Musim hujan telah tiba, makanan berkuah menjadi sasaran penting di musim hujan ini. Selain memberi kehangatan di kala hujan, makanan yang berkuah juga bisa dijadikan sarana olahraga sambil makan.. kenapa begitu..? karena sambil makan tanpa terasa kita berkeringat deras.. hahaha.. *jorok tenan mase* Cukup ya ngelanturnya.. balik lagi ke topik bahasan tentang makanan berkuah. Warung yang saya kunjungi ini punya tiga jenis masakan, namun yang paling terkenal di tempat ini adalah sop dan sotonya.

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-3

Warung makan ini bernama Sop dan Soto Pak Edi. Lokasinya sangat mudah kalian temukan. Karena berada di pinggir jalan utama Affandi Gejayan Jogja. Bersebelahan dengan minimarket 24 jam yang sangat terkenal itu. Dulu denger-denger sih warung ini masih berupa warung pinggir jalan, tapi sekarang sudah berpindah menempati bangunan yang lebih permanen.

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-1

Selain sop dan soto warung ini juga menyediakan menu nasi goreng. Banyak sekali jenis soto dan sop di tempat ini, bahkan juga nasi gorengnya. Ada daging, campur, babat, kikil, ati ampela, ayam dan lainnya. Silahkan pilih sesuai dengan kesukaan kalian. Karena saya sedang ingin yang segar-segar maka saya memesan Sop Daging dan Soto Daging. Kenapa daging..? biar sedikit mengurangi kolesterol saya. hehe.. *isih enom kok wis penyakitan* 😛

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-4

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-7

Kalau kalian memesan soto atau sop, kalian tidak perlu lagi memesan nasi, karena setiap menu sop atau soto yang kalian pesan itu sudah termasuk nasi, jadi sop atau sotonya sudah jadi satu pasang dengan nasinya. Karena sore itu tidak banyak pengunjung yang datang, menu soto dan sop saya datang sangat cepat. Oh iya saya lupa memberi tahu kalau sop dan soto di warung Pak Edi ini merupakan soto dan sop khas Jakarta yang menggunakan santan sebagai campuran kuahnya. Hampir mirip dengan kuah Sop kambing yang biasa kalian cicipi.

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-5

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-8

Potongan daging dalam setiap mangkuknya cukup banyak. Porsinya pas untuk makan siang atau makan malam. Kuahnya tidak terlalu pekat, masih cenderung bening dan encer. Tapi rasanya segar sekali, tidak terlalu asin dan pas dimulut saya. Saya hampir kesusahan untuk membedakan antara kuah soto dan kuah sopnya, karena mereka punya rasa yang hampir mirip sekali, cuma satu yang membedakan antara sop dan sotonya yaitu adanya soun atau mie pada sotonya sedangkan pada sopnya tidak ada.

SOP-DAN-SOTO-PAK-EDI-6

Untuk minumannya saya memesan yang sederhana saja yaitu Jeruk Nipis Hangat. Saya berharap jeruk nipis ini bisa menetralisir sop dan soto daging saya. 😀 *padune wedi keno kolesterol wae* Untuk rasa overall saya suka. Tekstur, rasa, porsi dan penampilannya semuanya menggoda. Layak untuk kalian cicipi dan kunjungi. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Sop dan Soto Pak Edi
Jl. Affandi Gejayan No. 7 Yogyakarta
Telp. 0813 929 23357 / 0877 396 52165

Opening Hours
10:00 – 24:00 WIB

Price
Sop Daging (12k)
Soto Daging (12k)
Jeruk Nipis Hangat (3.5k)

MAP