Salam kuliner eaters. Kalau kalian sering atau pernah berkunjung ke kawasan wisata kuliner pringwulung pasti akan sedikit bingung dan heran kenapa banyak sekali resto yang tutup dan banyak pula resto yang baru. Persaingan bisnis kuliner di jogja memang terbilang kejam. Siapa yang tidak bisa eksis pasti akan dilibas pendatang baru. *geleng-geleng kepala* Sekalian saya mau minta maaf nih kalau ada beberapa resto atau warung yang pernah kita kunjungi sekarang sudah tutup, karena itu berada di luar kuasa saya. 🙂

RIVERSIDE-1

RIVERSIDE-2

Salah satu resto yang baru muncul di kampung wisata kuliner pringwulung adalah River Side Coffee & Resto. *ga baru-baru amat sih sebenarnya* Lokasi resto ini berada di kawasan paling belakang dari kampung wisata pringwulung. Menempati lahan yang cukup luas, resto ini memang lebih menyasar wisata kuliner keluarga, kumpul-kumpul temu kangen, meeting bisnis, ulang tahun dan party..!! 😀 *abis liat websitenya* Memang tempatnya cukup luas dan di tengah-tengah resto terdapat danau mini yang bisa dimanfaatkan untuk bermain sepeda air atau mandi *nek wani* 😛

RIVERSIDE-3

RIVERSIDE-4

Gubug-gubug atau saung menjadi daya tarik dari resto ini. Tapi kalau kalian malas untuk lesehan, ada juga spot yang menggunakan kursi kayu sebagai pilihan bersantap eaters semua. Resto ini memang lebih cocok dinikmati di malam hari. Suasana yang nyaman, sepi dan tenang bisa kalian nikmati dengan iringan lantunan musik di akhir pekan. Penataan lampu yang tidak terlalu terang juga menjadi daya tarik resto ini di malam hari.

RIVERSIDE-5

RIVERSIDE-6

River Side Coffee & Resto menyajikan menu masakan Indonesia, oriental dan western food. Banyak sekali pilihan menu yang bisa kalian cicipi, mulai dari bebakaran, sayur, nasi goreng, ayam dan sapi, aneka sup, kakap, steak, udang, cumi, gurame, kepiting, kerang, mie, kwetiau dan aneka macam minuman mulai dari yang panas, aneka macam kopi, juice, milkshake, chocolate dan squash. *akeh tenan iki, yo namanya juga resto, nak sitik jenenge warung tegal* 😛 Silahkan pilih sesuai dengan selera dan kantong eaters ya.

RIVERSIDE-7

RIVERSIDE-8

Kalau dari segi harga, River Side Coffee & Resto memang terbilang sedikit di atas rata-rata, tapi ini sesuai dengan ambience yang mereka tawarkan dan menu yang mereka sajikan. *jenenge wae resto mas mbak* Kalau kalian kebetulan sedang tajir atau barusan dapet warisan bisa coba mampir kesini. Tapi kalau kalian sudah kaya dari lahir tentu tidak akan menjadi masalah. 😀 Welcome to River Side Coffee & Resto, dan selamat menikmati suasana dan menu yang ada.

RIVERSIDE-11

Malam itu saya memesan beberapa menu yang lumayan banyak *bar entuk warisan yo mas* biar puas dan bisa nongkrong berlama-lama di resto ini. Menu iseng pertama saya adalah Kerang Saos Padang. Karena saya hobi makan seafood *hati-hati buat yang punya kolesterol* saya ingin mencicipi taste saos padangnya. Jenis kerang yang mereka gunakan adalah kerang dara atau kerang darah. Penampilan dari menu yang satu ini memang idah dipandang dan tentu saja di foto. Ada berbagai macam warna di dalam penyajiannya, kuning kecoklatan dari saus , hijau dari daun bawang dan merah dari cabai dan tomat. Untuk rasanya enak juga kok, walaupun belum spesial menurut lidah saya.

