Setelah sekian lama perburuan soto saya hentikan, kini tiba saatnya saya berburu menu berkuah ini kembali. Sasaran kuliner saya kali ini adalah soto yang berasal dari Jakarte alias betawi. Sudah lama saya mendengar kemasyhuran dari soto betawi ini tapi masih agak susah menemukan soto betawi di kota Jogja. Akhirnya saya mendapatkan pencerahan setelah melihat beberapa referensi kuliner yang saya baca. Karena rasa penasaran yang begitu tinggi akhirnya nemplok juga saya di warung Soto Betawi Bang H. Pitung.

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-6

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-3

Meskipun warung Soto Betawi Bang H. Pitung bukan satu-satunya warung yang menyajikan menu soto betawi, namanya sudah tersohor dikalangan pecinta kuliner soto di kota Jogja. Warung yang dulu berada di jalan ngasem ini kini telah berpidah tempat ke jalan Juminahan No 12 Jogja. Jalan ini berada di sebelah barat Hotel Jambukluwuk atau di sebelah barat rumah sakit bethesda lempuyangwangi. Kalau masih bingung bisa lihat peta di bawah.

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-5

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-4

Menempati lokasi yang mirip sebuah ruko, Soto Betawi Bang H. Pitung selalu ramai dikunjungi pelanggan yang setia dengan citarasa khas soto betawi setiap harinya. Warung yang didominasi dengan cat tembok berwarna hijau ini tak pernah surut akan pengunjung. Walaupun tidak terlalu besar warung ini cukup nyaman untuk disinggahi di setiap waktu.

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-1

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-8

Penyajian soto betawi ini cukup unik. Disajikan dengan tungku alumunium yang dibawahnya terdapat lilin kecil yang selalu menghangatkan soto betawi pesanan kalian. Porsi setiap soto yang disajikan cukup pas untuk mengisi perut kosong kalian. Tapi jangan harap bisa mengeyangkan perut kalian, karena menurut perut gentong saya, soto ini baru akan mencapai tingkat kenyang ketika kalian memesan dua porsi sekaligus. 😀

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-7

Ada beberap jenis soto betawi yang bisa kalian pesan. Setiap menu hanya dibedakan berdasarkan isian dari sotonya. Ada isian ayam, daging, jeroan dan telur untuk menu soto betawi spesialnya. Soto betawi memang merupakan soto bersantan yang menurut saya harus selalu disajikan dalam keadaan panas atau minimal hangat. Karena kalau sudah dingin akan mengurangi kelezatan soto ini.

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-10

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-11

Siang itu saya memesan dua menu sekaligus yaitu Soto Betawi Ayam dan Soto Betawi Spesial. Untuk Soto betawi spesialnya terdapat tambahan potongan telur ayam, selebihnya hanya berbeda isian daging dan ayam. Dalam soto betawi yang saya cicipi kali ini ada irisan kentang, daging / ayam, irisan tomat segar dan taburan emping yang cukup banyak. *wah kolesterol nih* Rasa kuahnya segar sekali dan tidak terlalu asin. Untuk menambah citarasa kelezatannya kalian bisa menambahkan kucuran jeruk sambal. Selain menetralkan kolesterol, rasa asam dari jeruk ini bisa menambah citarasa dari kuah Soto Betawi Bang H. Pitung. Enak dan segerrrrr..

SOTO-BETAWI-BANG-H-PITUNG-9

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Soto Betawi Bang H. Pitung
Jl. Juminahan No. 12
Yogyakarta
Telp. 0274 9598470

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB

Price
Soto Betawi Ayam (7.5k)
Soto Betawi Sapi / Babat (9.5k)
Soto Betawi Campur (11k)
Soto Betawi Spesial (12k)
Nasi / Lontong (2k)
Es Teh / Hangat (2k)
Es Jeruk / Hangat (2.5k)
Es Lemon Tea / Hangat (3k)
Kopi / Coffemix (3k)
Kopi Jahe / Susu Jahe (3k)

MAP