Makanan yang satu ini memang kalah tenar dengan gudeg atau bakpia sebagai makanan khas Jogja. Tapi tidak perlu berkecil hati karena saya akan mebuatnya menjadi tenar.. hahaha.. *sok bener sampean mas* Maksud saya biar jadi terkenal saya kasih informasinya kepada sobat eaters semua biar makin mencintai makanan yang satu ini. 😀 Sepintas memang makanan ini mirip dengan rawon dari jawa timur, namun brongkos lebih kaya rasa *menurut saya lho ya* dan isiannya lebih berwarna dan bermacam-macam seperti Brongkos Tempel Asli, warung yang saya kunjungi kali ini.

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-4

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-3

Buat eaters sekarang ga perlu jauh-jauh pergi ke daerah Sleman untuk mencicipi sepiring brongkos, cukup datang ke daerah gejayan di utara jembatan merah. Kalau masih bingung bisa lihat peta di bawah yak. Bangunannya memang tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman untuk disinggahi dan dikunjungi *opo bedane jal* 😀 Ketika pertama kali datang ke tempat ini saya agak sedikit mengerutkan dahi, kenapa desain bangunannya menggunakan warna kuning dan hitam seperti desain salah satu gerai steak terkenal di Jogja, walaupun ada sedikit warna hijaunya sih. hehe..

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-2

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-1

Apapun desain warungnya yang penting makanannya betul?! Warung makan ini sangat sederhana, meja kursinya berwarna hitam dan disusun seperti rumah makan pada umumnya. *mungkin biar gampang sing ngresiki* Dikanan kiri bangunan ada aksen bambu sebagai pemanis warung ini. Untuk atapnya menggunakan asbes sepertinya, mungkin agak terasa panas kalau disiang hari. Ada berbagai menu brongkos yang bisa kalian pilih. Kalau biasanya brongkos hanya berisi daging sapi ditempat ini ada brongkos isi ceker, telur, koyor, iga dan bahkan ada brongkos kepala kambing juga. *piye jal iki bentuke*

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-5

Karena terlalu ngeri untuk saya bayangkan, saya memilih brongkos yang normal-normal aja deh. Brongkos pertama yang saya pesan adalah Brongkos Daging Telur. Seperti halnya brongkos pada umumnya, menu ini berisi potongan daging sapi, kacang tolo, tahu, melinjo, cabai rawit dan tentunya telur rebus. Saya lebih suka mencicipi brongkos sambil “ngletus lombok” *makan cabai* karena membuat rasa brongkos ini semakin nikmat. Dari segi rasa brongkos di warung ini enak sekali, porsinya juga besar dan isian dagingnya banyak, mantab benerr.. josss..

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-6

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-9

Lanjut lagi dengan Brongkos Iga. Sumpah saya belum pernah mencicipi brongkos dengan isian iga sebelumnya. gimana rasanya? Ternyata sedap sekali menu ini. Daging iganya empuk sekali, mereka memasaknya dengan sempurna. Tidak perlu effort yang besar untuk memakan daging iganya cukup menggunakan sendok sudah lepas dagingnya *tapi lebih enak pake tangan sambil di sruput-sruput* 😀

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-7

BRONGKOS-TEMPEL-ASLI-8

Untuk minumannya saya memesan Es Jeruk dan Segelas Jus Mangga. Jus Mangganya enak, tingkat kekentalannya pas dan tidak terlalu encer. Saya rekomendasikan kepada eaters yang belum pernah mencicipi brongkos untuk mampir ke tempat ini, atau ngajak teman dari luar kota juga boleh. Kalau mau brongkos yang legendaris dan otentik bisa mampir ke brongkos bu Padmo yang ada di bawah jembatan krasak Tempel Sleman. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Brongkos Tempel Asli
Jl. Affandi Gejayan 79A (Ringin Soropadan)
Yogyakarta
Telp. 0274 6938886

Opening Hours
07:30 – 20:30 WIB

Price
Brongkos Daging Telur (20k)
Brongkos Iga (22k)
Nasi Putih (3k)
Jus Mangga (5k)
Es Jeruk (2k)

MAP