Hanya sedikit resto atau warung makan di jogja ini yang mengusung menu spesialis daging sapi atau iga. Mungkin bisa dihitung dengan jari, tapi kalau ayam atau penyetan malah kalian akan susah menghitungnya karena saking banyaknya warung semacam ini. Salah satu resto yang menyajikan menu daging sapi adalah Kedai Sapi “Special Iga Bakar”. Sepengetahuan saya, resto ini sudah lama ada tapi masih jarang orang ngeh dan tau keberadaan resto ini. Dan sudah menjadi tugas saya untuk membagi informasi ini kepada eaters semua. *kedipin mata*

KEDAI-SAPI-6

KEDAI-SAPI-2

Resto yang berada di jalan Tamansiswa ini mudah kalian temui. Karena lokasinya berada persis di pinggir jalan utama, jadi kalian ga perlu masuk gang untuk menemukan resto ini. Resto ini bersebelahan dengan Soto Ayam Pak Tur dan bersebelahan lagi dengan warung pempek yang terkenal di tamsis. Kalau masih tetep nyasar itu namanya kebangetan.. 😛

KEDAI-SAPI-1

KEDAI-SAPI-5

Yang saya dengar dan baca resto ini punya menu andalan berupa Iga Bakar Madu. Tapi selain menu tersebut eaters bisa memesan menu lain sesuai dengan selera dan kantong eaters tentunya. 😀 Ada nasi goreng, ayam geprek, aneka sop, jamur crispy, telur dadar, roti cannai dan lainnya. Untuk minumannya juga lumayan lengkap, ada aneka susu, juice dan beberapa minuman standar lainnya.

KEDAI-SAPI-3

Kalau dilihat dari segi harga, sebenernya resto ini terbilang murah. Karena untuk satu porsi iga kalian cukup menebusnya dengan harga 31 ribu rupiah, kalian sudah mendapatkan iga bakar ukuran large. Kalau ditempat lain bisa lebih mahal dari itu. Tapi bagaimana soal urusan rasa? mari kita tanya perut masing-masing.. hehe.. Siang itu saya mencoba memesan menu andalan mereka yaitu Iga Bakar Madu. Biar kenyang dan mantab saya memesan yang ukuran large, tapi sayang oh sungguh sayang menu tersebut telah habis, jadi mau ga mau saya dapet ukuran yang medium, tapi tak apalah.. mari kita coba saja.

KEDAI-SAPI-9

Menu Iga bakarnya disajikan dengan sambal kecap dan irisan beberapa timun dan tomat segar. Kalau secara ukuran menurut saya iga bakar ini terlalu kecil, tapi sudah cukup membuat kenyang saya di siang hari. Olesan madu dan beberapa bumbu rempahnya masuk hingga ke dalam dagingnya. Daging iganya mudah sekali terlepas dari tulangnya dan tidak terlalu alot. Sedap nih.. enak pula, dari rasa dan harga iga bakar ini patut jadi pilihan eaters semua.

KEDAI-SAPI-7

Lanjuuuttt.. Saya penasaran dengan menu Sop Iga Bakar. Iga bakar yang disajikan dengan kuah sop yang kental dan beberapa irisan tomat dan timun ini ukurannya juga hampir mirip dengan iga bakarnya, sama-sama size medium. *ya iyalah, lha wong pesene podo* Tapi bumbu olesannya sedikit lebih berbeda dengan iga bakar madunya. Warna dagingnya sedikit lebih terang. Sama seperti iga bakarnya, daging dari sop iga ini juga empuk dan mudah sekali lepas dari tulangnya.

KEDAI-SAPI-8

Untuk rasanya juga enak nih, apalagi kuahnya yang seger dan kental ini menambah citarasa iga bakarnya. matabbb.. *menurut lidah saya lho ya* Untuk menggenapi perut saya yang masih longgar saya memesan Roti Cannai Original. Roti yang konon katanya berasal dari India ini disajikan dengan kuah manis bertabur wijen. Kalau biasanya roti ini disajikan dengan kuah kari kambing atau domba lain halnya dengan restio ini. Mungkin untuk menghilangkan kesan eneg dan terlalu berat mereka menyajikannya dengan kuah yang manis dan ringan ini. *mirip roti naannya Thailand nih* Rasanya enak kok, rotinya garing dan manis ditambah cocolan kuahnya. Tapi kalau lama-lama eneg juga ternyata.

KEDAI-SAPI-11

KEDAI-SAPI-10

Well.. setelah makan yang eneg-eneng saya mencairkannya dengan minuman sejuta umat yaitu Es Teh dan Es Jeruk. Kalau kalian kebetulan lewat jalan ini cobalah mampir sejenak dan mencicipi masakan mereka. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Kedai Sapi “Special Iga Bakar”
Jl. Taman Siswa No. 101 Yogyakarta
Telp. 0274 6520705

Opening Hours
10:00 – 22:00 WIB

Price
Iga Bakar Madu L/M (31k/28.5k)
Sop Iga Bakar (31k/28.5k)
Roti Cannai Original (6k)
Es Jeruk (3k)
Es Teh (2.5k)

MAP