Jujur saya akui, mencari makanan berkuah yang punya aliran sop atau sup memang susah-susah gampang. Karena memang makanan jenis ini sangat jarang sekali dijadikan sebagai menu utama. Kebanyakan restoran atau rumah makan menjadikan sup sebagai menu pendamping atau pelengkap sajian menu mereka. Saya sempat mendengar slentingan di dunia maya, kalau ada warung sop *pake istilah lokal aja* yang lumayan terkenal enak dan ramai pengunjung, bahkan harus antri berjam-jam lamanya untuk mendapatkan semangkuk sop. Tapi sebelum sampai ke tempat itu, saya ingin berbagi tentang warung makan yang satu ini.

WAROENG-SERSOP-7

WAROENG-SERSOP-6

Penemuan saya akan warung makan ini sama seperti jelajah kuliner saya sebelumnya, yaitu tanpa sadar dan tanpa kesengajaan *mabok dong bang* hehe.. sadar sih.. cuma agak sedikit terpukau dan bengong aja, ada juga nih warung yang menyajikan sop sebagai menu utama. Nama warung ini adalah Waroeng Sersop yang merupakan singkatan dari Serba Sop. Warung sederhana ini terletak di jalan Kyai Mojo No. 115. Tapi kebanyakan orang lebih mengenal jalan ini dengan jalan Godean. Kalau kalian tahu bakso PK yang ada di jalan Godean, nah warung ini berada persis disebelahnya.

WAROENG-SERSOP-5

WAROENG-SERSOP-4

Saya mengkategorikan tempat ini sebagai warung makan, karena dilihat dari segi tempat, penataan dan space yang mereka berikan tempat ini lebih cocok disebut warung ketimbang resto. *lha wong jenenge wae wis waroeng mas bro* Waroeng Sersop menyajikan berbagai macam jenis sop yang bisa eaters pilih, ada sop matahari, sop kepala, sop ceker, sop daging, sop ayam, sop sosis dan masih banyak lagi. Oh iya mereka juga punya sop buah sebagai menu penutup lho *bener-bener warung serba sop nih.. hahaha..* Dengan warna cat tembok yang didominasi dua warna terang hijau dan kuning, selera makan kalian pasti akan tambah besar ketika mengunjungi tempat ini.

WAROENG-SERSOP-1

WAROENG-SERSOP-10

Siang itu saya memang sedang ingin mencicipi sop yang hangat dan pedas untuk menu makan siang saya. Walau Jogja sekarang panasnya ga ketulungan, tapi menurut saya sop tetap cocok dinikmati disegala suasana dan kondisi cuaca. Langsung saja saya memesan tiga jenis sop-sopan yang mereka punya. Sop Daging Ayam, Sop Daging Sapi dan Sop Sayur menjadi pilihan saya siang itu. *wah kumat nih kemaruknya* Yang saya perhatikan dari ketiga jenis sop ini adalah kuah yang punya rasa dan tingkat kebeningan yang sama. Artinya.. Ketiga sop yang saya pesan ini punya kuah sop yang sama. Yang membedakan ketiganya hanya isianya saja.

WAROENG-SERSOP-2

WAROENG-SERSOP-8

Ketiga sop yang saya pesan ini punya porsi yang cukup pas di perut. Tidak terlalu mengeyangkan tapi juga tidak terlalu sedikit. Cocok sekali dimakan dengan nasi putih yang hangat menyembul bul bul… 😀 Kuah sop dari Waroeng Sersop ini menurut analisis saya *gaya tenan* mempunyai rasa yang agak sedikit plain, tidak terlalu gurih tapi enak. Hampir mendekati rasa sop rumahan yang biasa saya nikmati. Apakah ini buruk..? menurut saya tidak. Kuah sop ini terasa segar dan menurut saya kalaupun menggunakan bumbu penyedap rasanya masih bisa ditolelir oleh tenggorokan.

WAROENG-SERSOP-3

WAROENG-SERSOP-9

Buat beberapa orang, kelebihan penyedap rasa bisa membuat tenggorokan sedikit terasa tidak mengenakkan. Tapi kuah sop yang saya rasakan di tempat ini masih bersahabat dengan tenggorokan saya. *aman di lidah, aman di perut dan aman di kantong* hehe.. Jadi kalau eaters sedang ingin mencicipi berbagai jenis sop, bisa mampir dan berkunjung ke tempat ini. Sebagai penutup makan siang saya hari itu saya memesan Sop Buah dan Es Jeruk. Maklum lah.. cuaca panas memang paling cocok bila dibunuh dengan minuman serba es. Walau konon katanya tidak baik mengkonsumsi minuman dingin setelah mencicipi makanan yang panas apalagi berkuah. *tetep ngeyel* 😀

WAROENG-SERSOP-11

WAROENG-SERSOP-12

Isian dari Sop buahnya tidak terlalu banyak. Seingat saya hanya ada tiga atau empat jenis buah. Tapi cukup segar lah untuk mengusir rasa gerah yang saya rasakan dari warung ini. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Waroeng Sersop (Serba Sop)
Jl. Kyai Mojo No. 115
Yogyakarta
Telp. 0274 9272694

Opening Hours
09:00 – 18:00 WIB

Price
Sop Daging Ayam (10k)
Sop Daging Sapi (10k)
Sop Sayur (10k)
Sop Buah (6k)
Es Jeruk (3k)

PS. Saya lupa harga pastinya

MAP