Untuk orang Wonosobo yang berada di Jogja sepertinya sekarang sudah tidak susah lagi untuk menemukan makanan khas dari daerah mereka yaitu mie ongklok. Karena sepertinya makanan khas ini sudah mulai merambah di Jogja, walau yang saya ketahui baru sedikit. Mungkin ke depannya akan tumbuh warung-warung mie ongklok berikutnya. Beberapa orang menyebutnya mie ramen jawa, tapi ada pula yang menyebutnya mie ayam berlendir *walau sebenarnya agak berbeda* Apapun sebutan orang, saya rasa tidak akan mengurangi kelezatan dan kekhasan dari mie ongklok itu sendiri.

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-12

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-2

Warung mie ongklok yang saya mau share kepada eaters semua kali ini berada di jalan Magelang Jogja. Warung ini ada di sisi timur jalan magelang *maaf kalau pakai penunjuk arah mata angin* Untuk kalian yang masih bingung bisa lihat peta di bawah. Nama warung ini adalah Mie Ongklok Japuto. Warungnya cukup luas dan bersih, tapi parkir di tempat ini agak sedikit ribet karena jalan magelang memang terkenal sangat ramai. Jadi musti ekstra hati-hati ya..

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-1

Untuk warung pinggir jalan, warung Mie Ongklok Japuto ini terbilang sangat bersih *surprise juga ngeliatnya* dan penggunaan lampu yang cukup terang membuat setiap pandangan mata yang lewat tempat ini selalu teralihkan dan membuat penasaran. *ide yang brilian* Saya kira menu yang mereka sajikan hanya berupa mie ongklok saja, tapi ternyata mereka juga menjula aneka nasi goreng yang mereka beri nama Nasgor Semarang. Karena tujuan saya kemari adalah untuk berburu mie ongklok saya skip dulu nasi gorengnya.

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-11

Seperti saudara yang tidak bisa dipisahkan, di setiap warung mie ongklok kudu wajib dan musti ada tempe kemul dan sate sapi. Menu ini harus selalu ada bila kalian ingin mencicipi citarasa mie ongklok secara keseluruhan. Dan kebetulan kesemuanya tersedia di warung Mie Ongklok Japuto. *joss gandoss..* Setelah saya datang dan memilih duduk di sudut warung *seperti biasa, supaya bisa dapet angle gambar yang paling bagus 😀* Saya mulai memesan menu favorit dan utama di warung ini yaitu Mie Ongklok.

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-8

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-9

Karena hari itu pengunjung warung tidak terlalu banyak, saya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk semangkuk mie ongklok pesanan saya. Secara penampilan mie ongklok ini memang tidak semewah makanan-makanan yang lain. Karena kuah kanjinya menutupi hampir semua mie, jadi penampilannya terkesan datar, hanya ada beberapa daun kucai saja yang terlihat menyembul di sisi kanan kiri mangkuk. Setiap menu mie ongklok ditemani sambal ijo yang kalau saya liat cenderung kering teksturnya. Kalau kalian tidak suka ya jangan dimakan 😀

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-4

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-10

Untuk rasanya, menurut saya mie ongklok ini yang paling enak dari beberapa mie yang sudah pernah saya coba di Jogja. Walau beberapa orang asli wonosobo tetap menyebutnya berbeda, tapi menurut lidah saya enak kok. *dasar ngelihan* Sebagai teman menyantap mie ongklok saya juga memesan Sate Sapi dan Tempe Kemul. Tempe kemulnya juga tidak seperti yang asli tempe kemul yang saya tahu, tapi secara rasa dan penampilan sih enak. Teksturnya kriuk-kriuk dan rasanya gurih enak.

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-5

Sedangkan untuk sate sapinya menurut saya agak sedikit kering, tapi secara rasa juga pas di lidah dan pas bila dipadukan dengan mie ongklok kalian. Karena saya masih penasaran dengan satu menu yang tersisa, apa salahnya jika saya juga memesan menu tersebut. Menu terakhir saya adalah Lontong Sayur. Karena saya memesannya paling terakhir, Lontong sayur saya datang paling belakangan. Kalau saya lihat kok santannya sepertinya pecah ya.. dan disajikan kurang panas, jadi kurang sedap di lidah.

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-6

MIE-ONGKLOK-JAPUTO-7

Untuk minumannya saya memesan Jeruk Manis Panas dan Es Jeruk Nipis. Saya suka sekali Es Jeruk Nipisnya, rasa kecut dan manisnya pas. mantab deh pokoknya. Jangan takut untuk datang dan mencicipi langsung ya.. Selamat mencicipi kawan eaters. Selamat berkuliner ria. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

INFORMATION

Location
Mie Ongklok Japuto
Jl Magelang No. 82 Yogyakarta
Telp. 0274 7412100

Opening Hours
18:00 – 23:00 WIB

Price
Mie Ongklok (6k)
Sate 10/5 Tusuk (20k/10k)
Tempe Kemul (1k/biji)
Lontong Sayur (5k)
Nasi Putih (3k)
Lontong (3k)
Es Jeruk Nipis (4k)
Jeruk Manis Panas (5k)

MAP