Kalau ngomongin masalah mie ayam pasti setiap dari kalian punya tempat nongkrong favorit mencicipi makanan yang punya berbagai jenis varian ini. Mie ayam memang tidak pernah padam nyala apinya, setiap daerah punya ciri khas dari makanan berbahan dasar tepung terigu ini. Ada yang menyebutnya mie ayam jakarta, ada yang menyebutnya khas dari Wonogiri *karena yang jual kebanyakan orang dari daerah ini* dan ada pula yang menyebutnya mie ayam ndeso yang biasa dijajakan keliling rumah atau mangkal dipojokan gang kampung. Saya ga akan pernah bosen ngebahas tentang kuliner yang satu ini. Selain karena variasi dari mie ini banyak sekali, juga karena harganya yang terbilang murah dan masuk di kantong semua kalangan. Salah satu yang membuat saya ingin berkunjung ke Mie Ayam Palembang Afui adalah karena cerita dari mulut ke mulut tentang betapa dahsyatnya warung mie ayam yang satu ini. Seberapa hebat warung ini..?! mari kita buktikan saja sendiri.

Dari cerita yang saya dengar dan yang saya baca, warung mie ayam ini pertama kali terkenal di daerah Babarsari, tepatnya di belakang kampus FISIP Universitas Atma Jaya Jogja. Kalau ada yang tau jalan Tambak Bayan, ya disitulah tempat lokasi pertamanya. Tapi saya menemukan ada lokasi lain dari warung mie ayam ini, yaitu jalan Kaliurang KM 5.5 Jogja, berada persis di samping sop ayam pak min *lain kali kita bahas warung ini 😀*

Satu hal yang saya yakini, ini adalah cabang dari mie ayam yang sama yang berada di babarsari. Kenapa begitu..? karena spanduknya sama hehehe.. *woooo.. dasar bocah gemblung* Entah kenapa palembang..?, padahal ini di Jogja. Mungkin si empunya aslinya dari palembang. Entahlah.. tapi yang penting mie ayam ini enak dan mantab.. *emange wis ngicipi mas bro?* Eh kan belum ngicipin ya.. hahahaha..

Karena warung ini hanya menjajakan satu jenis menu, jadi saya pesan Mie Ayam Komplit saja berikut segelas Jeruk Panas sebagai tombo ngelak. *tapi jebule lali difoto haha..* Mie ayam di warung ini punya jenis mie yang kecil-kecil dan tidak mblenyek. *lembek* Disajikan terpisah antara kuah dan mienya. Setiap dari mie komplit yang mereka sajikan seharusnya terdapat jamur, tapi sialnya saya kehabisan bahan yang satu ini. *padahal enak kie nak ono jamure* Selain jamur terdapat juga dua buah bakso ikan dan dua buah pangsit basah.

Sedangkan untuk mangkok mienya terdapat mie yang diberi toping irisan daging ayam dan taburan daun bawang. Menurut saya kurang banyak nih irisan dagingnya, tapi ini masalah selera saja sih. Setelah saya campurkan antara kuah dan mienya, kalian bisa merasakan kalau mie ayam ini punya citarasa yang enak dan gurih di mulut. Kuah mie ini berkaldu sekali. Tidak hambar tapi juga tidak terlalu pekat. Pas di mulut dan pas di kantong. Konon katanya, di babarsari mereka punya versi jumbonya. Kalau kalian ingin mencicipinya bisa mampir ke warung yang berada di babarsari.

Sekian perjalan kuliner saya kali ini. Next time saya akan berbagi info tentang dunia permie ayaman lagi. Nantikan cerita saya selanjutnya. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

[divider ]INFORMATION[/divider]

Location
Mie Ayam Palembang Afui
Jl. Kaliurang KM 5.5 (sebelah Sop Ayam Pak Min)
Yogyakarta
Telp.

Opening Hours
08:00 – 21:00 WIB

Price
Mie Ayam (6k)
Mie Pangsit (7k)
Mie Bakso (8k)
Mie Komplit (9k)
Pangsit Kuah (6k)
Bakso Ikan (1k)
Es Teh (1.5k)
Es Jeruk (2k)
Jeruk Hangat (2k)
Teh Hangat (1.5k)

[divider ]MAP[/divider]