Sepertinya saya telat untuk mereview warung yang satu ini. Sebenarnya tanpa berbagi ceritapun, warung ini sudah cukup terkenal di kalangan pecinta pempek di kota Jogja. Tapi apa salahnya bila saya berbagi dan bercerita dengan versi eatjogja. 🙂 Saya sudah sering membeli pempek di tempat ini, namun baru sekarang berkesempatan untuk mengambil gambar dan sedikit bercerita kepada sobat eaters semua. Warung Pempek yang saya kunjungi ini bernama Pempek Ny. kamto.

PEMPEK-NY-KAMTO-2

Sudah tidak asing kan di telinga kalian? pastilah.. karena warung ini sekarang punya brand image yang sangat kuat di Jogja. Setiap kali orang ingin membeli pempek, yang teringat selalu pempek Ny. kamto *salut dan angkat topi* Warung ini punya beberapa cabang di Jogja. Jangan khawatir kalau bingung mencarinya, karena warung ini tersebar hampir di seluruh wilayah Jogja. Dari informasi yang saya baca, warung ini bermula dari sebuah kedai kecil di Jl Beskalan *samping Ramai Mall* dan berkembang semakin pesat hingga sekarang.

PEMPEK-NY-KAMTO-1

Kebetulan warung yang saya kunjungi kali berada di Jl Affandi Gejayan. Males kalau harus menerobos jalan Malioboro yang selalu penuh sesak dan macet, karena kalau kalian ingin melihat dan singgah di warung aslinya yang di jalan Beskalan kalian harus melewati jalan Malioboro. *i think it’s the only way* Warung pempek Ny. Kamto yang berada di gejayan ini juga cukup ramai dan tidak kalah lega dengan warung yang pertama. Bahkan menurut saya lebih lega.

PEMPEK-NY-KAMTO-4

Ada berbagai menu yang disediakan oleh warung ini. Bahkan menurut saya warung ini punya menu pempek paling banyak dibandingkan dengan warung pempek sejenis. Ada Lenggang, lenggang panggang, mie tahu, tekwan, kapal selam, tahu, kulit dan bulat. *banyak kan..* Silahkan sesuaikan dengan selera eaters masing-masing. Sore itu saya memesan dua jenis menu. Menu saya yang pertama apalagi kalau bukan Kapal Selam.

PEMPEK-NY-KAMTO-7

Menurut saya menu ini yang paling banyak di pesan orang. Karena dari segi rasa, bentuk dan porsi, pempek jenis ini yang menurut saya sedikit lebih mengeyangkan *nek sing liyane kudu pesen luwih seko siji ben iso kenyang 😀* Setiap menu kapal selam disajikan dengan irisan timun yang berbentuk dadu. Sedangkan untuk kuah cukanya *Cuko klo orang palembang bilang* ada dua jenis, ada yang pedas atau tidak pedas sama sekali. Menurut saya *lagi* kuah cuko di warung ini cenderung lebih cair, karena mungkin disesuikan dengan lidah orang Jawa jika dibandingkan dengan kuah cuko asli dari Palembang sana.

PEMPEK-NY-KAMTO-8

Untuk rasanya enak kok, mereka menggorengnya tidak terlalau kering. Jadi masih terasa lembut di dalam walaupun diluar terasa krispi. Mantab deh pokoknya. Menu saya yang kedua adalah Tekwan. Salah satu menu khas di warung pempek yang hanya satu-satunya yang berkuah dibandingkan dengan menu yang lain. *yang lainnya keringan* Kuah tekwanya cenderung bening dan tidak banyak isian, hanya ada bihun, taburan seledri dan beberapa bola tekwan *yang bahannya tidak beda jauh dari pempek* benar-benar minimalis.

PEMPEK-NY-KAMTO-5

PEMPEK-NY-KAMTO-6

Untuk Soal rasa, tekwan ini lumayan enak walau kalau saya boleh bilang belum cukup spesial. *ini selera pribadi* Untuk mengakhiri menu makan sore saya kali ini saya memesan Jeruk Nipis Panas dan Teh Panas. Saya suka sekali dengan jeruk nipisnya, seger benerrrr.. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Pempek Ny Kamto
Jl. Affandi Gejayan No. 31 Yogyakarta
Telp. 0274 6504880

Opening Hours
09:00 – 21:00 WIB

Price
Lenggang (10k)
Lenggang Panggang (10k)
Mie Tahu (10k)
Tekwan (9k)
Selam (9k)
Tahu (6k)
Kulit (6k)
Bulat (6k)
Jeruk Nipis Panas (4k)
Teh Panas (2.5k)
*Belum termasuk PPn 10%

MAP