Yang suka dan doyang dengan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yuk mari marapat kemari hey.. *malah nyanyi* 😛 Makanan berlemak dan berkolesterol tinggi memang identik dengan makanan enak dan maknyus, tapi saya sarankan perbanyaklah berolah raga untuk mengurangi efek buruknya. Kalau tidak bisa berolah raga, ya paling tidak jangan makan makanan berjenis ini terlalu sering. Kalau bicara buntut berbuntut pasti yang terbayang langsung makanan berkuah dengan daging buntut sapi yang maknyus.

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-7

Buntut memang salah satu bagian dari sapi yang biasa dimasak menjadi makanan berkuah yang punya citarasa maknyus sampai ke ubun-ubun. *tenane mas* Salah satu tempat yang menyajikan menu ini adalah warung Sop Buntut Sapi Pak Bujang. Warung sederhana yang berada di jalan Diponegoro Jogja ini memang punya citarasa tersendiri. Walau kadang saya sedikit mengeluh dengan luasan warung yang terbilang kecil dan cenderung sempit. Kalau sedang ramai pengunjung, penjual akan menyediakan tikar untuk kalian lesehan di pinggir jalan. *kena asep dan debu deh..*

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-6

Warung ini hanya buka di malam hari, jadi tidak bersaing dengan beberapa warung sejenis yang buka di siang hari *nantikan review saya selanjutnya* 😀 Walau ada juga yang buka dari pagi hingga malam hari, tapi harganya nyeremin banget buat kantong pas-pasan seperti saya. Kenapa Sop Buntut Sapi Pak Bujang..?! Karena yang pertama warung ini punya rasa makanan yang enak *katanya sih gitu* dan yang kedua harganya tidak mencekik di leher. Untuk Seporsi sop buntut kalian bisa menebusnya dengan harga lima belas ribu rupiah saja. Sedangkan di tempat lain bisa dua atau tiga kali lipatnya.

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-1

Memang kalau dilihat dari segi harga warung ini tidak bisa kalian sandingkan dengan warung-warung ternama lainnya, tapi paling tidak bisa menjadi pilihan makan sop buntut disaat kantong sedang kempes. *pinter bener sampeyan mas* 🙂 Kalau mau tiru-tiru bahasa gaul politik sekarang, pak bujang tidak apple to apple dengan sop cokro, tapi punya jalur atau track tersendiri. *gaya tenan bahasane mas bro* :p Selain sop buntut, warung pak Bujang juga menyediakan ayam kampung bakar dan goreng, sop daging, sop ayam dan bebek.

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-4

Untuk pilihan minumannya juga sangat sederhana, cuma ada jeruk, teh dan coffeemix *ini sih minuman siap saji yang udah jadi tren di warung-warung* Karena mulut udah berbusa dan ngiler kemana-mana saatnya mencicipi sajian khas berselera racikan dari pak bujang. Menu saya yang pertama apalagi kalau bukan Sop Buntut. Porsi sop buntut di warung ini kecil mendekati sedang. *nah lho piye kuwi* Tanggung sih sebenarnya, tapi ga papalah udah laper tingkat akut juga. Rasa kuah sop ini munurut saya maknyus bener, seger-seger gimana gitu. Isian buntutnya juga tidak terlalu banyak dan dagingnya kurang empuk sedikit. *nyelilit di gigi nih*

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-3

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-5

Secara keseluruhan sop buntutnya enak kok, sesuai dengan harga yang mereka tawarkan. Buktinya banyak banget pengunjungnya. hohoho.. Lanjut lagi saya punya Ayam Bakar. Ayam bakar yang saya pesan kali ini adalah bagian dada *uhuk..uhuk.. hehehe..* Bagian yang menurut saya paling banyak dagingnya dan paling sehat. Saya surprise dengan ayam bakar dari warung pak Bujang, rasanya mantab man.. berpadu pas dengan sambal-sambal yang mereka sediakan di meja. Ini nih yang saya suka, mereka menyediakan tiga jenis sambal yang kesemuanya maknyus. Ada sambel bawang, sambel ijo, dan sambel matang. Yang pasti semuanya pedes banget bro.. mantab..!!

SOP-BUNTUT-PAK-BUJANG-8

Cukup dengan segelas Jeruk Panas untuk menutup kebahagiaan perut saya setelah mencicipi makanan yang super sedap dari warung pak Bujang malam ini. Sampai jumpa di malam-malam berikutnya kawan eaters dan selamat berburu kuliner nusantara di kota Jogja. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Sop Buntut Sapi Pak Bujang
Jl. Pangeran Diponegoro (Depan Oriflame dan Toko Kaca)
Yogyakarta
Telp.

Opening Hours
18:00 – 23:00 WIB

Price
Nasi (3k)
Sop Daging (15k)
Sop Buntut (15k)
Sop Buntut Bakar/Goreng (16k)
Sop Ayam Kampung (9k)
Sop Udang (9k)
Puyuh (8k)
Lele Goreng (5k)
Lele Bakar (6k)
Ayam Kampung Bakar/Goreng Dada (9k)
Ayam Kampung Bakar/Goreng Dada (9k)
Bebek Dada (17k)
Bebek Paha (16k)
Jeruk Es/Panas (2k)
Teh Es/Panas (2k)
Air Putih (1k)
Coffeemix (3k)

MAP