Makanan yang serba pedas memang mempunyai sensasi tersendiri di mulut kita. Rasa yang membakar lidah dan memberikan efek jangka panjang di perut ini *sakit perut, kebelet bo*er, perut melilit* memang punya penggemar tersendiri. Mungkin kalau diadakan sensus penduduk penyuka pedas, pasti jumlah orang yang suka membakar lidah ini bakalan menang daripada orang yang ga doyan pedas sama sekali.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-5

Orang lebih mengenal pedas dari masakan berkuah atau sambal yang dijadikan objek cocol atau campuran berbagai jenis masakan. Karena pengaruh salah satu kripik khas dari bandung, sepertinya sekarang banyak warung makan yang mengukur tingkat kepedasan suatu makanan beradasarkan levelnya, mulai dari level yang rendah hingga tinggi. Tapi baru kali ini saya menemukan mie ayam yang menggunakan tingkat level kepedasan.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-2

Mie Ayam Bakso Mas No memang Mie ayam bukan sembarang mie ayam. Karena penyajian dan bentuk mie ayam ini memang lain daripada yang lain. Kalau kalian biasa menemukan mie ayam berkuah, kali ini saya menemukan mie ayam goreng yang punya tingkatan level kepedasan. Mie ayam goreng..?! kaya apa tuh..?! Yupp.. Mie ayam goreng dari mas No ini memang unik dan menarik.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-1

Mie ayam disini memang berbentuk seperti mie goreng, hanya saja ini mie ayam. *ya gitulah pokoknya, mie ayam yang di goreng dan disajikan tanpa kuah* Ada beberapa pilihan rasa mie ayam goreng. Ada mie ayam goreng bakso, ada yang daging dan ada yang spesial. Karena penasaran saya coba Mie Ayam Goreng Bakso level 1. Oh iya.. saya lupa menjelaskan, kalau level kepedasan disini diukur berdasarkan jumlah sendok sambal yang kalian minta. Kalau level satu ya satu sendok sambal dan begitu seterusnya.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-7

Saya harus menunggu kurang lebih 10 menit sampai menu mie ayam saya datang. Penyajian mie ayam ini memang unik dan menarik. Mienya cenderung berwarna coklat agak kehitaman karena campuran kecap. Ada sawi sebagai sayuran standar mie ayam. Porsinya juga lumayan besar dan mengeyangkan. Potongan ayam dan baksonya juga banyak nih. Sesuai dengan harga yang mereka bandrol setiap porsinya.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-8

Dari segi rasa, jujur level satu ini kurang pedas untuk lidah saya. Rasa gurih, manis dan kenyal dari mie berpadu apik dengan ayam dan baksonya. Ini mie ayam yang punya rasa unik dan enak sekali. Lidah saya ternyata bisa menerima bentuk baru dari sebuah mie ayam. Karena saya masih penasaran dengan level pedes dan rasa mie yang lain saya memesan lagi Mie Ayam Goreng Daging, kali ini dengan level 5 *edan mas. kuwi weteng opo weteng*

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-3

Sama seperti saudaranya, mie ayam goreng daging ini juga sangat enak sekali. Rasa dagingnya bisa berpadu pas dengan ayam dan mienya. Porsinya juga besar dan mengeyangkan. Tapi ternyata level 5 juga belum membakar mulut saya. Tapi saya rasa level 5 ini masih lebih baik dari level satu yang rasakan sebelumnya. Tapi kalau urusan pedas monggo disesuaikan dengan level perut masing-masing ya. Jangan sampai masuk rumah sakit cuma gara-gara mie ayam ya. hehe. 😀

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-6

Selain mie ayam, warung ini juga punya bakso. Ada dua jenis bakso di tempat ini. Mereka menamainya bakso porsi kecil dan bakso porsi besar. Tentunya dengan harga yang sesuai dengan porsinya. Saya pesan saja satu buah Bakso Porsi Besar. *geleng-geleng kepala sambil elus-elus perut* Ternyata porsinya benar-benar besar. Setiap mangkok terdapat 8 buah bakso sedang yang ditemani dengan mie kuning dan mie putih. *lebih mirip soun* Rasanya enak dan gurih sekali. Baksonya juga kenyal dan daging banget, top deh pokoke.

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-9

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-10

Menu makan siang saya akhiri dengan Jus Tomat dan Jus Jambu. Karena cuaca saat itu sedang hot-hotnya, jadi pas lah kalau saya pesen jus. Oh iya satu lagi sebelum kelupaan. Konon dari kabar burung yang saya dengar, sudah ada yang pernah mencicipi mie ayam sampai level ratusan. Entah itu perut atau kuali sampai bisa nahan pedes sedahsyat itu *masih ga percaya*

MIE-AYAM-&-BAKSO-MAS-NO-4

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Ayam Bakso Mas No “Mie Ayam Goreng Berlevel”
Jl. Bima Sakti No. 1 Gondokusuman Yogyakarta (Sebelah Kantor DPU)
Telp. –

Opening Hours
10:00 – 21:00 WIB

Price
Mie Ayam Goreng Bakso (12k)
Mie Ayam Goreng Daging (15k)
Bakso Porsi Besar (18k)
Jus Tomat (4k)
Jus Jambu (5k)

MAP