakan, walaupun tidak sama persis tapi rasa dan feellnya tetap sama. *menurut saya lho ini ya..* Bale Bebakaran punya delapan jenis bumbu bakar yang bisa kalian pilih. Ada bale spesial, rempah, madu, kecap, kecap pedas, lombok abang, lombok ijo dan lombok rawit.

BALE-BEBAKARAN-4

Sedangkan untuk pilihan bahan utamanya ada ayam, nila, bebek, lele, ayam kampung dan gurame. Selain itu mereka juga menyajikan aneka jenis sayur dan sup, serta beberapa makanan pendamping lainnya. Karena lokasi Bale Bebakaran ini berada di daerah mahasiswa, mau tidak mau mereka harus menyesuaikan menu makanan yang ada dengan harga yang bisa dijangkau oleh kantong mahasiswa. Lihat saja menu mereka, ada beberapa menu paket dengan harga murah yang bisa dijadikan pilihan. Sekarang mari kita tengok minuman apa saja yang mereka punya. Kalau saya lihat di menu, mereka menyediakan aneka juice, milkshake, float, es kelapa muda dan beberapa jenis minuman yang lain.

BALE-BEBAKARAN-3

Saya kebetulan datang berkunjung ke warung ini di malam hari. Suasananya sudah berubah menjadi sangat ramai, karena memang saat itu adalah saat dimana para mahasiswa berburu kuliner untuk makan malam. Seperti biasa, saya ambil spot di pojokan, biar sedikit asoy dan bisa ambil gambar dari berbagai sudut restoran. Waktu saya duduk, salah satu pelayan langsung menghampiri saya dan memberikan beberapa menu yang bisa saya pilih. *cukup cekatan juga* Setelah ditimbang-timbang dan menghitung uang yang ada di dompet saya memesan beberapa jenis makanan dan minuman yang ada. Untuk menunggu pesanan saya tiba, saya harus menunggu cukup lama, mungkin kalau tidak seramai ini akan lebih cepat tersaji. Tapi tak apalah, kebetulan saya tidak sedang lapar berat, jadi perut ini masih bisa sabar menghalangi nafsu amarah saya. *gaya tenan* 😀

BALE-BEBAKARAN-6

BALE-BEBAKARAN-8

BALE-BEBAKARAN-12

BALE-BEBAKARAN-10

Menu pertama saya adalah Paket Gegorengan Nila. Nila goreng dengan ukuran sedang ini disajikan dengan tahu tempe yang masing-masing terdiri dari satu buah tahu dan satu buah tempe *ngirit bener yak*, kemudian ada nasi, lalapan sambal dan satu buah air minerak botol ukuran kecil. Nila gorengnya sangat krispy menurut saya, jadi kalian bisa menghabiskannya semua bersama tulang-tulangnya. Sambal yang mereka pilih juga enak nih, pedasnya pas dan teksturnya agak sedikit kasar *sambal bawang kaleee*. Tapi yang buat saya sedikit kecewa adalah lalapannya. Saya ga tega menyebut ini lalapan, karena lebih mirip garnish daripada lalapan. *usulan dari penggemar lalapan*

BALE-BEBAKARAN-7

BALE-BEBAKARAN-11

Berikutnya adalah Paket Bebakaran Lele. Paket ini jauh lebih murah dari pada menu saya sebelumnya. Tapi apa yang kalian dapatkan memang sesuai dengan harganya. Satu paket lele bakar ini hanya berisi nasi, lele bakar, sambal dan lalapan yang imutnya sama seperti menu saya sebelumnya. Saya memilih bumbu bakar bale spesial untuk lele yang saya pesan. Bumbunya cenderung manis daripada pedasnya. Cukup lumayan lengket di tangan dan ada sedikit rasa asam yang menurut saya datang dari saus tomat dan saus sambal. Rasa keseluruhan dari kedua menu yang saya pesan ini lumayan enak. Walau saya sedikit kecewa dengan lalapannya.

BALE-BEBAKARAN-9

BALE-BEBAKARAN-16

Ada satu menu yang membuat saya tertarik untuk memesannya. Menu itu adalah Sup Nila Asam Pedas. Dari gambar yang saya lihat, sepertinya sup ini sangat enak dan bentuknya juga sangat menarik. Tapi apakah yang saya pikir juga sama dengan apa yang saya rasa..? dan jawabannya adalah sama.. Sup ini enak sekali menurut saya. Rasa kuahnya yang asam dan segar membuat saya ingin melahapnya terus menerus. Walau secara ukuran, sup ini terbilang imut. Ikan nila yang terdapat di dalamnya juga menurut saya terlalu kecil. Tapi kelembutannya pas sekali dengan kesegaran dari kuahnya. Saya rekomendasikan menu yang satu ini buat eaters semua. Yummy…

BALE-BEBAKARAN-13

BALE-BEBAKARAN-14

Untuk minumannya saya memesan Milkshake Coklat, Juice Sirsak dan Es Kelapa Muda dengan gula jawa sebagai pemanisnya. Gula jawa memang punya sedikit sensasi yang berbeda ketika kita mencicipi es kelapa muda. Rasa manisnya tidak terlalu pekat, dan menurut saya sangat cocok sekali bila dicampur dengan air kelapa dan daging kelapanya. Membuat sedikit harmony yang indah di mulut. *gaya beuudd* 😀 Untuk Jucie sirsaknya juga pas kekentalannya. Dan cukup layak untuk bisa saya sebut juice sirsat. Kalau milkshake coklatnya hampir sama dengan milkshake kebanyakan. Tidak ada yang spesial dan tidak jauh berbeda.

BALE-BEBAKARAN-15

BALE-BEBAKARAN-5

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Bale Bebakaran
Jl. Gejayan (Affandi) Gg Guru No 12. Yogyakarta
Telp. (0274) 589886
Website : www.balebebakaran.com
Twiiter : @bale_bebakaran

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB

Price
Paket Gegorengan Nila (16k)
(Tahu Tempe, Air Mineral Botol, Nasi, Lalapan Sambal)
Paket Bebakaran Lele (8k)
(Nasi, Lalapan dan Sambal)
Sup Nila Asam Pedas (14k)
Milkshake Coklat (8k)
Juice Sirsak (7k)
Es Kelapa Muda Gula Jawa (5k)

MAP