Makanan pencuci mulut atau yang biasa disebut dessert memang lebih identik dengan gaya kuliner orang barat. Tapi siapa sangka di Asia juga punya kebiasaan yang sama namun dengan konsep dan citarasa yang berbeda. Anne Shin adalah salah satu kedai yang berusaha menyajikan dessert dengan gaya khas Asia terutama Asia Tenggara. Kalau dibeberapa kedai atau restoran makanan penutup disajikan sebagai menu pendamping, maka di kedai Anne Shin dessert dijadikan sebagai menu utama.

ANNE-SHIN-1

Dari sekapur sirih yang saya baca di menu, Anne Shin berusaha menyajikan makanan penutup khas peranakan dari beberapa negara Asia tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapore dengan cara yang unik, enak dan otentik. *begitu bunyinya* Beberapa menu penutup di kedai ini memang jarang saya temui di beberapa kedai atau resto yang lain dan jangan khawatir karena semua menu yang disajikan di kedai ini halal. *begitu yang saya baca*

ANNE-SHIN-2

Kedai yang berlokasi di daerah Deresan Jogja ini terbilang unik. Menempati sebuah teras rumah, mereka menyulap lahan yang sempit itu menjadi tempat yang cukup nyaman untuk kalian bersantap hidangan penutup di siang, sore ataupun malam hari. Tapi menurut saya paling enak mencicipi hidangan ini di waktu sore, disaat cuaca tidak terlalu panas dan perut tidak terlalu kenyang *iki mung saran lho yo* 😀 Anne Shin sendiri memang boleh dibilang masih tergolong kedai baru, tapi mereka sudah punya perbedaan dari segi menu dengan kedai-kedai lain serupa.

ANNE-SHIN-4

Saya rasa cukup yah ceritanya, karena keburu laper nih perut.. hhe.. Setelah melihat-lihat menu baru dan lama yang Anne Shin berikan, saya tertarik untuk mencicipi Pancake Durian terlebih dahulu. Dari segi harga mungkin pancake ini agak sedikit mahal, tapi mungkin itu sangatlah relatif kalau dilihat dari cara mereka membuatnya. Dengan porsi yang lumayan pas, pancake yang selalu disajikan dengan warna hijau ini punya citarasa yang unik, karena dibuat dengan buah durian lokal dan kulit pancake yang tipis namun lembut.

ANNE-SHIN-6

Rasa dari duriannya juga tidak terlalu manis. Kalau kalian penyuka berat durian mungkin agak sedikit kecewa dengan rasa duriannya. Tapi sekali lagi ini masalah rasa dan selera dari masing-masing orang. Selanjutnya saya pesan Puding Kelapa. Menu penutup yang satu ini menurut saya unik sekali. Puding yang disajikan dalam keadaan dingin karena ada tambahan satu scoop ice cream ini rasanya enak sekali *sumpah gue ga bohong* puding kelapanya lembut, rasa kelapa yang dominan berpadu dengan ice cream yang lembut benar-benar memanjakan lidah saya. yummy sekali… *top deh*

ANNE-SHIN-7

Diatas puding kelapa yang mereka sajikan terdapat buah yang awalnya saya kira adalah buah cherry. Tetapi begitu saya gigit kok agak keras ya, buah apakah ini..? jujur saya masih menerka-nerka hingga sekarang. Rasa buah ini khas sekali, tapi apa ya..? Tebakan sementara saya adalah manisan buah cermai. Kalau eaters ada yang tahu jangan lupa kasih tahu saya ya.. 😀

ANNE-SHIN-9

Berikutnya saya punya Pisang Pasir Penang. Katanya sih makanan ini adalah gorengan khas dari Penang Malaysia. Tapi karena saya belum pernah kesana, saya cicipi dulu makanannya. *semoga besok bisa kesana 😀* Pisang yang digoreng dengan bumbu krispi semacam gula semut ini rasanya gurih dan kriuk-kriuk. Kulit pisangnya tidak terlalu manis. Buah pisangnya juga tidak terlalu manis. Setiap menu yang disajikan, kalian akan mendapatkan empat buah pisang berukuran sedang, cukup bikin kenyang perut di sore hari.

ANNE-SHIN-10

Terakhir saya punya Es Air Mata Kucing dan French Fries. Minuman yang katanya tersegar ke 6 di dunia versi CNNgo pada tahun 2011 ini awalnya terasa aneh di lidah saya. Tapi lama kelamaan lidah saya bisa menikmatinya dan ternyata segar juga. Buah mata kucing adalah buah kelengkeng versi Malaysia. Orang malaysia menyebut buah ini dengan julukan mata kucing, sedangkan orang Indonesia menyebutnya buah kelengkeng. Segar dan top deh.

ANNE-SHIN-8

Untuk French Friesnya porsinya kecil sekali, dan disajikan tidak menggunakan saus sambel maupun saus tomat. *french fries yang aneh* Sampai-sampai saya harus minta saus sambel kepada pelayannya. *hadehhh..* Usaha mereka untuk menyajikan makanan yang berkualitas tinggi, sehat dan natural perlu diacungi jempol. Makanan yang seperti inilah yang perlu kita apresiasi selain makanan khas dari Indonesia. It’s desserts time.. 🙂

ANNE-SHIN-3

Saya bukan pakar kuliner, saya hanya ingin berbagi informasi tentang dunia perkulineran di Jogja kepada eaters semua. Karena rasa adalah masalah personal dari lidah kalian masing-masing. Silahkan eaters coba dan buktikan sendiri. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Anne Shin Asia Dessert
Jl. Jl. Cempaka Putih CTX.10, Yogyakarta.
Telp. (0274) 8555131
BBM : 303445A6
Twitter : @anneshin67

Opening Hours
10:00 – 21:00 WIB

Price
Pancake Durian (12k)
Puding Kelapa (16k)
French Fries (7.5k)
Pisang Pasir Penang (12k)
Es Air Mata Kucing (12.5k)

MAP