Perburuan saya mengenai warung makan yang satu ini dilandasi atas tantangan seorang teman baik yang penasaran dengan desas-desus mie yang katanya dimasak dan disajikan sesuai dengan bungkusnya. *soale dudu wong Jogja* 😛 Untuk kalian kalangan mahasiswa pasti sudah tau tempat yang satu ini. Tapi berhubung saya belum pernah dengar dan bingung dimana lokasi tepatnya, mbah google menjadi pilihan utama saya hehehe… Dan benar saja, di halaman pertama mbah google saya langsung menemukan dimana lokasi warung ini berada.

TELAP-TWELEP-4

Warung ini bernama Mie Persis Telap 12 “Telap Twelep” yang berlokasi di jalan Pandeyan Jogja, kalau kalian bingung bisa lihat peta di bawah. Ancer-ancernya gampang kok, *sekali-sekali pake boso jowo ngih mas mbak* Kalian tahu XT Square?! nah lokasinya berada di utaranya. Kalau kalian dari arah utara bisa lewat jalan Glagah Sari, atau di sebelah selatan UTY *masih ke selatan jauh sih* Tapi gampang ditemukan kok, kalau masih ga ketemu culik teman kalian yang orang Jogja pasti ketemu. 😀

TELAP-TWELEP-3

Kalau saya baca sejarahnya, dulu warung ini masih lesehan di pinggir jalan, tapi sekarang sudah menempati salah satu ruko di belakangnya. Walaupun masih ada beberapa spot lesehan yang bisa eaters pilih. Kesan pertama saya datang ke tempat ini adalah ramenya minta ampunnn… kaya antri sembako aja nih.. busettt daahhh.. *geleng-geleng kepala* Mungkin karena generasi anak muda jaman sekarang adalah generasi mie instan ga heran kalau tempat macam ini ramenya ga karuan.. *big applouse for telap 12*

TELAP-TWELEP-2

Sebenarnya cuma satu yang spesial dari warung ini kalau mau kita bandingkan dengan warung burjo yang sudah eksis terlebih dahulu di kalangan mahasiswa Jogja yaitu penyajiannya yang benar-benar mirip dengan salah satu bungkus brand mie instan ternama di Indonesia. Kayaknya sih mereka memang hanya menggunakan satu jenis merek mie saja. *ketok kok mas seko gambare* Semua varian mie instan disajikan benar-bener mirip nama mie instannya, contoh semisal mie goreng rendang, maka di setiap sajian mie tersebut juga ada rendang dan beberapa asesoris lain seperti gambar bungkusnya *idene josss tenan iki*

TELAP-TWELEP-6

TELAP-TWELEP-1

Kenapa Telap 12 ?! Karena angka 12 dalam bahasa inggris berbunyi Tweleve dan kalau orang jawa pasti bilang twelep. *dasar ilat wong jowo* Terus hubungannya dengan telap ?! Jadi begini ceritanya.. *hening* telap 12 kalau orang jawa bilang jadi telap twelep.. nah asal muasal kata ini sebenarnya adalah telap-telep yang artinya makan dengan lahap *dalam bahasa jawa* kemudian mereka plesetkan menjadi telap twelep dan akhirnya menjadi telap 12.. *ngerti to.. nak ra ngerti yo monggo dipikir sendiri ngih* 😛

TELAP-TWELEP-10

Sambil menunggu antrian yang cukup banyak saya memesan tiga jenis hidangan yang ingin saya bagi dengan eaters yaitu Mie Persis Goreng Pedas, Mie Persis Goreng Spesial dan Mie Persis Kuah Kari Ayam. Untuk bisa mendapatkan kursi dan melahap menu makanan saya, saya harus menunggu kurang lebih 20 menitan *seinget saya* Lumayan lama untuk membunuh rasa penasaran saya. Akhirnya menu pertama saya datang juga yaitu Mie Persis Goreng Pedas. Memang sepintas mie ini disajikan benar-benar mirip dengan bungkusnya, ada telor ceplok dan irisan tiga buah rolade *nak rak salah jenenge, soale lali* Untuk rasanya ya sama dengan yang biasa kalian rasakan kalau makan mie instan hanya saja lebih pedas *pedes banget malahan* tapi enak juga.. hahahahaha..

TELAP-TWELEP-11

Selanjutnya datang Mie Persis Kuah Kari Ayam. Wuiih mangkoknya gede banget bro.. Sama seperti saudaranya tadi mie ini juga disajikan mirip seperti gambar bungkusnya, ada tambahan pupu ayam irisan tomat dan yang saya paling suka ada daun jeruknya, membuat rasanya semakin nikmat.. hmmmm.. yummyy.. Rasa paha ayamnya juga menyatu dengan kuah kari yang memang tidak terlalu banyak dan cenderung nyemek klo orang jawa bilang.

TELAP-TWELEP-9

Dan yang terakhir adalah Mie Persis Goreng Spesial. Menu ini adalah default menu dari brand mie terkenal itu. Disajikan juga sama seperti gambar bungkusnya dan ada tambahan udang rebus serta telor ceplok yang menurut saya sangat cantik. Mereka punya teknik untuk membuat telor ceplok yang hebat, karena kuning telurnya masih terlihat mentah dan putih telurnya belum terlalu gosong. *saluutttt..*

TELAP-TWELEP-7

TELAP-TWELEP-8

Untuk minumannya mereka hanya memberikan beberapa varian saja. Karena sedikitnya pilihan itu maka saya memesan Milkshake Strawberry dan Fanta Float. Kedua jenis minuman ini pasti sudah sangat familiar di lidah eaters semua, dan rasanya juga tidak jauh beda dengan jenis minuman yang sama di tempat lain. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Persis Telap 12 “Telap Twelep”
Jl. Pandean No. 10B Yogyakarta
Telp. –
Twitter : @Telap12

Opening Hours
Hari Biasa : 12:00 – 22:00 WIB
Jumat : 13:00 – 22:00 WIB
Kalau libur akan diinfokan via twitter 🙂

Price
Mie Persis Goreng Pedas (10)
Mie Persis Goreng Spesial (11)
Mie Persis Kuah Kari Ayam(10)
Milkshake Strawberry (6k)
Fanta Float (7k)

MAP