Banyak sekali usaha katering di Jogja yang cukup terkenal, beberapa dari merek terkenal itu kerap kali menghiasi acara kawinan, ulang tahun bahkan sampai pesta perusahaan-perusahaan besar baik sekala lokal maupun nasional. Tapi kalau kalian perhatikan hanya sedikit usaha katering yang merambah sampai punya rumah makan atau restoran. Nah salah satu resto yang saya kunjungi kali ini punya keduanya, katering sekaligus rumah makan.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-1

Pondok Ikan Dua Putri pertama kali berdiri di daerah sagan Jogja, tapi seiring dengan waktu dan semakin besarnya usaha warung makan ini, mereka memutuskan untuk membuka beberapa cabang di beberapa tempat di kota Jogja. Sepengetahuan saya sudah ada empat buah rumah makan yang mereka punyai, yang pertama tentu saja di daerah Sagan, yang kedua berada di daerah Seturan, yang ketiga berada di daerah jalan Monjali dan yang ke empat yang saya kunjungi kali ini berada di daerah jalan Kaliurang.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-5

Pondok Ikan Dua Putri yang berada di jalan Kaliurang ini terbilang cukup besar. Dengan lahan parkir yang cukup luas memudahkan kita kalau ingin memarkir motor ataupun mobil. Kalian bisa memilih untuk lesehan atau cukup duduk di kursi, silahkan sesuikan dengan bokong masing-masing 😀 Kursi yang berwarna hijau dan orange ini membuat interior ruang makan semakin terkesan ramai namun sejuk dimata.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-4

Untuk pilihan menunya sangat beragam sekali, mulai dari aneka masakan ayam, ikan air tawar, ikan air laut, udang, cumi, kerang, nasi goreng dan steak juga ada. Setiap menu yang mereka sajikan dimasak dengan berbagai macam cara, ada yang dibakar pedas atau manis, di goreng biasa, masak saus lada hitam, saus asam manis, saus asam pedas and masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kantong dan selera masing-masing ya. Tapi jangan khawatir soal harga, karena harga di Pondok Ikan Dua Putri ini masih cukup terjangkau di kantong.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-8

Menu pertama yang saya pesan adalah Kerang Asam Pedas. Secara penampilan dan bentuk dari masakan ini bagus kali, foodgenic deh pokoke *boso opoan kuwi* Porsinya juga pas untuk dua atau tiga orang berperut normal. *nak perut gentong yo buat dewean* Sedangkan untuk rasanya enak sekali, pedas dan asamnya pas, tapi mungkin buat pecinta pedas memang kurang sedikit nendang, but overall the taste is so good.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-9

Karena penasaran dengan menu cuminya saya memesan Cumi Asam Pedas. Setelah menu cumi saya datang, saya agak sedikit sangsi dengan rasa yang bakalan muncul dari cumi asam pedas ini. Kenapa..?? karena ternyata cuminya disajikan dengan balutan tepung yang menurut saya cukup tebal, dan setelah melakukan otopsi kedalam cumi tersebut ternyata dugaan saya benar, cuminya cuma secuil dibandingkan dengan tepungnya yang segunung. Kalau secara bumbu dan rasa memang enak, tapi saya tidak bisa mencicipi cumi-cuminya *sayang sekali*

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-11

Selanjutnya saya memesan Nasi Goreng Seafood. Nasi gorengnya porsi jumbo nih, keliatan banget begitu sampe ke meja saya, alamat bakalan ga abis dimakan. *efek perut mbelenduk* Untuk rasa nasi gorengnya sendiri menurut saya standar *menurut saya lho ya* karena rasa dari seafoodnya kurang menonjol. Rasa pedas dan rasa sausnya lebih dominan. Tapi penyajiannya cukup cantik untuk sebuah nasi goreng seafood.

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-10

Terakhir saya memesan Bawal Laut Bakar. Tadinya saya ingin memesan yang ukuran medium, tapi berhubung habis, saya dipesankan kakaknya yang lebih besar, tentunya dengan harga yang lebih besar juga *lihat dompet* Untuk menunggu menu ini datang, saya harus sedikit lebih bersabar karena dari kesemua menu yang saya pesan menu ini datang paling belakangan. Tapi itu semua terbayar sempurna dengan penampilan dan rasa dari ikan bakar ini. Rasa dan tampilannya saya acungi jempol. Daging ikannya masih lembut dan tebal. Bumbu olesan bakarannyapun merangsek masuk sampai kedalam daging. Sempurnaa.. *senyum bahagia*

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-6

PONDOK-IKAN-DUA-PUTRI-7

Dari semua menu yang sudah saya pesan saya memilih Bawal Laut Bakar sebagai juaranya. Dari segi harga, rasa dan penampilan, menu ini patut untuk saya rekomendasikan buat eaters semua. Setelah kenyang dengan semua makanan yang saya pesan, saya memesan dua jenis minuman yang semoga bisa melengkapi perjalanan kuliner saya kali ini. Mereka adalah Lemon Tea dan Jus Alpukat. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Pondok Ikan Dua Putri
Jl. Kaliurang KM 5.5 Yogyakarta
Telp. 6677702

Opening Hours
10:00 – 22:00

Price
Kerang Asam Pedas (15k)
Cumi Asam Pedas (20k)
Bawal Laut Bakar (30k)
Nasi Goreng Seafood (11k)
Nasi Putih (2.5k)
Jus Alpukat (7k)
Lemon Tea (5k)

MAP