Berburu warung makan yang menyediakan masakan seafood di Jogja itu susah-susah gampang. Kalaupun ada yang lumayan enak, rame dan murah selalu tidak konsisten waktu bukanya, kadang timbul.. kadang tenggelam.. *huffff* Tapi itulah suka dukanya berburu kuliner di kota Jogja, itung-itung bisa sambil jalan-jalan menikmati indahnya kota budaya ini. *cieee..cieee* Denger-denger di daerah jalan Sudirman ada warung seafood yang udah terkenal dari dulu, dan banyak menjadi jujukan orang-orang karena rasa dan harganya. Tapi setelah saya coba cari referensi di pakde google, ternyata masih jarang yang membahas warung seafood yang satu ini. *wah jadi yang pertamaks nih.. aseeekkk*

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-2

Warung ini bernama Seafood Pak Jenggot. Tapi antara nama dan penjualnya bener-bener ga sinkron nih.. setelah saya celingak celinguk kanan kiri ternyata ga ada tuh penjual yang berjenggot. *ngapusi kie.. hahaha..* Lupakan dengan jenggot si bapak, mari kita fokus dengan keajaiban dari warung ini. Warung ini berada di depan rumah sakit Bethesda dan menempati sebidang lahan di trotoar pinggir jalan. Tempatnya benar-benar sempit banget, hanya bisa menampung sekitar 20 orang saja, itupun dengan cara makan yang benar-benar tidak enak. *bejubel abiss..* Kalau kalian betah dan bersedia menunggu lama agar bisa dapet spot kosong, saya jamin kalian adalah orang paling sabar di alam dunia dan akhirat. 😛

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-1

Karena lokasinya berada di pinggir jalan dan menempati sebidang trotoar kecil, jangan harap dengan kebersihan yang baik dan benar ya, karena sudah pasti kalian akan merana berat. Jadi saran saya yang merasa jijik makan di tempat seperti ini silahkan balik kanan banting stir cari warung seafood di tempat lain. Saya beri sedikit tips kalau kalian ingin makan di warung ini. Datanglah sepagi mungkin *jangan malem-malem*, sabar dalam menunggu antrian kursi dan bersabar menunggu makanan kalian tiba. *sambil manggut-manggut* Untuk teman eaters yang membawa kendaraan roda empat bersiap-siaplah untuk mencari tempat parkir yang lowong di daerah ini, karena saya jamin susahnya minta ampun. Jadi kalau besok mau mampir mending bawa motor aja yak.. 😀

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-3

Pak Jenggot hanya menyediakan beberapa jenis menu di warungnya. Tapi beliau menyediakan aneka macam cara memasakanya. Buat penggemar kepiting bisa bersorak-sorak bergembira karena menu ini adalah salah satu signature di Warung Seafood Pak Jenggot. Selain kepiting warung ini juga menyediakan kerang, cumi, udang, ikan bawal dan ikan kakap. Adapun cara memasaknya bisa eaters pilih sendiri, mau dimasak saos padang ada, saos tiram juga ada, mentega, goreng, bakar, rebus, goreng tepung dan asam manis. Oh iya.. pak jenggot juga punya nasi goreng seafood lho, jadi yang lagi pingin makan nasi goreng bisa terakomodir perutnya.

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-4

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-13

Berhubung saya lagi males makan kepiting, saya pesen yang lain aja deh. *padune ora duwe duit okeh* 😀 Pilihan pertama saya jatuh kepada Nasi Goreng Seafood. Nasi goreng seafood di warung ini porsinya lumayan besar, warnanya juga cantik dan tidak terlalu pekat. Ada udang, cumi dan telur yang menyelimuti nasi gorengnya. Untuk rasanya enak kok walau menurut saya kurang pedas. Tapi nasi gorengnya perlu di apresiasi nih, karena tidak menggunakan banyak saos yang menurut sebagian orang kurang sehat.

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-5

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-12

Selanjutnya saya punya Udang Saos Padang. Sepintas menu ini cukup menggiurkan sekaligus mengerikan *menurut saya lho* dimana ngerinya..?? kuah kentalnya yang membuat saya ngeri, karena warnanya yang gelap dan merah, tapi sialnya rasanya enak banget man.. *galau* membuat saya sedikit melupakan segala hal tentang kesehatan perut saya. *preeettt, ngomong wae enak..* 😀 Porsi menu ini juga pas, bahkan bisa untuk berdua, kalau kalian lagi pura-pura diet bisa lah.. hahaha..

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-6

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-10

Pasien berikutnya adalah Kerang Saos Tiram. Kerang yang di goreng terlebih dahulu baru dimasak dengan saos tiram ini juga punya porsi lumayan dan rasa yang enak. Kerangnya tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Saos tiramnya juga terasa sangat gurih dan pas. Satu lagi menu yang tidak boleh kalian lewatkan. Karena perut saya masih penasaran dengan menu yang lain saya memesan satu lagi menu kesukaan saya, yaitu Cumi Saos Mentega. Cumi yang dimasak dengan saus mentega ini punya tekstur dan rasa yang mantab.

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-7

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-11

Cumi yang mereka masak tidak terlalu alot, alias dimasak dengan sempurna. Saos atau kuah menteganya juga sedap-sedap gurih gimana gitu. Kalau biasanya cuminya ditepungin dulu, tapi di warung ini mereka memasaknya dengan telanjang bulat. Inilah yang membuat saya suka dengan cumi saos mentega dari warung pak Jenggot. *mantabbb..* Biar perut ini sedikit netral dan damai, saya harus memesan segelas Air Putih dan Teh Panas. *nyessss…*

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-8

SEAFOOD-PAK-JENGGOT-9

Itulah sedikit cerita saya di warung Seafood Pak Jenggot, kalau kalian ingin mencicipi seafood di warung ini lupakanlah sejenak permasalahan hidup anda, dan nikmati saja menu sedap yang ada di warung ini. 🙂 Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Seafood Pak Jenggot
Jl. Jenderal Sudirman No.2 (Depan RS Bethesda)
Yogyakarta
Telp. 0812 258 5907

Opening Hours
18:00 – 23:00 WIB

Price
Nasi Goreng Seafood (13k)
Udang Saos Padang (17.5k)
Kerang Saos Tiram (12k)
Cumi Saos Mentega (17.5k)
Kepiting 1 Ekor (25k)
Kepiting 1 Porsi (50k)
Ikan Bawal (25k)
Ikan Kakap (15k)
Nasi Putih (3k)
Es Jeruk (2.5k)
Es Teh (2.5k)
Jeruk Panas (2.5k)
Teh Panas (2k)
Kopi (3k)
Coffeemix (3k)

MAP