Apa kabar sobat eaters? saya mau minta maaf nih, karena ada sesuatu dan lain hal eatjogja ga update untuk beberapa saat, tapi sekarang saya siap berbagi informasi lagi dengan sobat eaters semua. 🙂 Tempat makan yang saya jajah kali ini sedikit lumayan jauh dari pusat kota Jogja. Lebih tepatnya berada di sebelah timur kota Jogja. Walaupun jauh tapi hasrat berburu kuliner tidak akan pernah padam. *lebay maning mas’e* Bakso Rusuk Salad Solo Samson memang lebih dulu dikenal di kota yang merupakan kerabat dekat Jogja sejak jaman Mataram kuno.

Tapi sekarang sudah mulai menjajah kota-kota besar di Indonesia termasuk Jogja. Berdasarkan informasi yang saya baca *dapet dari papan info yang dipajang di tembok* Ternyata di Jogja sudah ada 3 cabang dari warung yang terkenal dengan bakso dan saladnya ini. Kalian bisa menemukan warung ini di daerah Kalasan, Mlati Sleman dan Gejayan Condongcatur. Warung yang saya kunjungi kali ini berada di daerah Kalasan. Kalau kalian tahu gapura Kesatrian Adisucipto, nah warung ini berada persis di sebalah timur gapura ini, kurang lebih sekitar 50 meteran.

Warung ini menempati sebuah bangunan yang cukup besar untuk sebuah warung bakso. Lahan parkir motor dan mobilnya juga cukup memadahi. Walaupun warung ini terbilang jauh dari kota, namun pengunungnya tidak pernah surut. Coba saja tengok warung ini setiap kalian melintasi jalan ini, pasti rame terus ga abis-abis pelanggannya. *yakin dah sumpah* Memang hal yang aneh bin ajaib, karena lokasinya jauh dan harganya juga menurut saya bisa dibilang ga murah. Berarti tinggal satu jawabannya, yaitu rasa. Kalian penasaran? yuk mari kita coba satu-satu.

Menu yang mereka sediakan sebenarnya cuma sedikit, tapi mereka variasikan dengan campuran rusuk sebagai bahan utamanya. Ada bakso, rusuk, soto, ayam goreng, lele dan tentunya salad solo. Untuk bakso dan sotonya mereka punya menu ganda campuran dengan rusuk. Gimana rasanya, yuk mari kita rasakan. Menu pertama saya adalah Soto Rusuk. Sotonya soto campur dan dagingnya menggunakan daging sapi. Tapi ditengah-tengah soto ini terdapat rusuk (iga) yang ikutan nemplok di mangkuk. Sotonya berkuah bening dan rasanya segar tapi tidak terlalu tajam. Kalau diberi kecap dan irisan jeruk nipis sensasi soto ini akan sedikit berubah, tentunya lebih enak.

Kalau menurut saya agak sedikit ga nyambung menyajikan soto dengan rusuk, tapi ternyata enak juga, karena rusuknya lumayan empuk, walau ga bisa disebut empuk banget tapi dengan daya upaya yang sudah kita keluarkan untuk menggerogoti rusuk ini sensasi makan soto dengan rusuk ini bisa jadi hal yang baru untuk kalian. *silahkan coba sendiri* Menu kedua saya adalah Bakso Komplit. Tadinya saya ingin mencoba bakso tetelan, tapi saya ingin mencoba citarasa asli dari bakso ini, jadi saya putuskan untuk mencoba bakso tanpa embel-embel apa-apa.

Setiap porsi bakso terdapat 5 buah bakso dan mie kuning. Kuah baksonya juga tidak terlalu asin. Dan yang pasti aman di tenggorokan. *efek kalau kebanyakan penyedap* Rasa baksonya kenyal dan enak, perbandingan antara daging dan tepungnya pas dan mantab. Saya suka bakso dan sotonya, walau keduanya belum bisa saya katakan spesial tapi enak kok, ga nyesel kalau kalian mencicipi kedua menu ini diwarung Bakso Rusuk Salad Solo Samson. Menu terakhir saya adalah the one and only Salad Solo.

Secara penampilan salad solo ini sudah masuk kriteria salad solo yang sebenarnya. Porsinya pas dan penampilannya menarik. Yang menjadi kunci dari salad solo menurut saya adalah kuahnya. Kuah salad dari warung Bakso Rusuk Salad Solo Samson ini sedikit encer dan lebih manis menurut saya. Walaupun secara keseluruhan menjadi perpaduan yang sempurna dengan daging sapi (kisi), telur, kentang, buncis, wortel, tomat, mayones, dan daun selada. Enak..enak..enak.. 😀

Akhir perjalanan ini saya akhiri dengan segelas Es Teler. Es Telernya sedap nih walaupun isiannya menurut saya kurang banyak. Perpaduan susu dan sirupnya pas sekali. Ada aroma durian yang saya rasakan di dalam es teler yang saya pesan. Minuman yang pas untuk kalian cicipi di siang bolong yang panas ini. 😀 Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Bakso Rusuk Salad Solo Samson
Jl. Jogja-Solo Km. 10.5 Grogol, Kalasan (Dekat Gapura Kesatrian Adisucipto)
Yogyakarta
Telp. 0274 4986604 / 0274 7486133

Opening Hours
10:00 – 21:00 WIB

Price
Salad Solo (14k)
Bakso Komplit (12k)
Soto Rusuk (14k)
Es Teler (10k)

MAP