RIVERSIDE-12

Next saya punya Cumi Asam Pedas. Cumi yang dimasak dengan selimut tepung ini juga punya penampilan sangat menarik dengan warna hijau dan merahnya. Keduanya berasal dari paprika yang ditumis bersama saos asam pedasnya. Ada hal yang saya sayangkan dari masakan seperti ini, kenapa selalu membungkus cuminya dengan tepung. Rasa dari cumi yang kenyal dan nikmat itu tidak bisa kita rasakan langsung di lidah. *sayang sekali* Walaupun dari segi rasa menu ini cukup pedas dan bersahabat di lidah.

RIVERSIDE-13

Lanjut lagi dengan Brokoli Bawang Putih. Karena sayuran adalah hal yang penting dalam hidup, saya memesan menu yang menjadi favorit saya sejak dulu, yaitu brokoli. Walaupun jangan terlalu sering makan brokoli ya, karena hal yang berlebihan itu tidak baik *tumben ngomong bijak* Brokoli yang dimasak dengan saos bawang puith ini sebenarnya enak tapi kalau boleh saya mengkritisi brokoli yang terlalu overcook atau bahasa jawanya kematengan. Rasa kriuk-kiruk yang saya harapkan tidak bisa saya rasakan di lidah.

RIVERSIDE-17

Karena cuaca saat itu sedang gerimis mengundang, saya memesan menu Sup Ayam Jagung sebagai penghangat tubuh saya yang kedinginan. Untuk ukuran porsinya lumayan besar, tapi kalau kalian jadikan menu utama saya rasa kurang. Karena menurut saya sup jenis ini memang lebih cocok dijadikan menu pembuka sebelum hidangan utama kalian. Perbandingan antara jagung dan daging ayamnya cukup pas. Tingkat kekentalan sup ini juga oke. Untuk rasanya asinnya juga pas di lidah. Boleh nih dijadikan sebagai menu pembuka makam malam kalian.

RIVERSIDE-18

Rasa penasaran saya muncul ketika saya melihat ada Zuppa Sup didalam menu mereka. Saya pesan satu ya mbak..!! Untuk bisa mencicipi menu yang satu ini saya harus menunggu lumayan lama samapi menu ini datang ke meja saya. Rasa dari Zuppa Sup ini menurut lidah saya hampir mirip dengan Zuppa Sup dibeberapa tempat yang lain. Enak sih tapi belum spesial di mulut saya.

RIVERSIDE-14

RIVERSIDE-15

RIVERSIDE-16

Sambil menunggu hujan gerimis reda saya memesan beberapa minuman. Ada yang panas dan ada yang dingin. Yang panas saya sisakan terakhir sebagai penghangat tubuh, jadi saya pesan yang dingin-dingin dulu yaitu Blue Island Squash dan Es Kelapa Muda. Saya sengaja memilih Blue Island Squash karena penyajiannya yang menarik mata saya. *liat foto di menu* Pasti apik nak di foto iki. Tapi ternyata rasanya juga enak, buat kalian penyuka air soda bisa mencicipi menu yang satu ini. Sedangkan untuk Es Kelapa Mudanya saya rasa sedikit kemahalan untuk segelas kelapa muda. Tapi segala sesuatu yang sudah masuk restoran pasti akan sedikit terkatrol harganya. Dan itu sudah menjadi hal yang lumrah.

RIVERSIDE-9

RIVERSIDE-10

Dengan rasa yang sama mungkin saya bisa dapat Es Kelapa Muda yang lebih banyak di tempat lain. Terakhir saya memesan Jeruk Panas sebagai penutup dan sekaligus sebagai penghangat badan saya. Silahkan mampir dan buktikan sendiri ya sobat eaters. Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
River Side Coffee & Resto
Wisata Kuliner Pringwulung
Yogyakarta
Telp. 0274 7828857
Pin BB : 2688F407
Website : www.riversidecoffeeandresto.com
Twitter : @riverside_ok

Opening Hours
12:00 – 24:00 WIB

Price
Kerang Saos Padang (19k)
Cumi Asam Pedas (23k)
Brokoli Bawang Putih (14k)
Sup Ayam Jagung (14k)
Zuppa Sup (15k)
Blue Island Squash (14k)
Es Kelapa Muda (9k)
Jeruk Panas (5k)

MAP