Sudah ada yang pernah mencicipi zuppa soup..? atau malah baru pernah denger..? Entah sejak kapan makanan berjenis cream soup ini jadi happening di dalam bisnis kuliner Jogja. Dahulu orang lebih mengenal zuppa soup ketika menghadiri pesta pernikanan. *termasuk saya hahahaa..* Tapi jangan salah.. makanan ini sebenarnya termasuk makanan eksklusif dan hanya disajikan di restoran atau hotel-hotel berbintang di Indonesia. Tapi Sekarang kalian bisa menemuinya di kedai-kedai atau warung pinggir jalan, yang tentunya sudah disesuaikan dari segi rasa serta harganya.

ZUPPARELLA-6

ZUPPARELLA-5

Saya sempat membaca beberapa artikel yang menyebutkan kalau makanan ini berasal dari Perancis, namun ada juga yang menyebutkan berasal dari Italia. Tapi kata dasar zuppa sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti soup. *lha kuwi ngerti mas bro* Entah mana informasi yang benar, saya akan coba selidiki lain kali yak. Tapi sekarang kita bahas kedai sederhana yang sekarang sudah menjelma menjadi warung makan mewah bernama Zupparella. Warung ini dulu konon kabarnya hanya berupa warung pinggir jalan yang menggunakan konsep angkringan untuk menyebarkan virus zuppa kepada para pelanggannya.

ZUPPARELLA-3

ZUPPARELLA-2

Tapi sekarang Zupparella sudah bertransformasi menjadi warung atau kedai yang lebih wah dan mewah layaknya kafe. Zupparella berada di jalan Kaliurang Km 5,6 Jogja. Lokasinya berada di samping warung Sate Padang Asli atau di seberang warung makan Padang Sederhana. Kalau masih mumet bisa liat peta di bawah ya. Kedai ini di dominasi oleh interior kayu jati belanda yang mempunyai gurat kayu yang apik. Jumlah meja dan kursi yang mereka sediakan juga tidak terlalu banyak, jadi siap-siap antri ya kalau sedang ramai.

ZUPPARELLA-4

ZUPPARELLA-12

Karena oven yang mereka gunakan berada di samping kedai dan tidak jauh dari meja pengunjung, efek panasnya membuat kedai ini sedikit panas di sing hari. *siap-siap kipas* Now let’s talk about the menu. Menu yang mereka sajikan tentunya zuppa, tapi kalian bisa memilih berbagai jenis zuppa yang sudah mereka sediakan, kalau saya tidak salah hitung total ada 23 jenis varian rasa zuppa yang siap menggelitik lidah kalian. Kalu ini masih belum cukup kalian juga bisa memesan beberapa varian cemilan dan minuman yang siap mendampingi zuppa soup eaters semua.

ZUPPARELLA-1

Sore itu saya cukup beruntung karena kedai ini tidak terlalu ramai pengunjung, jadi bisa pilih-pilih spot sesuka hati. Supaya dapet angle yang bagus untuk ambil foto, saya pilih untuk duduk di pojok kedai. Oh iya lupa, untuk memesan makanannya kalian langsung saja pensan di kasir ya, pilih menu sesuai selera dan langsung bayar di tempat. *ben do ra mlayu* Setelah melihat menu yang mereka punya saya pesan Zuppa Sosis dan Zuppa Jagung plus Udang untuk menu zuppa saya. Sedangkan untuk minumannya saya memesan Iced Lemon Tea.

ZUPPARELLA-7

ZUPPARELLA-10

Setelah beberapa saat akhirnya menu saya datang juga. Penyajian Zuppa soup di kedai Zupparella memang hampir sama seperti zuppa pada umumnya. Zuppa soup disajikan dalam mangkuk kecil yang menyerupai gelas, dan di atasnya terdapat toping puff pastry yang renyah dan garing. Ada dua cara untuk menikmati zuppa, cara yang pertama adalah hancurkan toping dan campur sekaligus dengan soupnya atau yang kedua makan setiap bagian dengan cara terpisah. Tapi saya lebih suka mencicipi zuppa dengan cara yang pertama.

ZUPPARELLA-8

ZUPPARELLA-11

Kalau dari segi porsi, kedua zupaa yang saya pesan porsinya pas di perut, tapi perlu kalian ingat kalau makanan jenis ini tidak cocok untuk kalian jadikan makanan utama, karena pasti kalian tidak akan kenyang, saya bisa pastikan itu. *soalnya beberapa jam udah laper lagi* 😀 Untuk rasanya zuppa di kedai Zupparella memang punya rasa diatas rata-rata penjual zuppa yang lain. Rasa soupnya kental gurih dan asinnya pas menurut saya. Yang membedakan hanya isiannya saja. Dan ini tidak memberikan efek yang signifikan terdapat zuppanya.

ZUPPARELLA-9

Kalau kalian suka dengan zuppa soup, kedai Zupparella bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu santai kalian bersama orang-orang tercinta. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Zupparella “Delicious Zuppa”
Jl. Kaliurang KM 5.6 No 4
Yogyakarta
Telp. 0274 9666966 / 08887766696
BBM 323C508B
Twitter @zupparella

Opening Hours
12:00 – 22:00 WIB

Price
Zuppa Soup Sosis (13k)
Zuppa Soup Jagung + Udang (14k)
Iced Lemon Tea (5k)
Iced Lime (3.5k)

MAP