Kalau kemaren saya membahas tentang kuliner khas Gunungkidul, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang oleh-oleh khas Gunungkidul yang juga sudah terkenal luas hingga keseluruh penjuru tanah air. Oleh-oleh ini berbahan dasar dari telo *singkong* yang dikeringkan kemudian ditumbuk bernama gaplek. Dari bahan dasar ini kemudian diolah menjadi gathot dan thiwul. Salah satu warung oleh-oleh yang menjadi pelopornya adalah Gathot Thiwul Yu Tum.

GATOT-TIWUL-YU-TUM-2

GATOT-TIWUL-YU-TUM-1

Konon katanya Yu Tum sudah menjajakan gathot dan thiwul ini sejak tahun 1985. Awal bisnis keluarga ini memang dirintis dari kecil, mulai dari menjajakan sendiri dari satu tempat ke tampat lain *keliling wonosari* sampai akhirnya menetap di salah satu bangunan permanen yang cukup besar dan bahkan sudah punya cabang di beberapa tempat. Walau sekarang Yu Tum sudah berpulang namun bisnis ini tetap berjalan dan dikelola oleh keluarga besarnya.

GATOT-TIWUL-YU-TUM-3

GATOT-TIWUL-YU-TUM-4

Dari beberapa informasi yang saya baca, Yu Tum memang menjadi pelopor makanan khas Gunungkidul berupa Gathot Thiwul. Karena kegigihannya beliau berhasil menjadikan makanan yang dulunya dianggap sepele ini menjadi makanan yang populer berbagai kalangan masyarakat. Bahkan sudah menjadi identitas dari kabupaten Gunungkidul. Kalau kalian berkunjung ke Wonosari tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh Gathot dan Thiwul.

GATOT-TIWUL-YU-TUM-6

GATOT-TIWUL-YU-TUM-7

Kebetulan saya mampir ke pusat dagangan Yu Tum yang berada di jalan Pramuka Wonosari. Tempat ini cukup besar dan berlantai dua. Lantai pertama digunakan sebagai pusat jajanan oleh-oleh dan lantai kedua terdapat tempat seperti lesehan yang terbuat dari bambu. Cocok sekali untuk bersantai sembari menikmati jajanan khas Gunungkidul. *ora sempet ambil foto*

GATOT-TIWUL-YU-TUM-8

Ada berbagai jenis oleh-oleh di tempat ini. Mulai dari keripik, peyek, belalang goreng dan tentu saja gathot dan thiwul. Ada berbagai jenis gathot dan thiwul yang mereka jajakan. Mereka juga menyajikannya dalam berbagai ukuran. Ada yang utuh, setengah dan bahkan berbentuk tumpeng. Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi. Saya bisa menjamin kalau rasanya benar-benar enak. Tapi untuk kalian yang belum pernah mencicipi Gathot dan Thiwul mungkin awalnya akan merasakan rasa yang sedikit aneh di mulut.

GATOT-TIWUL-YU-TUM-9

GATOT-TIWUL-YU-TUM-10

Tapi ini semua masalah rasa dan kebiasaan. Kami orang Jogja sangat suka dengan Gathot dan Thiwul, kami juga berharap makanan ini akan terus ada dan melegenda di Gunungkidul dan menjadi buah tangan utama untuk kalian para wisatawan di Jogja. Mari kita lestarikan bersama kuliner khas nusantara. Kalau bukan kita siapa lagi. *mirip koyo iklan opo yo.. hihi.. 🙂*Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Gathot Thiwul Yu Tum
Pusat : Jl. Pramuka No. 36 Wonosari Gunungkidul
Yogyakarta
Telp. 0274 7889300 / 081328741792
Cabang : Jl. Wonosari – Yogya KM 3,5 Siyono Tengah, Wonosari, Gunungkidul
Telp. 0274 – 3001164

Opening Hours
06:00 – 20:30 WIB

Price
Thiwul Utuh (12k)
Thiwul Setengah (6k)
Thiwul Coblong (15k)
Thiwul tumpeng (50k)
Gathot Kecil (6k)
Gathot Besar (12k)
Gathot Thiwul Utuh (15k)
Gathot Thiwul Setengah (12k)
Gathot Thiwul Seperempat (6k)
Thiwul Srintil (15k)

MAP